REVIEW: Suzuki GSX-R150 ABS, Lengkap Speknya Murah Harganya

JAKARTA, Motovaganza.com -- Suzuki GSX-R150 ABS menjadi varian tertinggi dari keluar GSX-R. Entah kenapa ia seolah kalah pamordibandingkan opsi standar ataupun tipe keyless. Salah satu penyebabnya, tentu saja lantaran harga jualnya yang paling mahal. Padahal jika dilihat, banderol tersebut berselisih jauh dibanding kompetitor. Coba kita bandingkan dengan harga jual Honda CBR150R ABS. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menjualnya mulai dari Rp 39,3 juta. Belum lagi jika Anda dihadapkan dengan pilihan lain macam Racing Red atau edisi MotoGP, sudah tembus Rp 40 juta. Sementara GSX-R150 ABS hanya dipatok Rp 34,6 juta. Mengenai kelengkapan, kedua brand sudah mengaplikasi pengereman Antilock Braking System itu di kedua roda. Namun, pembeli CBR150 harus merogoh kantong lebih dalam jika ingin mendapatkan varian tertinggi seperti edisi MotoGP. Sementara pada GSX-R150 ABS, versi itu (livery MotoGP Suzuki Ecstar) hadir tanpa selisih harga. Sedikit kelebihan CBR150R, hanya ketambahan fitur ESS (emergency stop signal) saja. Pun bila menyandingkannya dengan Yamaha R15. Dari segi harga, kuda besi garpu tala dibanderol lebih mahal, Rp 36,080 juta. Itupun tanpa keberadaan ABS seperti motor buatan Suzuki Indonesia. Meski begitu, nominalnya masih terbilang wajar lantaran R15 punya fitur Assist & Slipper Clutch (ASC). Dan jangan lupa, kubikasi mesinnya paling besar dari GSX-R150. Baca juga: Menghitung Peluang Suzuki Saluto Diproduksi di Indonesia

Sistem Pengaman

Satu yang perlu diingat, baik R15 maupun CBR150R masih memakai sistem kunci berpengaman magnet. Berbeda dengan GSX-R150 tipe termahal, pengoperasian kontaknya justru sudah keyless. Dan dengan banderol yang lebih bersahabat tadi, pembelinya sudah mendapati tampilan panel meter full digital. Cukup atraktif lewat dominasi penyajian informasi kecepatan, transmisi dan putaran mesin. Ya, penawaran mirip-mirip yang juga diberikan oleh kedua rival. Nilai tambah dari GSX-R150 pun tak lepas dari sektor handling. Dimensi 2.020 x 700 x 1.075 mm (PxLxT), kompak untuk ukuran motor sport. Kelebihan lain dari motor ini adalah jok paling rendah, yaitu 785 mm. Aura racingnya pun tertuang dari posisi setang yang lebih pendek. Buat beberapa orang, mungkin agak mengganggu karena riding position-nya kepalang nungging. Tapi, dengan bobot 131 kg, mestinya menjadi toleransi karena ia tak seberat CBR150R (135 kg) maupun R15 (137 kg). Baca juga: Terinspirasi Kilat, Ini Pemenang Suzuki GSX Series Digital Modifikasi

Spesifikasi Mekanik

Apalagi dengan spesifikasi jantung mekanik. Suzuki GSX-R150 berbekal mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Performa yang dikeluarkan meliputi daya sebesar 18,9 Hp/10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm/9.000 rpm. Dia pula satu-satunya motor yang punya karakter sport tulen. Terlihat dari racikan mesin overbore (bore stroke: 62 x 48,8 mm). Dengan begitu, GSX-R150 dapat mengail daya di putaran mesin lebih tinggi. Berkat ramuan itu pula catatan tenaganya terpaut sedikit saja dari Yamaha R15 (19 Hp/10.000 rpm), yang notabene punya mesin lebih besar. Kemampuannya juga lebih besar dari CBR150R (16,8 Hp di 9.000 rpm). Namun kelemahan mesin overbore milik GSX-R150, juga mesti mendapat torsi maksimal di rpm tinggi. Berbeda dengan dua pesaing yang sengaja diracik overstroke. torehan momen puntir CBR150R dan R15 dicapai pada putaran mesin lebih rendah dari GSX-R150. Pilihan tentu kembali kepada Anda. Plus-minus GSX-R150 bisa dilihat dari rancang bangun yang dibawa. Mulai dari desain hingga fitur. Tapi lewat perangkat ABS yang ditawarkan dengan harga tak lebih dari Rp 35 juta, jelas menarik bukan? Baca Juga: Mengenal Suzuki GSX-R150 ABS, Varian Tertinggi juga Termurah di Kelasnya ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Kawasaki W175 ABS dan W175 Street Model Year 2026 Resmi Mengaspal di Indonesia
    Kawasaki W175 ABS dan W175 Street Model Year 2026 Resmi Mengaspal di Indonesia
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Omoway Resmikan Kantor 10 Lantai di Jakarta
    Omoway Resmikan Kantor 10 Lantai di Jakarta
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Intip Detail Yamaha Xmax Jawara CustoMaxi 2025, Biaya Modif Ditaksir Rp1 milliar
    Intip Detail Yamaha Xmax Jawara CustoMaxi 2025, Biaya Modif Ditaksir Rp1 milliar
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025