Tips Melewati Jalanan Menanjak dan Menurun Pakai Skutik

Honda ADV

 

Daya tarik motor matik terletak dari kepraktisannya. Pengendara cukup atur bukaan gas dan tuas rem. Tapi perlu dicatat, mengendarai motor bukan sekadar bisa, melainkan harus memahami teknik berkendara benar, salah satunya ketika di jalur tanjakan dan turunan.

Bagi yang sudah piawai mengendarai motor, tentu bukan masalah. Sementara untuk mereka yang masih pemula, akan sedikit kerepotan. Mungkin saja belum paham triknya dan bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain. Nah, untuk itulah Astra Honda Motor coba memberikan tips mengendarai sepeda motor matik ketika berada di jalur tanjakan atau turunan. 

 

Pengecekan dan Pemeriksaan Mandiri Motor Matik

Guna menjaga performa kendaraan dan meminimalisir potensi terjadinya insiden. Lakukanlah pemeriksaan secara mandiri komponen vital motor matik. Pemeriksaan kondisi komponen bisa dimulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, rem, dan beberapa perangkat lainnya.

 

Pahami Kondisi Rute yang Bakal Dilalui

Kedua adalah memahami rute dan kondisi jalan. Agar pengendara bisa mengantisipasi lebih dulu berbagai macam jalur yang akan dilalui. Cara paling muda dengan mengatur jadwal dan rute perjalanan guna menghemat jarak, waktu, tenaga, serta menghindari spot kemacetan.

Baca Juga: Cara Mengurangi Risiko Cedera saat Terjatuh dari Motor

 

tips berkendara

Berkendara di Jalur Menanjak

Ketika akan melewati jalanan menanjak, ambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewatinya. Kemudian turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak atau jalan datar.

 

Berkendara di Jalur Menurun

Dan ketika Anda sedang melewati jalanan menurun, sebaiknya mengurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalur turunan yakni dengan mengendorkan gas dan mempertahankan kecepatan motor dengan kombinasi rem belakang serta depan.

 

Pahami Posisi Berkendara yang Tepat

Postur saat berkendara di jalur tanjakan posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan grip (cengkraman) yang kuat terhadap permukaan jalan. Demikian pula pada saat berkendara jalur turunan, posisikan postur badan condong ke belakang.

 

Ketika Berhenti di Tanjakan

Saat situasi harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya harus lebih besar yang tujuannya untuk menahan gaya dorong ke belakang. Hindari posisi di belakang kendaraan besar seperti truk atau bus, namun bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar ambilah posisi di sebelah kiri atau mengambil posisi paling aman di belakangnya. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Lakukan Ini Supaya Suspensi Motor Anda Awet

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Yadea Luncurkan Program Green E-mobility Fund untuk Dukung Kendaraan Listrik
    Yadea Luncurkan Program Green E-mobility Fund untuk Dukung Kendaraan Listrik
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • MotoGP Argentina 2025: Marc Márquez Dominasi Balapan Sengit di Termas de Río Hondo
    MotoGP Argentina 2025: Marc Márquez Dominasi Balapan Sengit di Termas de Río Hondo
    Zenuar Yoga . 17 Mar, 2025
  • Optimisme Anak Elang Harley-Davidson Tahun Ini
    Optimisme Anak Elang Harley-Davidson Tahun Ini
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2025
  • Kawasaki Z900 dan Z900 SE 2025 Resmi Meluncur
    Kawasaki Z900 dan Z900 SE 2025 Resmi Meluncur
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2025
  • Federal Oil Peduli Banjir, Bikin Program Ganti Oli Gratis di Bekasi
    Federal Oil Peduli Banjir, Bikin Program Ganti Oli Gratis di Bekasi
    Zenuar Yoga . 13 Mar, 2025
  • Ada Pilihan Baru, Ini Deret Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan
    Ada Pilihan Baru, Ini Deret Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2025
  • Gali Lebih dalam Spesifikasi Keeway Benda Napoleonbob 250
    Gali Lebih dalam Spesifikasi Keeway Benda Napoleonbob 250
    Anjar Leksana . 12 Mar, 2025
  • Spesifikasi Detail QJMotor SRV 250A, Small Cruiser Bertransmisi Matik
    Spesifikasi Detail QJMotor SRV 250A, Small Cruiser Bertransmisi Matik
    Anjar Leksana . 07 Mar, 2025
  • Menyingkap Keunggulan Maka Cavalry
    Menyingkap Keunggulan Maka Cavalry
    Zenuar Yoga . 19 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025