Selama WFH Motor Tak Dipakai, Jangan Abai!

tips merawat motor

Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat berlaku untuk menekan penyebaran Covid-19. Dengan demikian, segala kegiatan disarankan berlangsung dari rumah. Tidak boleh keluar kalau tak ada keperluan mendesak. Otomatis mobilitas pun berkurang drastis dari seperti biasanya. Nah, kendaraan pribadi pun mau tidak mau berdiam diri juga. Motor kalau lama tak digunakan dapat memunculkan masalah pada mesin dan komponen lainnya. Untuk menghindari kerusakan karena karena motor jarang digunakan, ada 6 tips yang bisa Anda lakukan sebelum memarkirkan di garasi dalam waktu yang lama.

Cuci Bersih

Sebelum memakirkan kuda besi kesayangan ke dalam garasi, baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu. Motor yang terparkir dalam keadaan kotor bisa mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, atau berpotensi merusak komponen.

Pelumas rantai

Bensin Penuh

Pastikan tangki bensin dalam keadaan kondisi penuh. Ini untuk menghindari potensi karat di dalam penampun bahan bakar ketika motor tidak digunakan dalam periode waktu lama. Kemudian periksa saluran selang apakah ada sumbatan, retak atau rusak. Untuk memastikannya bisa dicek dengan penciuman. Jika ada kebocoran, cek posisinya dan hindari dari percikan api.

Baca Juga: Pentingnya Merawat Rantai Motor demi Performa dan Keselamatan Berkendara

Lumasi Rantai

Bersihkan dan lumasi rantai. Ini untuk mencegah timbulnya karat. Gunakan produk pelumas rantai yang disarankan.

Pakai Standar Tengah

Saat motor terparkir di garasi, pastikan dalam keadaan standar tengah. Untuk motor sport yang tak memilikinya bisa menggunakan standar paddock. Agar beban motor berpusat di tengah. Sebab, ketika motor terparkir dengan standar samping dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan sil suspensi.

standar tengah

Lepas Aki

Aki merupakan sumber listrik vital bagi kendaraan. Bila tidak digunakan dalam waktu lama, aki tidak mempunyai asupan listrik yang bisa menyebabkan soak. Jika aki rusak, maka electric starter tidak dapat merespons sehingga motor tidak bisa dinyalakan. Maka itu baiknya mencabut kepala aki. Cukup lepaskan kutup negatif. Dengan catatan jika kendaraan tak digunakan sama sekali, misalnya berbulan-bulan.

Kalau hanya selama PPKM darurat, baiknya tetap memanaskan motor paling tidak 2 hari sekali. Memanaskan motor penting agar oli tetap bersirkulasi dan menyebar ke seluruh bagian komponen dalam mesin. Paling lama 2 menit dan jangan terlalu lama karena asap dari knalpot berbahaya untuk pernapasan dan kesehatan. Pastinya dilakukan di ruang terbuka.

Tutup Pakai Cover Khusus

Setelah semua sudah dilakukan, selanjutnya tutup motor dengan sarung khusus sepeda motor. Tujuannya adalah melindungi dari kotoran dan debu. (Bgx/Odi)

Sumber foto: Astra Motor, Federal Oil

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Oli Sepeda Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang