TEST RIDE: Honda PCX Electric, Senyap Tapi Bertenaga

PCX Electric
JAKARTA, 1 Februari 2019 – Honda PCX Electric akhirnya resmi meluncur di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM), yang melengkapi seluruh varian PCX untuk pasar Tanah Air setelah PCX 150 dan PCX Hybrid. Di sela rangkaian peluncuran, Motovaganza berkesempatan mencoba langsung performa PCX Electric. Bisa dibilang ini menjadi kesempatan yang istimewa, karena belum tentu dalam waktu dekat kami bukan hanya bisa memilikinya, tapi juga mengujinya. Karena AHM meluncurkan PCX Electric untuk kalangan konsumen terbatas, dengan skema “Business to Business” kepada perusahaan dengan disewakan. Seperti yang sudah-sudah, AHM menyiapkan arena test ride di Parkir Barat Jakarta International Expo, Kemayoran, dengan rangkaian handicap seperti tikungan radius besar dan kecil, lintasan lurus dan slalom. Paling penasaran saya dengan akselerasi dari motor listrik berdesain premium. Untuk yang masih awam soal kendaraan listrik, perlu diperhatikan saat proses starter PCX Electric, karena saat sudah dinyalakan tidak ada getaran yang ditimbulkan seperti pada motor bermesin pembakaran. Suara ‘beep’ cukup kencang dan munculnya indikator ‘Ready’ di panel instrumen menjadi tanda bahwa motor ini siap digas. Motor listrik PCX Electric memiliki kombinasi tenaga 5,6 hp dan torsi 18 Nm, memang tenaganya di bawah PCX 150 yang memiliki 14,7 hp dan 13,2 Nm. Sempat bingung kenapa tenaganya justru mengecil, namun saya temukan alasannya setelah mencoba akselerasi PCX Electric. Baca juga: Honda PCX Electric Meluncur di Indonesia, Tapi untuk Kalangan Terbatas Akselerasi awal memang terasa padat torsinya begitu tuas gas dipuntir, tidak perlu lama menunggu sampai motor ini mencapai kecepatan 40 km/jam di lintasan yang cukup sempit dan pendek. Meski torsinya lebih kuat, namun distribusinya ke roda masih terasa halus dan linear seiring bertambahnya kecepatan. Bagi yang pertama kali mencoba akan sedikit terkejut dengan gentakan awal, tapi jika sudah terbiasa akan bisa mengatur puntiran gas dengan lebih smooth. Jadi, meski torsinya lebih besar, tenaga yang lebih kecil tidak membuat karakter akselerasinya menjadi agresif, yang saya yakin untuk menyesuaikan desain elegan dan premium PCX. Meski senyap, motor listriknya tetap terdengar menghasilkan suara berdengung khas dinamo, bahkan saat benar-benar kencang sangat mirip dengan suara blender atau mixer. Baca juga: Bingung dengan Baterai Honda PCX Electric? Ini Solusinya Dibandingkan PCX 150, versi listrik memiliki bobot lebih berat 13 kg (144 kg), namun manuverabilitasnya terasa hampir tidak ada perbedaan. Ini karena posisi dua buah baterai Lithium-ion 50,4 V yang terletak di bawah jok membuat titik pusat gravitasinya berada di tengah dan tetap rendah. Melintasi tikungan dengan radius besar dan kecil sama nyaman dan stabil di atas PCX Electric. Dimensinya yang cukup besar dan panjang tidak menyulitkan saat harus merebah dan berpindah arah dengan cepat. Rangka milik PCX 150 juga masih dipercaya untuk dipakai pada PCX Electric. Area slalom dengan rintangan zigzag pun bukan perkara sulit untuk motor ini, yang sekali lagi nyaris tidak ada perbedaan dibanding PCX 150. Akan mudah bagi pemilik PCX biasa untuk cepat beradaptasi dengan PCX Electric. Dari semua fitur dan teknologi yang dimiliki PCX Electric, sayangnya Honda belum menerapkan sistem regenerasi tenaga listriknya baik melalui proses pengereman maupun saat coasting seperti yang digunakan pada teknologi mobil. Soal jarak tempuh, motor ini diklaim sanggup menempuh perjalanan hingga 69 kilometer dalam sekali isi baterai penuh. Secara keseluruhan jika dibandingkan dengan PCX dengan mesin bensin biasa, PCX Electric ini memiliki kenyamanannya yang sama karena basis menggunakan yang sama. Sedangkan untuk performa, meski memiliki torsi besar, PCX versi listrik ini menyalurkan tenaga dengan halus tidak kasar dan tidak menghentak-hentak. Kalau saya boleh memberikan nilai, PCX Electric ini saya beri nilai 7. WAHYU HARIANTONO

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
    Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
    Zenuar Yoga . 20 Nov, 2025
  • Polytron Fox 350 Meluncur, Punya Fitur Baru Lebih Lengkap
    Polytron Fox 350 Meluncur, Punya Fitur Baru Lebih Lengkap
    Zenuar Yoga . 20 Nov, 2025
  • RSV Helmets Luncurkan Windbreaker, Cocok Buat Harian dan Harga Terjangkau
    RSV Helmets Luncurkan Windbreaker, Cocok Buat Harian dan Harga Terjangkau
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2025
  • Inilah Ketiga Jawara Honda Modif Contest 2025
    Inilah Ketiga Jawara Honda Modif Contest 2025
    Zenuar Yoga . 17 Nov, 2025
  • Honda Bikers Day 2025 Satukan 32.373 Bikers dari Sabang hingga Merauke
    Honda Bikers Day 2025 Satukan 32.373 Bikers dari Sabang hingga Merauke
    Zenuar Yoga . 17 Nov, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025