Begini Tampilan CFMoto MT800, Mirip Honda Africa Twin

CFMoto 800

CFMoto bermitra dengan KTM rancang motor bergenre tualang. Model itu diberi nama MT800. Desainnya sudah terkuak dan menyerupai Honda Africa Twin. Namun urusan dapur pacu, memanfaatkan milik KTM 790. Buat yang terus mengikuti perkembangan CFMoto, pasti menyadari kalau mereka memproduksi sepeda motor KTM untuk pasar Asia. Lebih tepatnya, KTM merelokasi penggarapan Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina. Tidak hanya itu, pabrikan sepeda motor asal Tiongkok juga membeli hak atas sejumlah teknologi mesin perusahaan Austria, yang utamanya adalah mesin 790 LC8.

Hasil dari kemitraan itu akhirnya tercipta CFMoto MT800. Unit yang telah jelas terlihat, sama persis dengan spy shot beredar Oktober lalu. Styling-nya lebih mirip motor ADV tradisional dibanding KTM Adventure. Ia tampil serbabaru dan menampilkan gaya yang unik, serta mengusung banyak fitur teknik KTM. Misalnya, rangka, mesin, dan pengaturan suspensi yang sangat mirip dengan 790. Namun bahasa desain MT800 lebih menarik, meski tidak terlalu khas.

Tampang depan sedikit mirip Honda CRF1100 Africa Twin. Pakai windshield besar yang berdiri tegak di atas lampu utama. Bentuk headlamp juga dibuat agresif. Bagian bawahnya diberi sinar tambahan dari foglamp. Pakai setang lebar dan dilengkapi handguard di tiap sisinya. Tangki bahan bakar mengembung padat dan sisi kiri maupun kanan dipasangkan engine guard. Berfungsi melindungi cover tangki dan bagian mesin.

Baca Juga: KTM 250 Adventure Tak Lama Lagi Rilis, Honda CRF250 Rally Punya Rival Kuat

Belum ada kepastian di negara mana bakal dijual. Tapi motor ini terlihat memakai elemen yang diwajibkan di Eropa dan AS. Salah satunya ada komponen reflektor samping pada suspensi depan. Indikasi ini jelas bahwa desain yang telah dibuat ditujukan untuk penjualan global.

Rangkanya mencirikan KTM 790, meski desain swingarm milik CFMoto. Tampaknya punya ukuran lebih panjang dari pada yang digunakan KTM. Jarak sumbu roda si adventure Cina lebih panjang dari 790 Adventure, meningkat dari 59,4 inci menjadi 60,3 inci.

CFMoto 800

Untuk mesin, dapat diasumsikan bahwa iterasi KTM 790 LC8 akan menggerakkan mesin ini. Mungkin di-tweak dengan performa yang berbeda. Secara spesifikasi, ia berarti menggendong mesin berkubikasi 799 cc, DOHC, parallel twin, berpendingin cairan dengan 6 percepatan. Diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 Hp pada 8.000 rm dan torsi 88 Nm pada 6.600 rpm. Dalam hal intake dan knalpot, diharapkan MT800 menjadi pemain yang cukup baik, terutama jika datang dengan label harga yang menarik. Terlebih bila dirinya sudah menyandang status lolos uji emisi Euro 5.

Baca Juga: Triumph, Kawasaki dan KTM Luncurkan Produk Global Berbarengan

Meskipun bergaya tualang, kaki-kaki MT800 sangatlah berbeda dengan KTM 790 maupun 890 Adventure. Ia memiliki desain yang lebih berorientasi pada jalan raya. Rodanya berdiameter lebih kecil, dengan bagian depan 19 inci dan belakang 17 inci. Masing-masing dibalut dengan ban 110/80 dan 150/70. Sementara saudara dari Austria pakai ring 21 inci depan dan 18 inci belakang. CFMoto tampaknya punya bobot lebih berat, yakni 203 kg.

Seiring pilihan bagasi, motor ini hendak dijual dalam dua varian model yang berbeda. Versi jalan raya yang dilengkapi dengan cast wheels dan bagian bawah mesin terbuka. Sedang model satu lagi lebih berani dengan menggunakan roda ruji. Ukurannya sama, tapi ditambah komponen pelat aluminium untuk melindungi knalpot dan casing mesin bawah. Suspensi dan rem dibuat serupa, termasuk kaliper radial-mount dan Bosch 9.1MP ABS.

MT800 bukan satu-satunya model hasil kerja sama CFMoto dengan KTM yang diharapkan dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan Cina itu juga telah mengumumkan motor jenis tourer bermesin 1.250 cc. Unit menggunakan versi mesin V-twin KTM yang telah dimodifikasi. Dan presentasi investor KTM awal tahun ini mengatakan bahwa CFMoto bakal ditugaskan untuk membuat berbagai model KTM 750 cc untuk pasar global. Termasuk 750 Duke, 750 Adventure, dan 750 Supermoto T. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Cycle World, Living with Gravity

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023