TEST DRIVE: Suzuki XL7 Alpha AT, Formulasi Bergaya SUV (Part 1)

Suzuki XL7

JAKARTA -- Suzuki tak lagi absen di segmen Low SUV 7-seater. Mereka punya jagoan baru Suzuki XL7 guna menghadapi penghuni kelas ini seperti Rush, Terios, BR-V dan Xpander Cross. Formulasinya sebenarnya sama seperti Low MPV yang berubah jadi SUV. Semua jadi berwujud gagah, hasil merombak Avanza-Xenia, Mobilio, Xpander dan Ertiga. Berarti, XL7 membawa segala kelebihan yang ada di Ertiga. Itu sudah sebuah nilai plus.

Meski Suzuki mengklaim, XL7 adalah mobil yang berbeda dari Ertiga. Secara keseluruhan, ada 211 komponen baru yang sengaja dibedakan. Dari luar mudah saja terlihat diferensiasinya. Namun bagian lainnya, mungkin saja tidak akan terasa signifikan. Semua itu tentu untuk menemukan tuning terbaik sebagai peralihan dari MPV ke SUV.

Unit yang kami tes ini varian tertinggi, XL7 Alpha matik, yang dibanderol Rp 267 juta. Penilaian awal, valuenya sudah bagus. Dibanding lawan sesama tipe teratas, dia termurah kedua. Di bawahnya ada Daihatsu Terios Custom matik seharga Rp 266,5 juta. Selain itu, lebih mahal semua. Misalnya Toyota Rush TRD matik dibanderol Rp 276,6 juta, Honda BRV Prestige Rp 291,3 juta dan paling mahal adalah Mitsubishi Xpander Cross Premium Package matik sebesar Rp 292,7 juta. Bagaimana, layak dibeli bukan?

Suzuki XL7

Desain Eksterior

Membahas desain, sifatnya subjektif. Menurut saya bukanlah paling ganteng. Tidak sekeren Xpander Cross atau Rush sekalipun. Basis desain jelas diambil dari Ertiga. Lalu mengubah fascia keseluruhan, dengan mengganti bentuk lampu, grille hingga bemper. Gubahannya lebih niat ketimbang Xpander Cross. Nah, desain Ertiga generasi sekarang memang kurang bisa diterima semua orang. Terlalu banyak kemiripan juga dengan ciri mobil lain.

Transformasi Ertiga menjadi XL7, memang menambah derajat kemachoannya. Tinggal menempel ciri khas SUV ke bodi, jadilah sebuah crossover. Tapi elemen clading hitam dan roof rail juga dilakoni LSUV lain. Jadilah tidak ada ciri yang teramat istimewa. Malah bila dilihat sepintas, gampang tertukar antara XL7 atau Xpander Cross. Beberapa bagian ada persamaan. Paling kentara dari belakang. Bentuk lampu sama-sama model L. Lalu panel di antaranya dicat hitam. Paling jelas mirip, pilar D yang memberi efek atap melayang.

Suzuki XL7

Tapi menarik bila mencari perubahan dari Ertiga. Desain jelas dapat penambahan aksesori SUV, berdampak dimensi lebih besar dari Ertiga. Ukurannya melar sedikit jadi 4.445 x 1.775 x 1.710 (PxLxT), berbanding Ertiga sebesar 4.395 x 1.735 x 1.690 mm. Karena tanpa menyentuh sasis, wheelbase tetap 2.740 mm.

Suzuki mengklaim ada penyesuaian pada suspensi XL7. Ground clearance naik jadi 200 mm agar kesan SUV lebih terasa. Meninggi 2 cm dibanding Ertiga. Meski diklaim ada rombakan suspensi, penambahan postur itu paling mungkin disebabkan ukuran roda yang membesar. Kalau Ertiga pakai pelek 15 inci dengan ban profil 185/65, XL7 dimodali pelek 16 inci dan ban 195/60. Tapak ban lebar dan menebal, lumayan bikin postur menjulang. Urusan titik gravitasi meninggi biasanya menambah gejala limbung. Tapi adanya setelan baru, seharusnya dapat diminimalisir.

Suzuki XL7

Tipe Alpha ini sangat mudah dikenali sebagai tipe teratas, hanya dari tampilannya. Ada dua warna baru mencolok khusus untuk Alpha: Rising Orange dan Brave Khaki. Perpaduannya dibuat kontras lewat permainan warna two-tone. Area pilar sampai atap dan spion, diwarnai hitam agar kesan gagah muncul. Ragam aksesori pun ditempel sebagai standar. Mulai dari door visor, rear upper spoiler Suzuki Sport, garnish chrome di plat nomor dan emblem Alpha.

