Diskon Honda CBR250RR Masih Berlanjut, Potongan Lebih dari Rp 8 jutaan

Honda CBR250RR

Wahana Honda meneruskan program diskon CBR250RR periode Januari 2021. Hal ini merupakan lanjutan dari advertensi pengujung 2020 yang dimulai dari Oktober-Desember. Menariknya, tak ada perubahan skema. Konsumen kredit maupun tunai berkesempatan langsung dapat korting Rp 8,25 juta.

Mekanismenya sederhana. Potongan diskon tak berarti Anda mendapatkan voucher aksesori atau lainnya. Murni memangkas harga jual. Untuk pembelian tunai, semisal memboyong varian STD Black Freedom seharga Rp 62,4 juta OTR Jakarta, cukup bayar Rp 54,15 juta. Nominal itu sudah termasuk pajak dan surat menyurat. Tinggal bawa pulang.

Sementara pembeli kredit sebetulnya punya mekanisme mirip. Harga OTR yang diberikan dipangkas terlebih dulu, baru dikalkulasi dengan pilihan uang muka dan cicilan per bulan. Sejauh ini Wahana menyantumkan down payment minimal sebesar Rp 10 juta. Lantas jangka waktu bisa mencapai 35 bulan.

Untuk informasi, diskon hanya berlaku bagi konsumen umum. Tidak diperkenankan pembelian atas nama perusahaan (Perseroan Terbatas) atau instansi. Meskipun unit yang dibeli hanya satu. Dan kalau sudah mengambil promo ini, Anda tidak diperbolehkan mengambil program lain baik aplikasinya di motor jenis lain.

Baca Juga: Silincer Knalpot Honda RC213V Milik Marc Marquez Dijual Terbatas

Sayang di laman resmi diler tak disebut jelas tipe CBR mana saja berhak masuk program. Mereka hanya menyantumkan kode tipe EK0, EKA, EKC, EL0, ELA, ELB, ELC, ELD, EKK, EKH, EK2, EKJ, ELH, EL2, ELJ. Yang kemungkinan besar menunjukkan tahun produksi serta beberapa varian. Juga, tak dikatakan jelas bahwa seri Quick Shifter mendapat potongan atau tidak. Sila konfirmasi lebih lanjut untuk mengetahuinya.

First Ride Honda CBR250RR SP

Ada Tiga Varian Utama CBR250RR

Bagi yang belum tahu, Honda CBR250RR saat ini dibagi dalam tiga varian utama. Bukan hanya beda kelengkapan fitur atau perangkat pengaman. Bahkan ada diferensiasi dapur pacu. Ya, kehadiran seri SP Quick Shifter kemarin ikut merevisi jantung. Alhasil beredar dua jenis mesin meski tak berubah wujud.

Seri STD seharga Rp 61,6 juta – Rp 66,1 juta OTR Jakarta, masih sama dengan generasi lama. Ia menggendong mesin paralel twin injeksi, 249,7 cc delapan katup. Mengail tenaga sebesar 38,1 hp/ 12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm/ 11.000 rpm. Untuk terjemahan ke roda belakang masih memakai transmisi manual 6-speed konvensional. Tidak ada slipper clutch, apalagi quick shifter.

Namun perihal kecanggihan lain sama saja. CBR sudah lama mengadopsi sistem throttle-by-wire, yang tak satupun kompetitor memilikinya. Baik Yamaha R25 atau Kawasaki Ninja 250 dua silinder masih mengandalkan tuas gas konvensional.

Karenanya CBR bisa memiliki mode mengendara. Karakter dan respons tenaga bisa disesuaikan dalam tiga tahap. Paling santai Comfort, Sport untuk gaya berkendara moderat, sementara Sport Plus paling agresif. Cara menggantinya mudah. Cukup dengan menekan tombol di belakang saklar kiri, ECU langsung membaca pesan itu. Tapi jangan lupa, tiap perpindahan perlu menutup gas lebih dulu.

Baca Juga: Gara-gara Las di Tangki Bahan Bakar, Honda CFR1100L Africe Twin di-Recall

Area kaki-kaki boleh dibilang juga optimal. Di depan sudah memakai fork upside down berdiameter besar. Sementara belakangnya ditopang monoshock yang bisa disetel, dipadukan swing arm berbahan aluminium. Bicara kelengkapan lain, di dalam panel instrumen bisa dibilang menyajikan informasi komplet.

Lanjut ke seri SP, seharga Rp 72,7 – Rp 73,3 juta OTR Jakarta, bakal terlihat banyak perbedaan. Ia merupakan generasi baru CBR250RR yang punya mesin dan teknologi sama dengan seri Quick Shifter. Bedanya cuma satu, tanpa elektronik pemindah gigi cepat.

