REVIEW: Yuk Kenali Fitur Unggulan Honda Genio

honda genio
JAKARTA, Motovaganza.com – Kehadiran Honda Genio membuat PT Astra Honda Motor (AHM) kini punya model lengkap di segmen skutik 110 cc. Meski datang belakangan, model siap mengkuti langkah Honda BeAT atau Scoopy. Genio punya modal yang cukup menjanjikan. Sebagai contoh desain yang lain dari skutik Honda kebanyakan. Bentukan tubuh melengkungnya tentu tak bisa disamakan dengan Scoopy, karena desain Genio dipercaya merujuk kepada konsep Project G yang dipamerkan pada IMOS 2018. Pendaran lampu utama LED hadir dengan desain modern. Namun fitur tersebut tidak diikuti dengan lampu rem dan sein yang masih berupa bohlam. Suguhan paling menarik justru merujuk pada tampilan panel meter. Bagian ini berbentuk bulat dengan sajian informasi full digital. Ragam data dasar ditampilkan, mulai dari spidometer, odometer, hingga fuel meter. Satu lagi, ada Eco Indicator sebagai pemandu berkendara irit. Dari layar bulat tadi pula Anda dapat melihat kinerja perangkat Idling Stop System (ISS). Memang untuk menggunakannya, Anda mesti membeli unit tertinggi (Genio CBS-ISS). Jika tombol ISS di setang sebelah kanan aktif (On), maka mesin bakal mati otomatis saat idle 3-5 detik. Fitur ini pula yang diklaim menyokong efisiensi Genio. Seperti dituliskan, konsumsi BBM Honda Genio mencapai 59,1 km/liter. Berdasarkan pengujian ECE R40, skutik ini dapat berjalan sejauh 248 km dengan kondisi tangki full tank (4,2 liter). Untuk Genio CBS memang tak punya itu. Namun versi ini juga sudah mengaplikasi sistem pengereman CBS alias Combi Brake System. Cukup membantu, pasalnya pengendara dapat mengoperasikan kedua rem secara simultan hanya dengan satu tuas rem saja. Saat menekan tuas rem kiri, rem belakang akan bekerja dan diikuti kemudian oleh rem depan. Sebagai perangkat tambahan, disematkan pula brake lock berukuran lumayan besar. Dengan begitu, mudah dijangkau oleh jari. Untk penyimpanan, ada bagasi bermuatan total 14 liter. Untuk mengakses, Genio menyediakan tombol pembuka jok yang berdampingan dengan sistem kunci berpengaman magnet. Di situ juga tersedia power outlet untuk mengisi daya gawai. Jangan lupa sediakan konektor tambahan. Baca juga: Test Ride Honda Genio, Motor Harian yang Gesit

Sasis Baru

Itulah fitur yang Anda dapatkan dengan membeli skutik Rp 17,86 juta (CBS) dan Rp 18,15 juta (CBS-ISS). Menilik banderolnya, Genio sengaja menempati ruang antara Honda Beat dan Scoopy. Genio justru merupakan pionir dari skutik terkini Honda. Dialah skutik pertama sayap kepak yang mengaplikasi sasis berbahan baja. Pembentukannya dilakukan oleh alat tempa, lantas menyatukan antar bagian dengan sistem laser welding. Alhasil lahirlah rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Keunggulannya, sasis Genio punya bobot yang ringan (11 kg). Sekaligus berdampak positif terhadap kemudahan pengendalian. Namun tetap stabil dan kuat. Kebaruan juga menyasar pada sektor jantung mekanik, Honda Genio lebih kompak. AHM meyakini dengan bentuk demikian (lebih kecil), kinerja mesin semakin optimal. Bila dibandingkan Honda Beat lama, berat blok mesin Genio lebih enteng 10 persen. Lalu langkah piston lebih panjang dan kompresi tinggi hingga penggunaan belt jenis W-Cog. Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT CBS ISS Deluxe Vs Genio CBS, Pilih Mana?

Tenaga

Berkat kombinasi dua modal utama tersebut, Honda Genio mampu menorehkan daya 8,8 Hp/7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Akselerasinya dari 0-200 meter, dicapai dalam waktu 12,4 detik dan kecepatan maksimal tercatat yaitu 94 km/jam. Catatan ini dalam dibuat berkat bobot tubuh keseluruhan Genio yang terbilang ringan, 89 kg (tipe CBS) dan 90 kg untuk Genio CBS-ISS. Wajar bila dampak positif itu (penggunaan rangka eSAF dan mesin kompak) ingin ditularkan AHM terhadap skutik Honda lainnya. Hal sudah diperlihatkan melalui transformasi All New Honda Beat yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Bukan tidak mungkin juga dilakukan terhadap Honda Scoopy. Kita tunggu saja. Baca juga: Kenali Fitur Honda Genio Beserta Perannya bagi Kelangsungan Beat dan Scoopy ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • PEVS 2024: Mudahkan Konsumen, Gesits Tawarkan Dua Skema Pembiayaan
    PEVS 2024: Mudahkan Konsumen, Gesits Tawarkan Dua Skema Pembiayaan
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • MotoGP Spanyol 2024: Pecco Juara, Pepet Martin di Klasemen
    MotoGP Spanyol 2024: Pecco Juara, Pepet Martin di Klasemen
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2024
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023