REVIEW: Yamaha YZF-R15, Ini Bedanya dengan Rival

Yamaha R15
JAKARTA, Motovaganza.com – Bicara segmen sport, Yamaha oleh berbangga. Model-model mereka menjadi incaran para peggemar kecepatan. Salah satunya adalah Yamaha R15. Konsep motor sport yang ringkas disajikan dalam paket desain ala supersport dengan beragam fiturnya. Nah, kalau Anda termasuk dalam golongan mereka yang ingin menebusnya, ada baiknya membaca beberapa temuan kami sebelum memutuskan. Yamaha YZF-R15 punya tubuh paling besar di antara pemain di kelas motor sport fairing bermesin ringkas. Dari sisi Panjang, Yamaha memang lebih pendek dari Suzuki GSX-R150. Namun lebar dan tingginya, R15 lebih dari baik dari Suzuki maupun Honda CBR150R. Tak cuma itu, jarak sumbu rodanya pun terpanjang, mencapai 1.325 mm. Konsep DNA R-Series yang kekar dan khas karakter supersport membungkus tubuh R15. Desain itu sedikit banyak berpengaruh pada gaya berkendara (riding position). Ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu menduduki, hingga menjajalnya ke jalanan, agar mafhum posisi tubuh saat menunggangi. Pasalnya, desain tadi menuntut rider untuk berada dalam posisi yang lebih menunduk dibanding dua model merek lain. Kalau Anda sudah merasa nyaman, maka nikmatilah sensasi berkendara bak pembalap. Yamaha R15 menggunakan mesin SOHC (single overhead camshaft). Berbeda dengan rival-rivalnya yang mengadopsi skema DOHC (dual overhead camshaft). Tentu ada pengaruhnya jika tidak diimbuhi oleh teknologi lain. Grafik tenaga bisa berbeda dengan DOHC. Karenanya Yamaha memasangkan katup variabel (VVA) agar R15 bisa punya grafik lebih merata di berbagai rentang putaran mesin. Dipadu kubikasi terbesar (155,1 cc), tenaga dan torsi R15 jadi yang tertinggi di kelasnya. Baca juga: REVIEW: All New Yamaha R15, Ini Keunggulannya

Suspensi

Bicara sektor sasis dan suspensi juga boleh dibilang paling unggul. R15 satu-satunya yang menggunakan skema deltabox pada rangka utama. Model frame berbentuk pipih dan kekar ini kerap menyajikan stabilitas lebih saat motor diajak melaju. Berikutnya sektor suspensi. Fork depan sudah model upside down. Ini membuatnya lebih unggul secara performa. Model shock seperti ini juga meningkatkan estetika tunggangan. Suspensi belakang tak kalah unggul. Monoshock tak langsung duduk pada swing arm, namun punya link penghubung. Fungsinya selaras, demi menjaga kestabilan. Oke, boleh jadi secara teknis R15 terlihat jumawa, nyatanya sektor fitur bukanlah paling sempurna. Ia belum punya sistem kunci berbasis remote seperti smart key. Model kunci ini selain lebih aman dari tindak pencurian, juga membuat proses akses lebih praktis dan keren. Sayang, soalnya rival dengan harga lebih murah saja, royal memberi fitur ini. Baca juga: Menyingkap Keunggulan Mesin Yamaha YZF R15 Dibanding Lawannya

Sistem Pengereman

Fitur kedua yang juga perlu Anda tahu belum ada di R15 adalah rem antimengunci (antilock braking system - ABS). Pemandu rem agar tidak terkunci saat pengereman ekstrem ini awalnya juga tidak ada pada motor-motor sekelas. Namun seiring respons konsumen, baik Suzuki maupun Honda menambahkan peranti ini pada motornya. Terakhir, kalau Anda ingin membeli R15, kenali juga varian-varian, program promo maupun cicilan yang ditawarkan diler. Saat ini umur R15 generasi terakhir sudah masuk tahun ketiga. Harusnya kalau cermat dan pandai menilik, Anda bisa menemukan diler yang menawarkan diskon pada R15. Konsekuensinya, bisa saja Anda dapat skema warna untuk tahun edar 2019. Namun tenang saja, faktor teknisnya belum ada ubahan sejak 2017. Untuk diketahui, dalam kondisi normal, R15 dijual dengan harga Rp 36,08 juta (OTR Jakarta). Baca juga: Teliti Ini Sebelum Beli Yamaha R15! IVAN HERMAWAN | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Zenuar Yoga . 07 Nov, 2025
  • GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025