Selebihnya sesuai tampilan basic XL7 yang seragam. Wajah tidak dibedakan dari tipe Zeta paling bawah. Lampu sudah LED lengkap dengan fog lamp. Cladding plastik hitam berpadu skid plate silver sudah jamak terlihat di mobil bergaya SUV. Lampu belakang LED ditambah light guides mengikuti gaya Ertiga tipe GX dan Ertiga Sport. Masih gress, tidak membosankan, sama seperti Xpander Cross. Tidak seperti Rush-Terios, apalagi BR-V yang semakin uzur.

Suzuki XL7

Interior Ertiga

Begitu masuk kabin, nuansa serbahitam menyambut. Diambil dari kabin Ertiga Suzuki Sport sebelum diaplikasi juga oleh Ertiga GX. Bedanya, aksen kayu diganti pola serat karbon agar mengeluarkan kesan sporty. Hampir terlalu monoton kalau tidak ada hiasan aksen perak dan panel serat karbon itu. Kualitas material 11-12 dengan LSUV lain. Ada sentuhan kemewahan di beberapa bagian, seperti balutan kulit di setir. Banyak juga pemakaian plastik tipis yang terkesan murah. Tak masalah. Toh tak berharap lebih. Sayang sebagai trim teratas, semua kursi belum terbungkus penuh kulit. Modelnya mengombinasikan dengan kain fabric di bagian tengah.

Pelukan kursi pengemudi terasa nyaman. Untuk postur saya setinggi 183 cm, punggung dapat disangga seluruhnya. Begitu pula bagian bawah paha. Berefek tidak terlalu melelahkan saat perjalanan jauh. Pengaturan lengkap, sampai bisa mengatur ketinggian. Buat saya, duduk di jok Ertiga paling enak dibanding Xpander Cross, BR-V dan Rush-Terios.

Suzuki XL7

Namun ada kekurangan pada bagian setir. Bentuknya sama seperti Jimny, hanya bagian bawah dibuat gaya flat bottom. Genggamannya mantap berbalut kulit dan sebagian plastik ala serat karbon, tapi tanpa pengaturan telescopic. Jangkauan akan terlalu jauh bila ingin memanjangkan posisi kaki. Jadi serbasalah. Belum lagi kurang tegak dengan bagian atas condong ke depan. Beruntung disediakan arm rest dengan ruang penyimpanan kecil di baliknya. Bisa menyandarkan lengan agar tidak melelahkan.

Kontrol AC sudah modern, menggunakan model tombol agar tidak ketinggalan zaman. Punya fitur auto climate dan heater juga, sangat cukup untuk iklim tropis. Di atasnya terpasang monitor layar sentuh 8-inci yang sudah standar dari tipe Zeta. Khusus Alpha, ditambah 2 tweeter depan agar suara dihasilkan lebih manjakan telinga.

Suzuki XL7

Suzuki menggunakan platform baru Heartect, yang membawa dampak positif pada lapangnya kabin. Kursi baris kedua menyisakan banyak ruang kaki dan kepala lega untuk penumpang setinggi di atas 180 cm. Sandaran bisa direbahkan, dapat juga digeser maju-mundur. Tersedia pula arm rest di bagian tengah yang menambah kenyamanan.

Tapi kursi ketiga, bukanlah tempat yang nyaman diduduki. Ruang kepala sudah habis, begitu pula kaki. Itupun kursi baris kedua sudah dimajukan secukupnya. Area ini lebih cocok menampung anak-anak saja.

Penggunaan platform baru ini juga memberikan ruang kargo ekstra dibanding Ertiga generasi pertama. Dalam keadaan semua kursi terbuka, masih ada spasi untuk membawa sepeda lipat 20 inci. Ertiga lama tidak bisa. Jika butuh area makin luas lagi, mudah saja melipat sandaran kursi baris ketiga yang terpisah 50:50 hingga rata lantai. Dalam mode ini, mudah menampung lebih banyak lagi sepeda lipat hingga koper besar. Empat sepeda lipat sekaligus bisa saja diangkut semua. Kursi baris kedua juga dapat dilipat rata agar bagasi makin mekar. Bisa dimanfaatkan menaruh kasur dan beristirahat saat touring jarak jauh. Semua serbapraktis. Masih ada ruang penyimpanan tersembunyi yang areanya cukup luas. (Odi/Raju)

