Transformasi Lima Dekade Toyota Corolla, Menjaga Identitas Toyota di Indonesia

toyota-corolla-altis

Nyaman dan bisa diandalkan, itulah persepsi masyarakat terhadap merek Toyota. Kiprahnya memang diinisiasi oleh jip andalan mereka. Namun, ada satu nama yang juga berjasa membentuk identitasnya: Corolla.

Sudah 50 tahun semenjak kemunculan pertamanya di Indonesia. Sejarahnya diawali sebagai sedan kompak yang sederhana. Kini, ia berevolusi menjadi sedan mewah yang sarat teknologi tinggi. Selama perjalanannya, ia membuktikan bahwa produk Toyota juga bisa memberikan rasa nyaman di balik ketangguhannya.

Corolla Betawi

corolla betawi

Corolla pertama yang dipasarkan seri E20. Padahal secara global, versi ini sudah generasi kedua. Sedan rakitan 1971 – 1975 ini dibekali mesin berkode 3K 1.300 cc. Tenaganya hanya 68 hp tetapi porsinya pas, sebab bobot mobil kurang dari 800 kg.

Mengintip sejarahnya, mobil ini lazim disebut Corolla Betawi (Corbet). Tak ada alasan pasti mengapa ia dijuluki demikian. Mungkin saja dulu digemari oleh keturunan Betawi. Selain itu, E20 digunakan sebagai armada President Taxi yang terkenal di era 70-80an.

Dari sinilah perjalanan Corolla dimulai. Perlu sebuah pembuktian kualitas agar Corolla bisa diterima pasar. Salah satu trik pemasarannya ditemui pada sebuah selebaran iklan dengan pernyataan “Corolla Juara Jaya Bali Rally-1972”.

Corolla Veteran

corolla veteran

Masa penjajakan Corolla di Tanah Air dilanjutkan oleh generasi penerus Corbet: seri E30. Model ini beredar mulai dari 1975 hingga 1979. Masyarakat lokal lumayan kreatif untuk memberikan julukan agar mudah diingat. Ya, model ini juga punya sebutan unik, Corolla Veteran (Corvet).

Dimensi dibuat lebih besar, tetapi masih mengusung mesin 1.300 cc yang persis pendahulunya. Bentuk bagasi lebih panjang dan tidak terlalu membungkuk. Ia pun masih menggunakan lampu bulat dengan bukaan grille lebar.

Keberhasilannya mendulang popularitas dibantu lantaran krisis minyak dunia. Mobil-mobil Amerika mulai ditinggalkan karena boros dan rumit. Kepercayaan masyarakat atas kualitas produk Jepang pun semakin meningkat karena keandalannya. Tak kecuali Toyota, yang untungnya menjadi inisiator masuknya mobil Jepang di Indonesia. Melalui Corolla, mereka membentuk identitas nyaman dan bandel.

Baca Juga: 4 Mercedes-Benz Berpintu Gullwing, Melegenda dan Terus Berevolusi

Corolla DX

Corolla DX

Ini dia sedan yang digandrungi kawula muda 80an, Corolla DX. Dipasarkan dari 1980-1983, pamornya hingga kini tak kunjung pudar. Banyak klub dan komunitas menyediakan wadah untuk bertukar informasi. Saking populernya, harga aksesori untuk Corolla ini dikabarkan relatif mahal, karena keterbatasan pasokan di antara banyaknya penggemar.

Sektor dapur pacu masih mengandalkan seri K, 1.300cc, namun menggunakan unit 4K yang lebih bertenaga. Output dayanya meningkat hingga 71 hp.

Gaya DX ini kaku dan serbakotak, serta sarat garis-garis lurus nan tegas. Semasa hidupnya tercatat tiga kali perubahan wajah. Kala itu headlamp-nya berevolusi dari empat lampu bulat, menjadi kotak ‘celong’, dan diakhiri lampu persegi panjang dengan permukaan rata. Dua wajah pertamanya mengusung bumper krom. Nah, di tahun terakhir bumpernya berubah menjadi berbahan plastik lentur warna hitam.

Corolla GL

corolla GL

Ini dia saudara sedarah mobil legendaris ‘Hachi-Roku’ yang dipasarkan pada 1983-1987. Kita mendapatkan versi 4 pintu berpenggerak roda depan. Sedan 4 pintu memang selalu diminati di sini, sayangnya di titik ini Toyota tidak lagi memproduksi Corolla berpenggerak roda belakang.

Ketika pertama diluncurkan, sedan mungil ini mendapatkan mesin baru 2A, 1.300cc. Kala itu dikenalkan ke pasar sebagai Corolla GL. Perubahan wajah dan mesin menjadi 2E 1.300cc terjadi pada 1985. Penamaan trimnya ikut berubah menjadi SE-Saloon hingga masa jabatannya habis pada 1986.

Baca Juga: 6 Nama Mobil yang Terus Bertahan Puluhan Tahun

Corolla Twin Cam

corolla twin cam

Panggilan Twin Cam menjadi stereotip Corolla model E90 lansiran 1987-1991. Padahal, jika melihat modelnya, ada satu tipe (SE) tanpa cam ganda. Trim ini memanfaatkan unit 2E berkapasitas 1.300 cc SOHC 12 katup. Sebagai trim terendah, belum dilengkapi power steering dan power window. Fitur ini baru disematkan pada tingkatan di atasnya.

Opsi mesin Twin Cam baru tersedia dari trim SE-Limited, mengusung mesin 1.600 cc berkode 4A-F. Teknologi Twin Cam merupakan terobosan baru di segmen sedan kompak. Makanya, sebutan ini selalu digembar-gemborkan Toyota, hingga melekat di namanya.

Varian GTi hadir sebagai versi paling kencang serta punya performa ekstra. Dapur pacunya mengandalkan unit legendaris 4A-GE 1.600 cc. Semburan bahan bakarnya sudah menggunakan injeksi. Hasilnya, tenaga 140 hp sanggup diekstrak dari unit ini. Untuk membantu kontrol pengendalian, Toyota sematkan empat buah rem cakram serta stabilizer kokoh.

Jenis bodi yang dipasarkan tak hanya sedan, namun ada tambahan Liftback 5-pintu. Tipe bodi ini paling nyeleneh dari keluarga Corolla yang resmi dipasarkan di sini. Pasalnya, model liftback hanya tersedia di generasi Twincam.

Great Corolla (AE110)

great corolla

Kejayaan ‘Twin Cam’ di Indonesia dilanjut oleh Great Corolla atau sering disingkat Greco. Penamaannya sendiri kemungkinan besar berasal dari salah satu brosur penjualan Corolla. Di brosur tersebut jelas terpampang judul “Great Corolla”. Entah disengaja atau tidak, sepertinya tajuk ini tertanam di benak konsumennya.

Transisi desain terjadi di generasi ini. Guratan serbakotak nan kaku dilengserkan oleh profil melengkung. Langkah ini dilakukan demi mendapatkan aerodinamika yang lebih baik. Tubuhnya dibuat melar untuk meningkatkan kenyamanan penumpangnya.

Dua tipe ditawarkan Toyota selama masa hidup Greco: SE dan SE-G. Awalnya Trim SE mengandalkan jantung mekanis 1.300cc berkode 2E, sementara varian SE-G mengusung unit 4A-FE 1.600cc. Mesin 2E-nya diambil utuh dari pendahulunya, sedangkan 4A-FE merupakan hasil pengembangan terbaru yang dibekali sistem injeksi. Pada 1994, motor penggerak 2E dipensiunkan sehingga semua Greco mengandalkan mesin 1.600cc.

Baca Juga: Jejak Bersejarah Vespa Super di Indonesia

All-New Corolla (AE111 & AE112)

all new corolla

Greco akhirnya dipensiunkan sekitar tahun 1995 untuk menyambut kedatangan model baru, All New Corolla. Sebutan ‘All New’ identik dengan Corolla model E110 ini. Desainnya lebih konvensional ketimbang Greco dengan meminimalisir guratan melengkung. Perbedaan paling kentara terletak di bagian buritan. Lampu All New Corolla tidak lagi panjang terkoneksi melalui garnis, melainkan bergaya individual dan cenderung mengkotak.

Model E110 dipasarkan melalui tiga pilihan trim: XLi, SE-G, dan S-Cruise. SRS Airbag disematkan sebagai peranti standar untuk trim SE-G dan S-Cruise. Fitur ini merupakan sebuah terobosan lain di segmen sedan kompak. Pasalnya, di masa ini airbag merupakan kelengkapan mobil-mobil ‘mahal’ saja.

Sebelum berakhir pada tahun 2000, Corolla tercatat satu kali mendapatkan ubahan. Kami rasa faceliftnya sukses membuat Corolla terlihat mewah. Matanya berbinar berkat penggunaan crystal headlamp. Gaya lekukan lampu depan dan belakangnya dibuat melengkung dan lembut.

Ubahan tidak hanya terletak di sisi eksteriornya saja, jantungnya juga mengaryakan jenis baru. Saat momen pertama peluncuran, model ini memboyong jantung 4A-FE milik Greco. Barulah ketika diberi penyegaran, mesin 1.800 cc 7A-FE ditugaskan sebagai garda penghasil tenaga. Mesin besar dan tampang baru membuatnya semakin condong ke kelas sedan mewah. 

Setelah generasi ‘All New’ berakhir, Toyota mengubah image sedan kompaknya. Di titik ini mereka mulai membubuhkan penamaan Altis. Ia diposisikan sebagai sedan yang lebih mewah. Inilah penanda era baru bagi Corolla yang dimulai dari 2001.

Corolla Altis (E130)

Toyota Corolla Altis

Desain yang diterapkan begitu segar berkat penggunaan platform anyar. Sepertinya seluruh komponen dibuat benar-benar baru, tanpa ada keterkaitan dengan generasi sebelumnya. Profil tubuh kembali dibuat melengkung. Lampu depan mengadopsi multi reflector untuk mendongkrak kemewahannya. Mobil ini sempat mendapatkan facelift minor. Faceliftnya meliputi perubahan desain reflektor lampu (depan dan belakang) serta radiator grille.

Aura mewah tentu perlu didukung mesin besar. Setidaknya pakem inilah yang dipercaya kebanyakan pabrikan dunia saat itu. Toyota tidak lagi menyediakan mesin 1.300 cc ataupun 1.600 cc bagi Corolla. Jantung pacunya mengandalkan unit 1ZZ-FE berkubikasi 1.800 cc dan dilengkapi VVT-i.

Interiornya pun dirancang mewah. Paduan warna krem-kecoklatan tersebar di area kabin. Aksen kayu menghiasi beberapa titik sudut untuk ciptakan suasana berkelas. Fitur kabin mendapatkan panel AC digital serta Hi fi Audio Fujitsu Ten berikut CD Changer. Belum era-nya touchscreen ataupun fitur konektivitas, saat itu pemutar CD-lah yang sedang berjaya.

Corolla Altis (E140)

Corolla Altis

Trah Altis dilanjutkan oleh kedatangan model E140. Bentuk tubuhnya cenderung kekar dan tegas. Desainnya lebih hidup berkat ciptaan visual tiga dimensi di moncongnya. Gayanya menjadi lebih sporty setelah Toyota lakukan facelift.

Saat resmi mengaspal untuk kali pertama pada 2008, Toyota membekali mesin 1.800 cc, memanfaatkan jantung milik E130. Setelah facelift mereka mengandalkan unit 2ZR-FE yang dilengkapi dual VVT-i. Nah, Toyota juga menawarkan opsi mesin yang lebih besar di generasi ini. Mungkin mereka berpikir masyarakat menginginkan mesin yang lebih besar. Pilihan itu jatuh ke Jantung 2.000 cc berkode 3ZR-FE.

Fitur ala mobil mewah pada masa-nya disematkan ke model ini. Diantaranya ada Smart Entry dan Smart Start. Fitur yang memudahkan untuk masuk ke kabin dan menjalankan mobil tanpa anak kunci. Head unitnya terintegrasi di dasbor sehingga memberikan kesan rapi. Semakin berkelas dengan fitur Automatic Climate Control serta panel digitalnya.

Baca Juga: Mazda3 Sedan Vs Toyota Corolla Altis 1.8 V, Mencari Orientasi Paling Tepat

Corolla Altis (E170)

Toyota Corolla Altis side

Versi ke-3 Altis meluncur dengan desain lebih ramping. Toyota memberikan tema Keen Look untuk E170 yang resmi meluncur di awal 2014 ini. Tema desain mengutamakan guratan tajam dan lebih berani. Perhatikan saja wajahnya, gaya lampu berdimensi lebar dan mengangkat di sisi terluar. Bagian buritannya tampil elegan, bak sedan Eropa.

Urusan motor penggerak, Toyota tidak menawarkan opsi lain, selain 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc. Varian 2.000 cc nya absen karena ternyata kurang diminati. Tampaknya konsumen merasa puas dengan keseimbangan efisiensi serta performa mesin 2ZR-FE, sehingga tidak melirik opsi yang lebih bertenaga.

Kelengkapan kabinnya sudah mulai ‘kekinian’. Sarana hiburan dioperasikan melalui Layar sentuh 6.95 inci TFT. Sistem infotainment ini bisa terkoneksi dengan internet serta suguhkan alat navigasi. Konektivitasnya saat itu baru berupa USB, AUX, dan iPod ready.

Penyegaran dilakukan pada 2017 walau tidak terlalu banyak berubah. Wajahnya kian manis dengan mata yang menyipit.

All-new Corolla Altis (E210)

Corolla Altis tipe V

Ini dia Altis yang lahir di era serbaefisien serta ramah lingkungan. Ialah generasi ke -12 dari seluruh keluarga Corolla. Basis pembangunannya berasal dari platform TNGA (Toyota New Global Architecture), yang juga digunakan oleh kendaraan hybrid Toyota. Pemanfaatan platform ini menjadikan model E210 menyandang titel Corolla pertama yang mengadopsi sistem hybrid.

Wujudnya kini mengikuti bahasa global Toyota yang futuristik. Parasnya mengutamakan bukaan kanal udara yang melebar dari bagian tengah ke bawah. Sisi terluar bumper dihiasi bingkai pemanis lampu kabut, berbentuk huruf C. Sorotan matanya tajam dengan rupa yang sipit nan eksotis.

Mesin lama, 2ZR-FE, masih diandalkan sebagai sumber tenaga model teranyar. Tapi kita juga kedatangan keluarga baru berteknologi hybrid, sebagai varian tertingginya. Menggunakan motor bakar konvensional 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc. Secara output memang lebih kecil, hanya 94 hp, namun disandingkan dengan motor listrik bertenaga 72 hp.

Kabinnya serbahitam, mendefinisikan gaya elegan masa kini. Tidak seperti model lawas yang dipenuhi warna krem. AC otomatis dan layar sentuh sudah menjadi standarnya. Selain itu, fitur sarana hiburan ditingkatkan melalui konektivitas smartphone. Fitur-fitur ini memang membuat Corolla semakin naik kelas’, serta menyesuaikan selera konsumen masa kini.

Varian hybridnya dilengkapi peranti keselamatan paling lengkap. Termasuk rem otomatis, adaptive cruise control, lane keeping assist, dan auto beam. Membuktikan kini Altis tak hanya nyaman, namun disematkan teknologi canggih.

Itulah sejarah Corolla yang selalu hadir dengan konsisten selama 48 tahun. Dari masa ke masa terbukti selalu berevolusi menjadi sedan yang semakin nyaman tanpa melupakan reliabilitasnya. Tak hanya di Indonesia, nama ini juga membentuk identitas Toyota hingga terkenal di seluruh dunia. (Krm/Odi)

Baca Juga: Histori Mesin Diesel Mercedes-Benz, Pelopor untuk Mobil Penumpang

Jelajahi Toyota Corolla Altis

  • Tampak Depan Bawah Toyota Corolla Altis
  • Toyota Corolla Altis Reverse Parking Sensors
  • Lampu depan Corolla Altis
  • lampu belakang Corolla Altis
  • Toyota Corolla Altis Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Corolla Altis
  • Pelek Corolla Altis
  • Tampak belakang tengah Corolla Altis
  • Toyota Corolla Altis Front Cross Side View
Toyota Corolla Altis
Rp 566,7 - 620,1 Juta Cicilan : Rp 12,93 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Corolla Altis dari Carvaganza

