Tips Mengendarai Motor Matik bagi Pemula

review honda scoopy

Motor matik menawarkan kemudahan dalam dikendarai. Hanya perlu menarik tuas gas tanpa perlu memikirkan pergantian transmisi. Sayangnya, sampai saat ini masih sering ditemui kecelakaan akibat penggunaan motor matik oleh pemula. Sebenarnya tidak perlu terjadi jika memahami cara kerja sepeda motor matik.

Ada banyak sumber informasi yang membahas sisi keselamatan saat mengendarai motor matik. Apalagi untuk pemula, penting bagi pemilik motor atau pengendaranya memahami cara kerjanya. Di motor matik, laju kendaraan sama sekali tidak dipengaruhi oleh kopling dan gigi perseneling tetapi hanya bergantung pada tuas gas dan rem. Pengendara sebenarnya cukup berkonsentrasi pada gas untuk menambah dan mengurangi kecepatan, serta tuas rem untuk menghentikan laju kendaraan. Kalau tidak terkontrol, motor melaju kencang tak terkendali dan bisa melukai pengendara maupun orang lain.

Ada baiknya jika memulai belajar mengendarai motor matik melihat lingkungan. Pilih area luas yang tidak banyak kendaraan atau orang berlalu lalang. Setelah memastikan sekeliling aman, jangan mulai belajar tanpa didampingi orang lain. Kehadiran orang yang lebih paham dan menguasai cara berkendara bisa memastikan apa yang kita lakukan benar atau masih kurang tepat selain itu untuk membantu jika motor terjatuh.

 

Baca Juga: Berkendara Motor Sambil Bawa Barang Banyak Tidak Boleh Asal-asalan

Kemudian sebelum menyalakan mesin kenali dulu perangkat pada motor matik. Biasanya tuas rem depan di posisi kanan dan tuas rem belakang di posisi kiri. Standar samping memiliki fungsi mematikan mesin untuk keamanan, jangan bingung apabila motor tidak mau dinyalakan karena harus dalam posisi release. Tarik tuas rem untuk menyalakan mesin motor.

Sebagai permulaan, pastikan posisi duduk nyaman dengan kaki bisa menapak sempurna untuk menjaga keseimbangan. Saat hendak berjalan buka tuas gas perlahan untuk merasakan gerakan di roda, jangan membuka gas mendadak atau secara penuh.

Setelah motor berjalan perlahan kendalikan dan pertahankan kecepatan. Ini untuk mengetahui seberapa kencang motor saat bukaan gas tertentu. Setelah terbiasa bisa mulai menambah kecepatan termasuk saat berhadapan dengan kondisi jalan menanjak. Pengereman disarankan menggunakan kedua sisi depan dan belakang. Beberapa produk motor sudah menerapkan teknologi pengereman depan belakang untuk keamanan dan pengendalian.

Terakhir, jangan langsung turun ke jalan yang ramai jika belum terlalu terbiasa. Berada di jalan berarti harus bertanggung jawab mengikuti aturan yang berlaku termasuk pada keselamatan diri sendiri dan orang lain. Sudah banyak cerita pengendara yang baru belajar turun di jalan raya dan mencelakai orang lain. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Begini Cara Menghindari Bahaya Blind Sport saat Berkendara Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Tunjuk Nicolo Bulega Gantikan Marc Marquez di GP Portugal dan Valencia
    Ducati Tunjuk Nicolo Bulega Gantikan Marc Marquez di GP Portugal dan Valencia
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Monster MY2026: Generasi Baru, Desain Klasik dengan Teknologi Masa Depan
    Ducati Monster MY2026: Generasi Baru, Desain Klasik dengan Teknologi Masa Depan
    Zenuar Yoga . 04 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025