TEST RIDE: All New Honda CBR250RR, Total Control

TEST RIDE: All New Honda CBR250RR, Total Control
JAKARTA, 11 Februari 2017 – Pertarungan motor sport kelas 250cc di Indonesia tengah panas-panasnya. Honda memiliki jagoan yaitu All New Honda CBR250RR yang dihadirkan sebagai bentuk facelift dari model CBR250 sebelumnya. PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan motor bergenre sport ini sebagai motor di kelas 250cc yang memiliki fitur terlengkap dibandingkan rivalnya seperti Kawasaki Ninja 250 dan juga Yamaha R25. Honda menggarap serius motornya ini. Mengusung tema, "Total Control" motor berlogo kepakan sayap ini sudah memberikan pesan sporty bagi siapa pun yang melihatnya tanpa harus menungganginya terlebih dahulu. Tidak hanya itu, tema Total Control juga diharapkan memiliki riding position yang terbaik di kelasnya. Motovaganza dipercaya oleh PT Astra Motor, Main Dealer Honda Motor wilayah Jakarta untuk menjajal kemampuan motor ini. Beragam kesan yang ada dalam pikiran kami saat melihat motor tersebut diturunkan dari mobil towing milik Astra Honda mulai dari, racing, sporty dan keren! Saat pertama kali duduk di joknya, posisi duduk cukup nyaman. Dengan tinggi badan saya sekitar 172cm, kaki saya bisa menapak permukaan aspal. Tidak hanya kaki, juluran tangan ke bagian stang dengan model underyoke alias stang jepit pun terasa sangat nyaman. Tidak terlalu membungkuk untuk rider. Feeling pijakan kaki hingga posisi setangnya pun masih tetap nyaman untuk menempuh jarak jauh. Sekarang saya mencoba menyalakan mesin dual silinder berkapasitas 250cc ini. Tampilan speedometer digitalnya cukup menarik dengan diawali dengan tulisan dot pixel yang membentuk huruf CBR. Kemudian informasi seperti bukaan rpm, kecepatan, bensin meter hingga tampilan jam dan posisi riding mode pun terlihat sangat jelas dengan layar AMOLED. Saya mengawali perjalanan dengan santai. Bukaan gas di posisi rpm sekitar 3000-4000 rpm dengan mode berkendra comfort. Dalam posisi mode ini, mesin belum mengeluarkan "identitas" asli dari karakter motorsport dengan dual silinder ini. Pegangan stang dan posisi kaki masih terasa nyaman untuk berjalan sekitar kawasan Senayan hingga Gatot Soebroto. Setelah merasa cukup, saya mulai "menukar" mode berkendara ke posisi Sport. Di posisi ini, mesin terasa sedikit agresif. Tampilan speedometer digital pun berubah posisi "limiter" dari 6000 rpm menjadi 8000 rpm. Sayang cuaca hari itu kurang bersahabat. Saya akhirnya memutuskan untuk menyiapkan tenaga untuk esok hari. Di hari berikutnya, Saya baru memulai sesi test ride untuk motor yang dibuat di pabrik AHM di Karawang, Jawa Barat ini. Saya memilih perjalanan dalam kota untuk sesi kali ini. Di mulai dari kawasan Bintaro menuju Senayan hingga Jakarta Timur yang menjadi pilihan destinasi kami. Dengan mode berkendara berada di posisi Sport, motor kami geber hingga memaksimalkan kemampuannya. Hal ini saya lakukan mengingat kondisi jalan yang terbilang sepi dan kosong. Puas dengan akselerasi dengan tiga mode berkendara, saya pun akhirnya menyimpulkan jika motor ini layak untuk dimiliki bagi Anda yang menginginkan motor sport di kelas seperempat liter ini. Honda CBR250RR memang memiliki nilai tersendiri dibandingkan dengan lawannya seperti Yamaha R25, Kawasaki Ninja 250 dan KTM RC200. Penggunaan suspensi upside down di bagian depan juga membuat penampilan kian sporty dan juga menambah sensasi handling yang berbeda khususnya saat Anda harus melakukan cornering tajam. Honda mengklaim jika motor yang dibekali dengan mesin dual silinder dengan teknologi DOHC liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 27,1 kw (36,8PS) / 12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 22,5 Nm (2,29 kgf.m) / 10.500 rpm. Tidak hanya itu, postur body yang memiliki fairing dengan muti layer ini pun semakin membuat motor tampak agresif dan modern. Metode pengetesan secara full to full dan berkendara di Jakarta yang lebih banyak macet dari pada lancarnya. Honda CBR250RR sanggup menempuh jarak 31,5 km dengan konsumsi sekitar 1 liter dengan bahan bakar RON 92. Test tersebut dengan cara berkendara normal, dari macetnya ibu kota dengan kecepatan 40-60 km/jam dan sesekali 80 km/jam jika jalanan agak lengang. Tuas kopling pun tidak terasa begitu keras. Kami menyarankan jika Anda menemui kemacetan saat berkendara menggunakan Honda CBR250RR untuk memindahkan posisi riding mode ke posisi comfort meskipun model stang yang diusung sedikit membuat pegal jika bermacet-macetan di dalam kota yang harus stop and go. Tidak hanya itu, kaca spion yang sedikit melebar dari bodi cukup nyaman buat memantau kondisi belakang saat riding. Namun begitu menghadapi kemacetan, anda harus berhati-hati agar mentok dengan kendaraan lainnya. Panas hawa mesin tidak begitu menggangu kaki dengan tambahan cover di belakang radiator yang mengarahkan hawa panas mesin ke bawah, jadi area lutut dan paha tidak terlalu panas. Rasanya wajar jika Honda membanderol motor anyar miliknya ini dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan rivalnya. Selain deretan teknologi tercanggih, penggunaan fitur upside down motor ini pun memiliki kemampuan handling yang mantap dengan dimensi body yang kompak dan terbilang slim di antara rivalnya. ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023