  • Toyota Rilis Sekaligus Dua Varian Baru GR Corolla, Lebih Fokus ke Performa
    Toyota Rilis Sekaligus Dua Varian Baru GR Corolla, Lebih Fokus ke Performa
    Setyo Adi . 03 Jun, 2022
  • Toyota GR Corolla Lahir Tawarkan Paket Hot Hatch Lebih Ganas dari Yaris
    Toyota GR Corolla Lahir Tawarkan Paket Hot Hatch Lebih Ganas dari Yaris
    Wahyu Hariantono . 04 Apr, 2022
  • Dua Hari Lagi Toyota GR Corolla Meluncur Ramaikan Segmen Hot Hatch
    Dua Hari Lagi Toyota GR Corolla Meluncur Ramaikan Segmen Hot Hatch
    Alvando Noya . 29 Mar, 2022
  • Toyota Corolla Altis Edisi 2022 Meluncur, Semakin Banyak Fitur Canggih
    Toyota Corolla Altis Edisi 2022 Meluncur, Semakin Banyak Fitur Canggih
    Wahyu Hariantono . 08 Feb, 2022
  • Toyota Corolla Altis GR Sport Meluncur di Thailand, Dapat Paket Fitur Canggih TSS
    Toyota Corolla Altis GR Sport Meluncur di Thailand, Dapat Paket Fitur Canggih TSS
    Anindiyo Pradhono . 06 Feb, 2022

Artikel Mobil Toyota Corolla Altis dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Cicilan New Toyota Corolla Altis, TDP Mulai Rp114 Jutaan
    Skema Cicilan New Toyota Corolla Altis, TDP Mulai Rp114 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 10 Okt, 2023
  • Toyota Corolla Altis Mendapat Penyegaran
    Toyota Corolla Altis Mendapat Penyegaran
    Setyo Adi Nugroho . 29 Sep, 2023
  • Simak Harga dan Skema Kredit Toyota Corolla Altis yang Baru Mendapat Penyegaran
    Simak Harga dan Skema Kredit Toyota Corolla Altis yang Baru Mendapat Penyegaran
    Setyo Adi Nugroho . 11 Feb, 2022
  • Bedah 2 Varian New Toyota Corolla Altis 2022, Selisih Harganya Rp 48,8 Juta
    Bedah 2 Varian New Toyota Corolla Altis 2022, Selisih Harganya Rp 48,8 Juta
    Bangkit Jaya Putra . 09 Feb, 2022
  • Sedan Toyota Corolla Altis Mendapat Penyegaran, Jadi Lebih Canggih
    Sedan Toyota Corolla Altis Mendapat Penyegaran, Jadi Lebih Canggih
    Setyo Adi Nugroho . 08 Feb, 2022
  • Pilih Mana, Honda Civic RS Vs Toyota Corolla Altis?
    Pilih Mana, Honda Civic RS Vs Toyota Corolla Altis?
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2021
  • Toyota Corolla Jadi Mobil Paling Laris di Dunia, Leluhurnya Buktikan Bahwa Atraktif Tidak Harus Sempurna
    Toyota Corolla Jadi Mobil Paling Laris di Dunia, Leluhurnya Buktikan Bahwa Atraktif Tidak Harus Sempurna
    Ahmad Karim . 16 Agu, 2021
  • Toyota Corolla Altis Vs Mazda3, Mau Harga Kompetitif atau Fitur Lengkap?
    Toyota Corolla Altis Vs Mazda3, Mau Harga Kompetitif atau Fitur Lengkap?
    Anjar Leksana . 29 Jan, 2021
  • Sedang Cari Sedan, Mending Ambil Camry XV50 Bekas atau Toyota Altis Terbaru?
    Sedang Cari Sedan, Mending Ambil Camry XV50 Bekas atau Toyota Altis Terbaru?
    Anjar Leksana . 01 Des, 2020
  • Kilas Balik Perjalanan Corolla dalam Menciptakan Identitas Toyota di Indonesia (Part-2)
    Kilas Balik Perjalanan Corolla dalam Menciptakan Identitas Toyota di Indonesia (Part-2)
    Ahmad Karim . 04 Okt, 2019
  • Road Test Toyota Corolla Altis: For Adults Only
    Road Test Toyota Corolla Altis: For Adults Only
    Rizki Satria . 10 Mar, 2020
  • First Drive Toyota Corolla Altis Hybrid: Sedan Paket Lengkap?
    First Drive Toyota Corolla Altis Hybrid: Sedan Paket Lengkap?
    Rizki Satria . 10 Okt, 2019