Tips Mudah Merawat Rem Sepeda Motor Agar Selalu Optimal

tips merawat rem motor

Sistem pengereman jadi komponen penting yang berkaitan dengan laju kendaraan, seperti halnya pada sepeda motor. Maka dari itu, sang pemilik motor harus memperhatikan kondisinya agar tetap prima.

Nah, untuk perawatan pengereman motor Anda tak perlu effort datang ke bengkel. Ternyata rangkaian rem sepeda motor bisa diinpeksi secara mandiri di rumah. Namun perlu dicatat, apabila mengharuskan penggantian komponen dan tak memiliki keahlian ada baiknya memanfaatkan diler dan mekanik resmi. Di artikel ini kami akan jabarkan runtutan perawatan serta pengecekan sistem pengereman cakram motor.

 

Periksa dan Ganti Minyak Rem Secara Berkala

Penggantian minyak rem, dijelaskan oleh Muslian, umumnya dilakukan setiap 2 tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24 ribu km. Indikator lain bisa melihat dari warna minyak rem, apabila sudah berubah warna menjadi keruh jangan kompromi segera lakukan penggantian minyak rem sesuai standar pabrikan.

Baca Juga: Lakukan Ini Supaya Suspensi Motor Anda Awet

 

Bersihkan Kaliper Rem

Pengguna sepeda motor juga harus memperhatikan hal ini yakni rutin membersihkan komponen kaliper. Rem cakram bersifat terbuka sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kampas atau piston. Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut. Atau jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas.

 

Pastikan Kaliper Dalam Kondisi Baik

Ffek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Pastikan kaliper pada motor Anda dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat kalau tidak punya kemampuan melakukannya sendiri. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Setelah Dipakai Mudik, Komponen Motor Ini Wajib Diperiksa

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang