Detail Lengkap Dua Varian Yamaha Gear 125, Mana yang Direkomendasikan?

Yamaha Gear variant

Yamaha Gear 125 hadir dalam dua varian: Standard dan S Version. Tipe paling dasar sebetulnya hanya minus beberapa fitur. Sebut saja Stop & Start System (SSS) dan remote tambahan berpelengkap Answer Back System. Sementara keduanya hanya dapat ditemui pada Gear 125 S Version saja.

Khusus perangkat penyala-mati mesin di versi atas ini bisa ditemui pada setang sebelah kanan. Mesin bakal mati otomatis saat berada dalam kondisi idle 3-5 detik. Lantas tinggal puntir gas saja untuk menyalakannya. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan setiap penggunaan bahan bakarnya. Dengan catatan, fitur SSS aktif (On). Sementara fitur pemanggil, bisa dimanfaatkan ketika mencari posisi motor di parkiran.

Perbedaan lanjutan dari keduanya terdapat pada pemilihan warna. Walau menjadi tipe termurah, kesan atraktif tersaji pada tubuh Gear 125 Standard lantaran menggunakan decal baik di cover bodi depan maupun samping. Pemilihan warnanya pun dibuat apik agar menggoda untuk kawula muda. Kelirnya sendiri tersedia dalam lima opsi, meliputi: Matte Silver, Metallic Grey, Metallic Red, Metallic White dan Matte Greenish.

Baca Juga: Yamaha Gear 125 Meluncur, Skutik Murah Dibanderol Mulai Rp 16 Jutaan

Yamaha Gear 125

Segmentasi mengarah maturitas justru tampak pada Yamaha Gear 125 S Version. Penyajiannya pun lebih elegan karena keseluruhan tubuhnya tanpa balutan stripe. Lantas mengenai warna, hanya ada dua pilihan yaitu Prestige Silver dan Matte Red. Pada akhirnya terdapat selisih harga antar keduanya. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menetapkan harga jual Gear 125 S Version Rp 17,35 juta. Lebih mahal Rp 600 ribu dari Gear 125 Standard berbanderol Rp 16,75 juta (on the road Jakarta).

Ada baiknya Anda mengambil tipe termahal. Toh, gap harga ini tentunya tak akan terasa jika pembeliannya dilakukan secara kredit. Nilai utama memiliki skutik irit pun rasanya dapat dilakoni dengan memilih Gear 125 S Version. Kendati begitu, optimasi penggunaan bahan bakar bukannya tak dapat ditemui pada Gear 125 basic. Toh, baik tipe Standar maupun atas sudah menggunakan mesin 125 cc terbaru. Selain berteknologi Bluecore, tersemat pula Smart Motor Generator (SMG) agar proses menyalakan mesin (starter) halus. Ditambah lagi tangki bensin yang sama-sama punya kapasitas 4,2 liter.

Mesin SOHC berkapasitas 125 cc kepunyaannya punya racikan bore x stroke: 52,4 x 57,9 mm dan kompresi 9,5:1. Tenaga dan torsi dikail masing-masing 9,38 Hp/8.000 rpm dan 9,5 Nm/5.500 rpm. Sedikit perbedaan mungkin saja terasa pada impresi kala menempuh akselerasi, karena Gear 125 S Version (96 kg) punya bobot 1 kg lebih berat ketimbang Gear 125 Standard (95 kg).

Baca Juga: Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT Model 2021, Versi Touring MT-09

Yamaha Gear 125

Selebihnya sama, kedua varian mengadopsi desain terbaru ala Yamaha. Sekilas tampak sama dengan Mio S. Namun diberikan pembeda terutama bagian tebeng. Tarikan tubuh milik Gear 125 jauh lebih besar dan dibuat meruncing ke arah lampu utama. Wajar lantaran bagian ini juga diisi oleh lampu sein jenis bohlam. Sementara penajaman tadi leluasa dilakukan karena Gear 125 punya desain lampu utama berbeda.

Kemudian, penerangan Gear 125 lebih atraktif. Menggunakan kombinasi sepasang low beam dan sebuah high beam, plus lampu senja berupa bohlam. Kesan itu pun lantas diselaraskan oleh penggunaan model cover setang nan sporty. Hal itu pun terus mengalir ke bodi samping. Toh, pahatan ranah ini berbeda jauh dari skutik murah Yamaha lainnya. Bisa dikatakan menganut sedikit DNA milik All New Yamaha NMax. Termasuk pula lampu belakang. Walau begitu, pendaran lampu rem beserta sinyal belok masih bohlam.

Hal unik ditawarkan Yamaha Gear 125 melalui jargon 'Matic Multiguna'. Akomodasi untuk membawa barang disajikannya lewat desain dek cukup luas. Lalu tersedia pula double hook. Jika pun bawaannya berlebih, Yamaha menyediakan foot step tambahan di sana. Tapi demi keselamatan, ada baiknya tak menggunakan item ini. Pasalnya membuat kaki Anda tak terlindung selama berkendara. Kapabilitas untuk menampung barang lain pun bisa dilakukan oleh konsol di bawah setang dengan kelengkapan power outlet. Lalu bisa juga memanfaatkan bagasi di bawah jok.

Cocok untuk penggunaan komuter. Apalagi dengan tubuh kompak yang disertai posisi berkendara ergonomis. Untuk informasi, secara keseluruhan dimensi skutik ini adalah 1870 X 685 X 1060 mm (P x L x T). Ketinggian tempat duduknya 750 mm dengan komposisi kolong (ground clerance) 135 mm. Namun, jangan berharap lebih ihwal pengereman. Penghenti laju roda depan cuma berbekal cakram. Sementara belakang hanya berupa teromol. Pun perlengkapan peredam kejut - teleskopik di depan dan suspensi tunggal di belakang. Umum ditemui pada skutik murah. Tapi menjadi solutif karena Gear 125 sudah menggunakan ban jenis tubeless ukuran 80/80-14 dan 100/70-14 (depan-belakang). (Ano/Odi)

Baca Juga: Begini Spesifikasi Yamaha Gear 125, Rival Terbaru Honda Beat

Jelajahi Yamaha Gear 125

  • Samping kanan Yamaha Gear 125
  • Tampak belakang serong Yamaha Gear 125
  • Tampak depan Yamaha Gear 125
  • Tampak belakang Yamaha Gear 125
  • Samping Kiri Yamaha Gear 125
  • Mesin Yamaha Gear 125
  • Power outlet Yamaha Gear 125
  • Lampu depan Yamaha Gear 125
  • Ruang kaki Yamaha Gear 125
  • Tampak belakang Yamaha Gear 125
  • Tampak belakang kanan serong Yamaha Gear 125
Yamaha Gear 125
Rp 16,75 - Rp 17,5 Juta Cicilan : Rp 382.175

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha FreeGo
    Yamaha FreeGo
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang