Triumph-Bajaj Bakal Rilis Motor Rp 39 Jutaan, Bakal Masuk Indonesia?

INDIA, Motovaganza.com - Triumph Motorcycles telah setuju untuk memulai kemitraan dengan perusahaan motor asal India Bajaj. Dengan terjalinnya kesepakatan ini, Triumph akan membangun motor berkapasitas menengah (200-600 cc). Model-model tersebut bakal memberi Triumph pijakan yang lebih baik di pasar negara berkembang, serta memperluas jangkauannya secara global.

Kolaborasi ini dipandang sebagai cara bagi Triumph dan Bajaj untuk menggabungkan sumber daya mereka dalam hal desain, teknik, dan manufaktur. Di sisi Triumph, mereka akan memanfaatkan kapasitas produksi Bajaj di Pune, India, untuk menghadirkan model berkapasitas mesin yang lebih kecil. Model-model itu dapat ditawarkan dengan harga yang lebih masuk akal di seluruh Asia.

Triumph mengatakan, harga model baru itu £ 2.200, atau sekitar Rp 39 jutaan di Indonesia. Motor buatan India ini kemungkinan akan diluncurkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pun begitu, Triumph belum mengkonfirmasi akan seperti apa bentuknya. Sebagai gantinya, Bajaj - yang juga memiliki saham besar di KTM - akan mengambil alih kegiatan distribusi Triumph India untuk meningkatkan pengaruh yang lebih besar di salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia.

Triumph Bajaj
Apakah motor baru Triumph berbasis Bajaj Dominator?

Penting Bagi Triumph


“Ini adalah kemitraan yang penting bagi Triumph dan saya senang bahwa ini telah secara resmi dimulai,” kata CEO Triumph Motorcycles, Nick Bloor. "Selain membawa brand kami ke wilayah baru yang krusial, produk-produk yang akan keluar dari kemitraan juga akan membantu menarik audiens yang lebih muda. Juga merupakan langkah lain dalam ambisi untuk berekspansi secara global, terutama pasar yang berkembang di Asia Tenggara. Sekaligus juga mendorong pertumbuhan di wilayah yang lebih matang seperti Eropa," imbuhnya seperti yang dilansir visordown.

"Triumph adalah salah satu ikon di dunia," kata Rajiv Bajaj, Managing Director Bajaj Auto India. “Jadi, kami yakin produk-produk baru itu akan menarik selera konsumen di India dan pasar berkembang lainnya."



Model-model baru apa yang bisa kita harapkan dari kolaborasi ini? Triumph mengatakan model-model baru pertama akan tiba sekitar tahun 2022, tetapi belum mengkonfirmasi wujudnya. Namun, melihat dari motor-motor yang ditawarkan oleh Bajaj, maka kemungkinan besar berkapasitas 400 cc, dan berjenis naked.

Jika ini terjadi maka, Triumph-Bajaj akan terjun ke pertempuran motor kelas menengah yang sengit. Bayangkan saja, mereka akan melawan H-D "China" (kolaborasi Harley-Davidson dengan Benelli), KTM (KTM Duke 390), MV Agusta (kolaborasi dengan Loncin), Norton (berkolaborasi dengan Zhongzen), BMW (kolaborasi dengan TVS), termasuk Royal Enfield. Dengan harga jual Rp 39 jutaan, kolaborasi India-Inggris itu juga akan membuka perang dengan manufaktur Jepang seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, dan Suzuki. Akankah proyek ini sukses? Tentu tergantung bagaimana realisasi program ini dan strategi mereka menyikapi persaingan.

REZA ERLANGGA

Sumber: Visordown

Artikel yang direkomendasikan untuk anda