Tampilan Longjia V-Twins 650 cc, Cikal Bakal Keeway V650 Fi

Ningbo Longjia Motorcycle Co., Ltd. diketahui mendaftarkan motor baru. Kabarnya berjenis cruiser dengan mesin konfigurasi V-twin 650 cc. Model ini disinyalir menjadi Keeway V650 Fi. Motor Cina makin ramai dan jenis tambah beragam.


Produk Longjia terkenal dengan mesin V-twin 250 cc, termasuk Nevada 250i, V-Bob 250i, dan Buccaneer 250i. Di pasar Eropa, unit mereka lebih dikenal dengan Italjet dan Hanway 250i. Sementara di Inggris disebut sebagai Bullit V-Bob 250 dan Bullit BluRoc 250 V2.


Ya, pengendara Eropa sekarang makin menunjukkan minat kepada motor buatan Cina. Selain produk dari Brixton yang menjamur di sana, beberapa skuter hingga motor listrik juga ikut digandrungi. Nyatanya mereka menyukai karena harga relatif murah. Dan peraturan emisi sudah selaras, di Cina maupun di Inggris sudah menetapkan standar Euro 5. Tentu homologasi itu tidak menjadi penghalang bagi produsen.


Longjia 650 V


Sama seperti Inggris, masyarakat di Indonesia juga banyak disuguhi produk dari negeri Tirai Bambu. Untuk V-Bob 250i yang dimiliki Longjia punya kemiripan dengan produk yang sudah dijual di sini. Dikenal sebagai Keeway V250 Fi, yang menjadi motor 250 pertama menggunakan penggerak belt. Dari kedekatan antara kedua produk, ada kemungkinan desain yang patennya didaftarkan bisa menjadi calon Keeway V650 FI. Itupun bila pihak Keeway berkenan.


Dari desain paten terungkap, struktur mesin V-Twin 650 cc yang digunakan serupa dipakai Hyosung GT650 dan GV650. Tata letaknya pun punya kemiripan juga dengan Suzuki SV650. Posisi dudukan mesin tampak identik. Tetapi bila diamati lebih detail, casting logam bagian atas memiliki perbedaaan. Dan ini dipercaya bukan hasil pengembangan dari menjiplak. Menurut prediksi, tenaga yang mampu dihasilkan sekitaran 70 Hp.


Terlepas punya kemiripan dengan mesin lain, dari gambar tersebut juga terungkap kalau ia menggunakan final drive belt. Sekali lagi, ini sama seperti model 250 yang di Indonesia dikenal sebagai Keeway V250 Fi. Bila direalisasikan dan masuk ke sini, boleh jadi menjadi pesaing Honda CMX500 Rebel dan Kawasaki Vulcan S. Tentu saja, harga yang ditawarkan ‘lebih menggoda’ ketimbang pabrikan Jepang.


Longjia 650 V


Menilik desain patennya, unit anyar ini mencerminkan motor gaya cruiser yang kental. Struktur rangka yang dipakai sepertinya masih sama dengan model 250. Tangki bahan bakarnya dibuat besar, lengkap dengan shroud di tiap sisinya. Setang menjorok ke arah pengemudi, namun masih terlihat normal, tidak seperti V250 yang memiliki raiser tinggi.


Sejauh ini belum ada informasi mengenai speedometer. Tapi dari gambar tersiar, tampak klo peranti petunjuk kecepatan itu menempel di atas tangki. Sama seperti versi 250 cc dan seperti terinspirasi dari produk Harley Davidson. Itu berarti tampilannya mengkombinasikan antara teknologi analog dan digital.


Lampu utama, sepatbor depan, pelindung mesin bagian depan punya bentuk yang mirip dengan V-Bob 250i. Namun dirinya punya visor di atas headlamp. Kontruksi joknya juga identik dengan saudaranya yang sudah lebih dulu dijual. Namun diujung kursi belakang diberikan penyangga punggung untuk pembonceng. Tak ada sepatbor belakang, digantinya dengan mudguard, lengkap dengan dudukan pelat nomor dan lampu sein.


Suspensi depan pakai model upside down, dan shock ganda di belakang. Untuk memberikan kesan cruiser, ban pakai model gambot, depan maupun belakang. Untuk melengkapi tampilan motor penjelajah, knalpot pakai model ganda mengisi di sisi kanan. (Bgx/Odi)


Sumber: Ride Apart, Bennetts

Artikel yang direkomendasikan untuk anda