Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Berkendara Motor Aman saat Musim Hujan, Pelajari Teknik Pengereman

    Musim hujan mulai mengguyur hingga beberapa bulan ke depan. Mengemudikan sepeda motor tentu jauh lebih berisiko ketimbang mobil. Perlu berbagai persiapan demi mengurangi berbagai risiko yang dapat merugikan. Pelajari juga teknik berkendara aman agar tidak membahayakan diri. 


    Hal pertama tentu memastikan dulu kondisi fisik prima sebelum berkendara. Kemudian, bawalah jas hujan khusus (bukan model ponco) demi keselamatan. Nah, berkaitan dengan ini, Anda pun wajib mengetahui teknik berkendara, khususnya pengereman dalam kondisi hujan. Penting untuk Anda menutup lebih dulu putaran gas sebelum menekan tuas rem. Dengan begitu, tenaga motor dapat berkurang. Laju motor pun ikut terkoreksi lantaran ada efek deselerasi.


    Setelah itu gunakan teknik empat jari pada rem depan. Seperti dikutip dari Wahana Honda, langkah ini optimal untuk menghentikan laju motor. Selain itu, cara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kestabilan saat menggenggam kemudi. Tentu saja tidak berhenti di situ. Anda pun dituntut sigap bereaksi jika roda depan kehilangan traksi. Sebagai contoh, refleks kaki untuk menjaga motor agar tidak jatuh.


    Tips merawat motor


    Menurut mereka pula pengendara justru harus menghindari teknik pengereman belakang. Disebutkan karena ada risiko terjadinya sliding yang jauh lebih besar, utamanya kala melewati tikungan. Terlebih bila kondisi ban motor Anda sudah tidak ideal dibawa jalan. Kita ketahui, peran karet bundar sendiri sangat vital dalam beragam peruntukkan cuaca dan jalan.


    Ban motor yang aus tentu akan sangat berbahaya jika digunakan berkendara di jalanan yang licin setelah hujan. Namun, sangat penting jua memerhatikan tekanan angin ban motor. Jangan terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah. Jika kepalang tinggi, maka cengkeraman ban pada aspal tidak maksimal. Sementara sebaliknya (tekanan terlalu rendah), menyebabkan laju motor terasa lebih berat. Dampaknya akan memengaruhi kinerja mesin dan menjadi boros bensin.


    Pun halnya terhadap fungsi sistem pengereman. Seperti ungkapan tadi, rem sangat penting untuk mengurangi laju motor atau menghindar dari jalan berlubang. Bayangkan jika perangkatnya semisal kampas rem sudah aus, Anda bakal telat mengantisipasi situasi tersebut. Kampas rem juga senantiasa harus dibersihkan. Pasalnya, komponen satu ini sangat rawan diselimuti kotoran, debu hingga lumpur. Bakal menumpuk dan mengering bila dibiarkan terlalu lama. Efek minusnya, menghambat kinerja sistem pengereman motor Anda.


    Satu lagi yang patut diperhatikan adalah kalau motor Anda menggunakan rantai. Pada item ini sendiri terdapat minyak sebagai pelumas. Namun, fungsinya akan berkurang lantaran kandungan asam yang terdapat pada air hujan. Itu kenapa biasanya rantai akan kering. Baiknya bilas motor Anda dengan air bersih pasca kehujanan. Lalu lumasi kembali komponen rantai tadi bila memang dirasa membutuhkannya. (Ano/Odi)


    Sumber: Wahana Honda

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda