Tips Menjaga Panel Bodi Plastik Agar Tak Cepat Kusam

fitur yamaha gear

Setiap motor pasti ada panel bodi berbahan plastik. Biasanya, akan terlihat kusam bila termakan usia. Sehingga butuh perawatan khusus agar motor tetap tampil kinclong. Umum terjadi karena sering terkena sinar matahari dan UV. Kebanyakan timbul pada bagian yang biasa disebut kulit jeruk atau panel bertekstur kasar. Umumnya di dek, dasbor, pijakan kaki dan sepatbor belakang.

Ada saja produk yang membuat tampilan kusam itu hitam kembali. Namun, alangkah baiknya untuk melakukan perawatan sendiri untuk menghindari kerusakan makin parah.

 

Hindari Terik Sinar Matahari Langsung

Biasakan parkir di tempat teduh atau yang tidak terkena paparan terik matahari langsung. Sebab sinar matahari mengandung ultraviolet, dalam jangka waktu tertentu dapat merusak lapisan cat motor.

 

Tidak Membiarkan Motor Kotor Dalam Waktu Lama

Kalau motor kena air hujan lalu dibiarkan dalam waktu lama tidak dicuci dapat menimbulkan karat. Ini karena air hujan ada kandungan garamnya. Bodi jadi cepat kusam.

Baca Juga: Tips Mengendarai Motor Matik bagi Pemula

 

Cuci Motor dengan Sampo Khusus

Rutin membilas motor dengan air bersih, terutama di saat musim hujan. Lalu keringkan dengan kain penyerap khusus. Jangan gunakan sabun detergen atau sabun lain, karena bisa memudarkan warna cat bodi motor.

Jika memang harus dicuci menggunakan sabun, usahakan pakai sampo khusus untuk mencuci motor. Namun hal itu juga dapat berisiko. Hindari shampo yang memiliki kandungan Hcl (acid hidrochloride), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida). Mengingat, bahan-bahan itu memiliki efek yang kurang bagus dan bisa mengikis lapisan cat motor.

 

Gunakan Stiker Full Bodi

Dapat juga dengan memasang skotlet atau stiker transparan. Langkah ini dinilai cukup efektif untuk melapisi bodi motor agar terhindar dari goresan dan terik sinar matahari yang membuat bodi mudah kusam.

 

Rajin Memberikan Kompon dan Memoles

Jika tidak mau keluar biaya banyak, bisa melakukan perawatan sendiri dengan kompon dan cairan poles. Kompon yang bentuknya menyerupai gel bisa digunakan untuk menghilangkan goresan halus.

Tapi ingat, prosesnya tidak instan. Pemilik harus menggosok bodi sepeda motor dengan kompon beberapa kali untuk bisa menghilangkan goresan halus.

Setelah goresan halus hilang, gunakan gel atau cairan poles untuk mengembalikan kilap bodi motor. Supaya tidak tercampur oleh debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan, saat menggosok bodi dengan cairan poles, sebaiknya setelah sepeda motor dicuci. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Motor yang Jarang Dipakai Tetap Sehat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang