Suzuki Fronx Pilih Transmisi AT Konvensional, Lebih Awet dan Sesuai Keinginan Pasar

Review Suzuki Fronx

Suzuki Fronx hadir sebagai SUV compact yang tidak sekadar mengandalkan desain atau fitur, tetapi juga menyimpan pendekatan teknis berbeda dalam hal transmisi. Di saat para rival seperti Honda WR-V, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, atau Chery Tiggo Cross mengandalkan transmisi CVT, Suzuki memilih tetap memakai transmisi otomatis konvensional (AT).

Pilihan ini bukan tanpa alasan. Menurut Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), transmisi AT 6-percepatan yang digunakan pada Fronx GX dan SGX lebih ramah kantong dalam hal perawatan, serta punya daya tahan lebih baik dalam jangka panjang.

Lebih Ekonomis saat Perbaikan

Harold menyebutkan, AT punya keunggulan struktur yang lebih sederhana dibanding CVT, sehingga lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan.

“Untuk konsumen juga lebih tenang. Jika nanti ada kerusakan atau memerlukan perbaikan, biayanya lebih murah dibandingkan CVT,” ujarnya saat media test drive di Bandung (25/6).

Pernyataan ini didukung oleh kenyataan bahwa CVT membutuhkan sistem belt, pulley, dan kontrol elektronik yang lebih kompleks. Ketika rusak, biaya penggantiannya bisa cukup tinggi.

Suzuki Fronx SGX

Sesuai Karakter Fronx di Indonesia

Dari sisi performa, Suzuki mengklaim bahwa transmisi AT lebih cocok dengan karakter Fronx dan kondisi jalan di Indonesia. Kombinasi mesin K15C Smart Hybrid dan AT 6-percepatan disebut menghadirkan pengendaraan yang halus dan efisien, khususnya di area urban.

Durabilitas juga jadi alasan utama. Transmisi AT dinilai lebih tangguh saat dipakai di jalan tanjakan, jalan berliku, hingga kondisi medan berat. Dalam uji coba media test drive di kawasan Punclut dan Ciwidey, Bandung—yang dikenal dengan jalur menanjaknya—Fronx terbukti tetap bertenaga tanpa gejala ‘ngos-ngosan’.

Kombinasi Teruji di Grand Vitara

Pilihan transmisi AT 6-speed pada Fronx bukan eksperimen. Kombinasi serupa sudah lebih dulu digunakan pada Grand Vitara yang notabene berada satu level di atas Fronx. Pengalaman positif dari pengguna Grand Vitara memberikan landasan kuat bahwa perpaduan ini cocok diterapkan pada SUV compact seperti Fronx.

Tak kalah menarik, Fronx GX dan SGX juga dibekali paddle shift di balik kemudi—fitur yang biasanya ditemukan di mobil-mobil sport atau kelas atas. Fungsi ini memungkinkan perpindahan gigi secara manual tanpa perlu melepas tangan dari setir, bermanfaat saat ingin menjaga putaran mesin saat menyalip atau melibas tanjakan berkelok. (Tom)

Baca Juga: Suzuki Fronx SGX Paling Laku karena Fitur Keselamatan Pintarnya

Jelajahi Suzuki Fronx

  • Tampak Depan Bawah Suzuki Fronx
  • Tampak atas Fronx
  • Tampak Grille Fronx
  • Fog lamp depan Fronx
  • Lampu depan Fronx
  • lampu belakang Fronx
  • handle pintu Fronx
  • Roof rail Fronx
  • Suzuki Fronx Front Side View
  • Suzuki
  • Spoiler Fronx
Suzuki Fronx
Rp 259 - 321,9 Juta Cicilan : Rp 5,91 Juta

Model Mobil Suzuki

Mobil Suzuki
  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Suzuki Fronx dari Carvaganza

  • Suzuki Fronx Pakai Transmisi AT Biasa Bukannya CVT, Ini Alasannya
    Suzuki Fronx Pakai Transmisi AT Biasa Bukannya CVT, Ini Alasannya
    Tomi Tomi . 02 Jul, 2025
  • Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
    Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
    Tomi Tomi . 01 Jul, 2025
  • Suzuki: Varian Fronx Termahal Sumbang 66 Persen Pemesanan
    Suzuki: Varian Fronx Termahal Sumbang 66 Persen Pemesanan
    Tomi Tomi . 30 Jun, 2025
  • Cek Kelengkapan Fitur Suzuki Fronx, Dari Sistem Infotainment Sampai Teknologi NVH
    Cek Kelengkapan Fitur Suzuki Fronx, Dari Sistem Infotainment Sampai Teknologi NVH
    Alvando Noya . 10 Jun, 2025
  • Minat Suzuki Fronx? Baca Dulu Detail Beda Setiap Variannya
    Minat Suzuki Fronx? Baca Dulu Detail Beda Setiap Variannya
    Muhammad Hafid . 05 Jun, 2025

Artikel Mobil Suzuki Fronx dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Peduli dengan Konsumen, Suzuki Fronx Pilih Transmisi AT Ketimbang CVT
    Peduli dengan Konsumen, Suzuki Fronx Pilih Transmisi AT Ketimbang CVT
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Suzuki Fronx Tangguh di Tanjakan, Ini Resep di Baliknya
    Suzuki Fronx Tangguh di Tanjakan, Ini Resep di Baliknya
    Ardiantomi . 29 Jun, 2025
  • Suzuki Fronx SGX Paling Laku, Karena Alasan Ini
    Suzuki Fronx SGX Paling Laku, Karena Alasan Ini
    Ardiantomi . 25 Jun, 2025
  • Suzuki Tampilkan Fronx dan XL7 Hybrid di OTO Mall Exhibition Lippo Mall Puri
    Suzuki Tampilkan Fronx dan XL7 Hybrid di OTO Mall Exhibition Lippo Mall Puri
    OTO . 19 Jun, 2025
  • Suzuki Fronx dan XL7 Hybrid Goda Pengunjung Tangerang City Mall
    Suzuki Fronx dan XL7 Hybrid Goda Pengunjung Tangerang City Mall
    OTO . 19 Jun, 2025
  • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Simak Detail dan Perbedaan Suzuki Fronx GL, GX, dan SGX
    Simak Detail dan Perbedaan Suzuki Fronx GL, GX, dan SGX
    Muhammad Hafid . 05 Jun, 2025
  • 5 Fitur Kabin Suzuki Fronx yang Buat Perjalanan Makin Nyaman
    5 Fitur Kabin Suzuki Fronx yang Buat Perjalanan Makin Nyaman
    Alvando Noya . 05 Jun, 2025
  • Tengok Kelengkapan Suzuki Fronx Varian GL Termurah, Mesin dan Transmisi Beda
    Tengok Kelengkapan Suzuki Fronx Varian GL Termurah, Mesin dan Transmisi Beda
    Anjar Leksana . 04 Jun, 2025
  • Membandingkan Harga dan Fitur Suzuki Fronx vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky
    Membandingkan Harga dan Fitur Suzuki Fronx vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky
    Alvando Noya . 02 Jun, 2025