Jeroan mesin banyak revisi. Bagian atas piston, atau disebut dom diubah. Karena itu kompresinya naik jadi 12:1, sebelumnya 11,5:1. Berbeda lagi di bagian bawah piston, justru dikurangi supaya meminimalisir gesekan. Area bawah silinder juga dicoak, sehingga saat langkahnya memompa tekanan terbuang ke samping dan makin bagus. Komponen-komponen tadi baru yang utama. Di samping itu, pendukungnya ikut kena revisi. Mulai dari crankshaft, pin piston, serta per klep disesuaikan guna mengoptimalisasi kinerja piston baru.

Maka dari itu ekstraksi mesin 250 cc DOHC dua silinder segaris tereskalasi. Outputnya menjadi 40,2 Hp keluar di 13.000 rpm, naik 2 Hp dari sebelumnya 38,2 Hp/12.500 rpm. Torsinya pun terdongkrak jadi 25 Nm pada 11.000 rpm, alias meningkat 1,7 Nm. Translasi tenaga tadi diklaim membuat CBR bisa menuntaskan jarak 0-200 meter dalam 8,65 detik. Sementara kecepatan puncak disebut menyentuh 172 kpj.

Barulah masuk area girboks. Transmisi manual enam percepatan lama sebetulnya masih dipertahankan. Platformnya kurang lebih serupa. Namun, sesuai yang mereka gaungkan, kini proses perpindahan gigi dibantu perangkat elektronik canggih ala motor balap. Boleh dibilang hal ini membuatnya berhasil menyandang status sport fairing seperempat liter dua piston terlengkap. Sebab tak satupun rival sanggup menawarkan assist dan slipper clutch.

Terakhir, trim SP Quick Shifter dibanderol Rp 3 jutaan lebih mahal. Tepatnya Rp 76,7 juta – Rp 77,7 juta. Satu-satunya pembeda dari SP standar hanyalah perangkat pemindah gigi cepat. Untuk informasi saja, penggunaannya cukup fleksibel. Bisa diaktifkan untuk upshift atau downshift saja, dinyalakan keduanya, atau bahkan dimatikan sama sekali. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Masih Segar Bugar, Segini Pasaran Harga Honda Beat 2020 Bekas di Pengujung Tahun

Jelajahi Honda CBR250RR

  • Tampak belakang serong Honda CBR250RR
  • Tangki BBM Honda CBR250RR
  • Mesin Honda CBR250RR
  • Ban depan Honda CBR250RR
  • Lampu depan Honda CBR250RR
  • Knalpot Honda CBR250RR
  • Jok Honda CBR250RR
Honda CBR250RR
Rp 63,96 - 76,16 Juta Cicilan : Rp 1,46 Juta

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Honda CBR250RR dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Rider AHRT Dominasi Podium Tertinggi di Seri Perdana Kejurnas Mandalika
    Rider AHRT Dominasi Podium Tertinggi di Seri Perdana Kejurnas Mandalika
    Zenuar Yoga . 06 Mar, 2023
  • Modifikasi Simpel New Honda CBR250RR SP QS ala Anak Sunmori
    Modifikasi Simpel New Honda CBR250RR SP QS ala Anak Sunmori
    Zenuar Yoga . 11 Okt, 2022
  • Honda Tawarkan Aksesori Resmi New CBR250RR, Dijual Mulai Rp50 ribuan
    Honda Tawarkan Aksesori Resmi New CBR250RR, Dijual Mulai Rp50 ribuan
    Zenuar Yoga . 21 Sep, 2022
  • Skema Kredit Seluruh Varian New Honda CBR250RR, Ini Besaran DP dan Cicilannya
    Skema Kredit Seluruh Varian New Honda CBR250RR, Ini Besaran DP dan Cicilannya
    Bangkit Jaya Putra . 20 Sep, 2022
  • Honda CBR250RR Facelift Meluncur, Simak Detail Ubahan dan Spesifikasinya
    Honda CBR250RR Facelift Meluncur, Simak Detail Ubahan dan Spesifikasinya
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2022
  • Pilihan Motor Hobi, Honda CBR250RR SP QS Tricolor atau CRF250L?
    Pilihan Motor Hobi, Honda CBR250RR SP QS Tricolor atau CRF250L?
    Zenuar Yoga . 26 Mei, 2023
  • Uji Dua Sport Fairing 250cc, Kawasaki Ninja ZX-25R Vs Honda CBR250RR SP Quick Shifter
    Uji Dua Sport Fairing 250cc, Kawasaki Ninja ZX-25R Vs Honda CBR250RR SP Quick Shifter
    Helmi Alfriandi . 29 Des, 2020
  • Komparasi Yamaha New YZF-R25 dengan Honda CBR250RR, Mana Lebih Unggul?
    Komparasi Yamaha New YZF-R25 dengan Honda CBR250RR, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 08 Mei, 2020
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • First Ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter (Part-2): Layak Menjadi Pemimpin Kelas
    First Ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter (Part-2): Layak Menjadi Pemimpin Kelas
    Helmi Alfriandi . 26 Agu, 2020
  • First Ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter (Part-1): Pembuktian Jargon Total Control
    First Ride Honda CBR250RR SP Quick Shifter (Part-1): Pembuktian Jargon Total Control
    Helmi Alfriandi . 25 Agu, 2020