Jelajahi Suzuki XL7

  • Tampak Depan Bawah Suzuki XL7
  • Tampak samping XL7
  • Tampak Grille XL7
  • Fog lamp depan XL7
  • Lampu depan XL7
  • Suzuki XL7 Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu XL7
  • Pelek XL7
  • Antena atap XL7
  • Roof rail XL7
  • Suzuki XL7 Front Side View
  • Tampak depan medium Suzuki XL7
Suzuki XL7
Rp 260,2 - 309 Juta Cicilan : Rp 5,94 Juta

Model Mobil Suzuki

Mobil Suzuki
  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Vitara Brezza
    Suzuki Vitara Brezza
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Suzuki XL7 dari Carvaganza

  • Beli Mobil Jelang Lebaran, Cek Beragam Promo Menarik Dari Suzuki
    Beli Mobil Jelang Lebaran, Cek Beragam Promo Menarik Dari Suzuki
    Anjar Leksana . 20 Mar, 2024
  • Best Functionality Award untuk Suzuki XL7 Hybrid oleh Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Best Functionality Award untuk Suzuki XL7 Hybrid oleh Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Setyo Adi . 14 Okt, 2023
  • Suzuki Sediakan Hadiah Jimny Untuk Pengunjung GIIAS 2023
    Suzuki Sediakan Hadiah Jimny Untuk Pengunjung GIIAS 2023
    Eka Zulkarnain H . 09 Agu, 2023
  • Suzuki XL7 Hybrid Dites Adu Irit, Segini Hasilnya
    Suzuki XL7 Hybrid Dites Adu Irit, Segini Hasilnya
    Tomi Tomi . 18 Jul, 2023
  • Suzuki Pamerkan XL7 Hybrid ke Masyarakat Depok di Margocity
    Suzuki Pamerkan XL7 Hybrid ke Masyarakat Depok di Margocity
    Muhammad Hafid . 26 Jun, 2023

Artikel Mobil Suzuki XL7 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Produk Hybrid Suzuki Dominasi Jualan di GIIAS Bandung 2023
    Produk Hybrid Suzuki Dominasi Jualan di GIIAS Bandung 2023
    Setyo Adi Nugroho . 01 Des, 2023
  • Suzuki XL7 dan Honda BR-V Keluaran 2020, LSUV Bekas Mana yang Layak Dipertimbangkan?
    Suzuki XL7 dan Honda BR-V Keluaran 2020, LSUV Bekas Mana yang Layak Dipertimbangkan?
    Anindiyo Pradhono . 10 Nov, 2023
  • Suzuki XL7 Hybrid Mendapat Titel Best Functionality Car di Ajang CEC 2023
    Suzuki XL7 Hybrid Mendapat Titel Best Functionality Car di Ajang CEC 2023
    Setyo Adi Nugroho . 14 Okt, 2023
  • Kenali Fungsi Tombol di Palang Kemudi Suzuki XL7 Hybrid
    Kenali Fungsi Tombol di Palang Kemudi Suzuki XL7 Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 07 Agu, 2023
  • Tertarik Beli New Suzuki XL7 Hybrid, Simak Biaya Kepemilikan dan Pajak Tahunannya
    Tertarik Beli New Suzuki XL7 Hybrid, Simak Biaya Kepemilikan dan Pajak Tahunannya
    Setyo Adi Nugroho . 04 Agu, 2023
  • Beda Harga Cukup Jauh, Lebih Menarik New Suzuki XL7 atau Honda BR-V?
    Beda Harga Cukup Jauh, Lebih Menarik New Suzuki XL7 atau Honda BR-V?
    Setyo Adi Nugroho . 22 Jun, 2023
  • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
  • Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Anjar Leksana . 12 Agu, 2021
  • Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Anjar Leksana . 14 Jan, 2021
  • First Drive New Suzuki XL7 Hybrid: Si Paling Masuk Akal di Kelasnya!
    First Drive New Suzuki XL7 Hybrid: Si Paling Masuk Akal di Kelasnya!
    Ardiantomi . 28 Jul, 2023
  • Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Kenikmatan Ertiga dengan Poin Ekstra (Part-2)
    Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Kenikmatan Ertiga dengan Poin Ekstra (Part-2)
    Anindiyo Pradhono . 13 Jul, 2020
  • Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Amunisi Pemain Baru (Part-1)
    Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Amunisi Pemain Baru (Part-1)
    Anindiyo Pradhono . 13 Jul, 2020
  • First Drive Suzuki XL7: Menyingkap Misteri SUV Berbasis Ertiga
    First Drive Suzuki XL7: Menyingkap Misteri SUV Berbasis Ertiga
    Wahyu Hariantono . 18 Feb, 2020