Bocoran Honda CRF190L, Motor Adventure Entry Level Berwajah Africa Twin

Honda CRF190L

Sundiro Honda Motorcycle Co, LTd (Sundiro Honda) sedang siapkan motor adventure baru. Kelak akan bermain di entry level sebagai kasta terendah motor tualang pabrikan. Bocorannya lagi ramai di media sosial. Memperlihatkan secara gamblang desain utama yang banyak kemiripan dengan dengan Honda CRF1000L Africa Twin.

Dari gambar terlihat jelas arah desain bernuansa adventure rally dakar. Karakternya dari setang model tinggi serta melebar, dan terpasang windscreen besar. Ciri selanjutnya adalah jarak main suspensi depan yang lebih dibuat sedikit panjang. Kemudian komposisi joknya juga dibuat menyatu, lagi-lagi mirip Africa Twin dan Honda CRF250 Rally. Tapi jujur saja, desain fascia dari motor yang diduga CRF190L ini punya tampilan lebih menarik.

Fasadnya mengikuti paten dari motor rally. Area bodi depan juga terlihat 'pesek' mengingatkan kita desain dari KTM 790 Adventure. Buka cuma itu, hadir pula komponen shroud yang mempertegas tampilan garangnya. Sementara untuk area kaki-kaki, haluan depan masih terlihat menggunakan model suspensi teleskopik yang dipadukan dengan monoshock di bagian belakang. Adapun untuk kedua rodanya mengaplikasikan model velg jari-jari dan ban dual purpose.

Baca Juga: Sudah Beredar di India, Akankah Honda CB200X Masuk Sini?

 

Berbagi Mesin 190 cc

Honda CRF190L

Di pasar otomotif Tiongkok, Honda memiliki beberapa line-up motor berkubikasi mesin 190 cc. Misalnya Honda CB190R, Honda CBF190R, sampai CBF190X. Ketiga motor ini memakai jantung pacu yang sama, jika ada perbedaan diferensiasinya hanya di besaran output yang tentu diselaraskan dengan tampilan.

Wajar jika Honda CRF190L akan dibenamkan mesin serupa. Rangka berjenis teralisnya itu diharapkan menggendong mesin 184 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya bisa menyentuh 16 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak mencapai 15,4 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm

Peluang motor ini masuk jalur produksi pun sangat besar, mengingat permintaan segmen motor adventure semakin populer. Ditambah secara posisi motor ini akan mengisi segmen entry level, namun secara tampilan kental sebuah motor sport berkubikasi mesin besar.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut soal banderol. Namun bisa diterka mirip dengan tipe motor 190 cc Honda lainnya yang dijual mulai Rp30 sampai Rp36 jutaan. Menarik juga untuk membahas potensi kehadirannya di Indonesia. Ya setidaknya bisa mengisi celah atau pilihan baru di antara Honda CRF150L dan Honda CRF250 Rally. (Kit/Odi)

 

Sumber: Greatbiker

Baca Juga: Honda CRF1100L Africa Twin 2022 Bersolek dengan Grafis Baru

Jelajahi Honda CRF150L

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda Vario 150
    Honda Vario 150
  • Honda PCX
    Honda PCX
  • Honda Beat
    Honda Beat

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Off Road

  • Yang Akan Datang