Yamaha MT-10 2020, Makin Sangar Dengan Warna Baru

TOKYO, Motovaganza.com – Penggemar Yamaha MT-10 kini punya pilihan warna. Yamaha Jepang merilis warna baru bagi MT-10 versi 2020. Moge naked bermesin 1.000 cc itu sekarang punya kelir baru yang diberi nama Deep Purplish Blue Metallic. Menggabungkan tiga warna sekaligus dengan dominasi biru yang dipadukan dengan silver dan hitam, untuk mempertegas kesan sangarnya. Opsi baru ini membuat tampilan MT-10 lebih segar lewat kombinasi tiga warna. Bandingkan dengan pilihan dari Yamaha yang sebelumnya, Ice Fluo dan Matte Raven Black. Wajahnya tampak lebih segar dengan melaburkan warna pokok (biru) area tangki bensin dan bibir pelek. Sementara kelir silver dituangkan pada beberapa bagian. Mulai dari area bawah headlamp, sepatbor, area shroud hingga sedikit sisi bodi belakang. Kemudian cat gelap mendominasi di beberapa bagian. Sederhana tanpa mengurangi kesan bengis.

Mesin Tetap

Karena hanya berupa penyegaran, spesifikasi mesin dan fitur tidak ada ubahan. Model ini mengandalkan mesin 998 cc, DOHC berpendingin cairan, inline 4-silinder; 16-katup. Ia memiliki teknologi Crossplane Crankshaft yang sama dengan superbike YZF-R1. Menawarkan traksi maksimum dan disetel khusus untuk rider yang membutuhkan motor jalanan berkinerja tinggi. Perbedaannya dengan R1 terdapat di desain intake, muffler exhaust dan sistem pembakaran plus juga optimalisasi Crank. Jantung pacunya mampu menyemburkan tenaga super, 160 Hp di putaran 11.500 rpm dan torsi puncak 111 Nm pada putaran 9.000 rpm. Power yang begitu besar disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 6 percepatan. Menggunakan rasio kompresi 12:1 dengan ukuran piston 79 mm dan stroke 50,9 mm.

Fitur

Fitur canggih apalagi kalau bukan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle), sistem yang mengontrol pembukaan throttle, waktu pengapian, dan volume injeksi bahan bakar untuk mengembalikan traksi. Terintegrasi dengan 3 mode Traction Control System ( TCS), bisa di non-aktifkan sesuai keinginan. Lalu D-Mode menawarkan tiga pilihan: Standart, Mode A dan Mode B. Karena memiliki DNA sport kental, maka suspensi depan menganut sistem up side down berukuran 43 mm, dan belakang link-type monocross. Penggunaan Lightweight aluminium Deltabox main frame, dirancang untuk memberikan responsif dan kelincahan berkendara.

Pengereman

Tak perlu khawatir dengan sistem pengereman. Yamaha sudah memasang Anti-lock Braking System (ABS). Gunakan kaliper 4 piston yang dipasang radial untuk menangani sepasang cakram 320 mm bagian depan, dan 220 mm belakang diapit kaliper 2 piston. Ada pula A&S clutch and Quick Shifter System (QSS), memberikan kemudahan untuk pengendara kala melakukan penggantian gigi transmisi. Efeknya lebih mulus, saat menaikkan atau menurunkan gigi. Di Jepang sana, Yamaha MT-10 versi 2020 dijual seharga 2.035.000 Yen atau setara Rp 274,9 juta (Kurs 1 Yen = Rp 135,12). Kalau masuk sini, tentu harganya jauh lebih mahal karena menyesuaikan pajak barang mewah. Sumber: Yamaha, Totalmotorcycle, Living with Gravity Baca juga: Yamaha Rilis MT-10 Versi 2020, Lebih Segar ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Zenuar Yoga . 15 Okt, 2025
  • Puluhan Skutik Yamaha Tampil Unik di CustoMAXI Jabodetabek 2025, Dari Batik hingga Gaya MotoGP
    Puluhan Skutik Yamaha Tampil Unik di CustoMAXI Jabodetabek 2025, Dari Batik hingga Gaya MotoGP
    Zenuar Yoga . 15 Okt, 2025
  • Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2025
  • Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Bangkit Jaya Putra . 14 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025