Honda CB1100 Series Edisi Salam Perpisahan Diproduksi Terbatas

Honda CB1100 EX RS

Honda bakal mengakhiri kiprah CB1100 Series. Informasi itu terkuak setelah twitter resmi mereka memposting salam perpisahan. Menggambarkan pengendara sedang mendorong CB1100 EX keluar dari garasi. Lalu ditambah teks “CB1100 EX/CB1100 RS Final Edition Coming soon”.

Benar saja, untuk mengakhiri itu semua Honda mengeluarkan CB1100 series 2022 Final Edition. Terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS. Keduanya bakal menjadi unit terakhir mesin empat silinder berpendingin udara dari pabrikan ‘sayap kepak’. Honda Taiwan pun juga resmi mengumumkan Honda CB1100 RS Final Edition 2021. Kembali menegaskan berakhirnya era mesin berpendingin udara berkapasitas besar, yang tidak lagi memenuhi berbagai persyaratan emisi di pasar di seluruh dunia. Sementara untuk Honda Jepang baru resmi merilis pada 8 Oktober 2021 dan mulai tersedia di diler 28 Oktober 2021.

Honda CB1100 Series Final Edition

Lantaran regulasi emisi ketat di Eropa dan Amerika Serikat, Jepang menjadi negara terakhir untuk CB1100 series. Pihaknya mengatakan bahwa pemesanan untuk model Final Edition ditutup pada 30 November, dan mungkin lebih awal jika permintaan tidak sesuai harapan. Secara total, perusahaan berencana hanya membuat 1.600 unit.

Versi EX mendapat dua skema warna, Candy Chromosphere Red yang menggunakan warna merah tua, dan Darkness Black Metallic dengan menonjolkan tampilan dasarnya. Pada tangkinya diberikan list retro. Fender depan dan belakang berlapis krom untuk meningkatkan kesan tradisional. Khusus di tipe ini menggunakan pelek model ruji.

Baca Juga: Honda CB500 Series Model 2022 Dapat Perubahan Suspensi

 

Honda CB1100 Series Final Edition

CB1100 RS Final Edition hadir dalam dua warna yang melengkapi gaya naked sport. Matte Jeans Blue Metallic yang memiliki kesan modern dengan memadukan jok berwarna cokelat dan velg depan serta belakang berkelir cokelat keemasan. Lalu ada Magna Red menggunakan kombinasi jok hitam dengan kedua roda dicat sama.

Perbedaan antara keduanya tampak di ukuran roda, model stang, shock ganda belakang, serta warna di beberapa komponen. EX lebih mencerminkan kesan klasik, sedang RS kental dengan nuansa modern. Buat komponennya masing-masing punya bekal yang sama. Rem radial Tokico, swingarm alloy, suspensi Showa dan semua versi memiliki stiker 'Edisi Terakhir' di atas tangki bahan bakar dan grafis baru.

Honda CB1100 Series Final Edition

Sementara buat jantung mekanis mengandalkan enjin 1.140 cc DOHC, 4-tak, 4-katup, 4-silinder segaris dan mengusung teknologi injeksi PGM-Fi. Ia mampu memberikan tenaga maksimum 88 Hp/7.500 rpm dan torsi 91 Nm/5.500 rpm. Powernya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

Honda CB1100 EX Final Edition dibanderol 1.362.900 yen (Rp170 jutaan). Sementara RS Final Edition 1.403.600 yen (Rp175 jutaan). Kedua harga itu belum termasuk pajak atau off the road di Jepang. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: AHM Beri Penyegaran Honda CB500X, Harga Kini Mendekati Brio RS CVT

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Anjar Leksana . 01 Des, 2025
  • All New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Sekarang Punya Varian Street
    All New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Sekarang Punya Varian Street
    Setyo Adi Nugroho . 01 Des, 2025
  • Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
    Honda CRF1100L Africa Twin Tampil dengan Warna Baru
    Zenuar Yoga . 20 Nov, 2025
  • Penyegaran Warna Honda Scoopy Hadirkan Tampilan Makin Stylish
    Penyegaran Warna Honda Scoopy Hadirkan Tampilan Makin Stylish
    Zenuar Yoga . 17 Nov, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025