Suzuki Nex Gen II Skutik Kecil yang Lincah

Suzuki Nex Gen II Skutik Kecil yang Lincah
JAKARTA, 13 Juli 2018- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memperkenalkan Suzuki Nex Gen II skutik murah namun trendi. Motor yang cukup fungsional dalam menunjang mobilitas sehari-hari para pengguna di dalam kota. Motor ini diperkenalkan sejak IIMS 2018 pada bulan April lalu. Kini para awak media termasuk Motovaganza diajak untuk mencicipinya dengan rute Jakarta-Tangerang. Perjalanan dimulai dari Kemang, Jakarta Selatan. Saat pertama kali dihadapkan dengan Suzuki Nex Gen II ini, saya melihat sosoknya yang keren terutama pada warna biru doff miliknya. Namun, yang saya gunakan adalah tipe Premium dengan kelir hitam dan aksen LED pada bodi. Impresi pertama saat menduduki motor tersebut dengan tinggi saya 176cm, saya rasa posisi duduk masih cukup ideal hanya dibagian pantat saja saya merasa lebih kecil. Kemudian untuk ruang kaki masih terasa leluasa bagi saya untuk bergerak dan menaruh barang ditengahnya. Instrument cluster dibuat sederhana dengan jarum penunjuk. Meski desainnya tak mewah, namun memberi informasi akurat terkait kecepatan laju kendaraan dan isi bahan bakar yang tersisa di tangki. Motor tidak terlihat seperti motor murahan, tapi cukup berkelas jika diajak berjalan di tengah kota. Tepat pukul 10.00 WIB, kami memulai perjalanan untuk menuju titik point pertama di Tangerang. Rute yang dilewati adalah Antasari kemudian Simatupang dan berjanjut melalui area pondok cabe serta pamulang. Daerah yang sangat padat ini membuat saya bisa lebih merasakan kemudahan motor untuk diajak meliuk-liuk atau bermanuver di tengah padatnya jalur pondok cabe. Bagian paling menarik adalah setang yang didesain pas untuk pengendara orang Asia. Berkendara pun sangat santai dan menjaga posisi badan agar tetap rileks saat membelah jalan Ibukota. Suspensi Suzuki Nex II sanggup menopang bobot pengendara sampai 90 Kilogram dan bodi tidak amblas. Peredam yang didesain agak kaku tersebut terbukti lebih stabil ketika motor diajak bermanuver ke kiri atau kanan dengan kecepatan sedang 40-50 km per jam. Kekurangannya pada saat melibas jalan rusak dan bergelomang yang menimbulkan efek mentul-mentul. Nex II masih menggunakan mesin 115cc berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Tapi produsen mengklaim mesin kali ini sudah mengalami penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Untuk membukti performa mesinnya saat diajak berakselerasi, bersama rombongan saya menjajal motor tersebut menyusuri jalan sepi sehingga tak sungkan untuk memutar selongsong gas sampai mentok. Agak sedikit kecewa karena mesin tidak bisa meladeni keinginan. Terdengar suara raungan mesin, namun motor tidak melesat cepat. Ini saya bandingkan dengan produk sekelas buatan kompetitor. Bisa dibilang kemampuan mesin Nex II lebih lemah dari pesaingnya. Sedangkan untuk efisiensi BBM, PT SIS motor cuma membutuhkan satu liter bahan bakar untuk menempuh jarak 49 km dari Kemang menuju Serpong. Hasil tersebut perjalanan dalam kota, bagaimana dengan perjalanan ke luar kota? Harusnya lebih efisien.  Oleh karena itu menurut Motovaganza mesin miliknya sudah cukup memuaskan konsumen yang ingin mengendarai motor skutik santai berkeliling kota. VALDO PRAHARA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023