Honda NT1100 Dirilis, Opsi Kalau Gold Wing Kemahalan

2022 Honda NT1100

Honda pernah menghentikan VFR1200F karena pengetatan peraturan emisi 2017 lalu. Satu model sport-tourer pun hilang menyisakan Gold Wing yang punya harga mahal. Namun pabrikan tak tinggal diam dan terus melakukan pengembangan. Hingga akhirnya melahirkan NT1100 2022 sebagai opsi sport-tourer lebih terjangkau. 

Motor ini dibuat untuk mereka yang menginginkan kenyamanan tingkat tinggi, teknologi canggih, dan performa mumpuni dipakai touring serta label harga yang masuk akal. Ya, di Inggris, Honda NT1100 dijual seharga £11.999 MSRP (Rp231 jutaan) buat tipe standar dan £12.999 (Rp250 jutaan) untuk model DCT. Banderol itu lebih murah £ 1.000 dari pada Africa Twin 1100 standar.

2022 Honda NT1100

Kala membahas jantung mekanisnya, sesuai dugaan sejak dirumorkan. Ditenagai oleh mesin kembar paralel 1.084cc SOHC, 8-katup, berpendingin cairan dari Africa Twin. Namun pabrikan merevisi ulang intake dan knalpotnya. Efeknya ada sedikit penurunan torsi tapi akselerasinya jadi lebih halus. Ia dapat menghasilkan power 101 Hp pada 7.250 rpm dan torsi 103 Nm di 6.250 rpm. Sama seperti saudaranya, NT1100 juga hadir dalam trim standar dan DCT. Transmisi semi-otomatis Honda tentu cocok untuk perjalanan jarak jauh.

NT1100 juga membawa rangka baja dan subframe aluminium dari Africa Twin, tetapi suspensi dan tentu saja bodywork mendapat penyesuaian. Peredam kejut mengandalkan upside down SFF-BP dari Showa 43mm dan belakang pakai merek yang sama dengan penyesuaian preload pegas hidrolik. Suspensi depan jauh lebih pendek 150 mm dengan travel 5,9 inci dan menggunakan roda 17 inci, bukan kombinasi 21 dan 18 inci. Hasilnya ketinggian kurs menjadi 820 mm atau lebih rendah satu inci dibanding saudaranya.

Baca Juga: Honda CRF1100L Africa Twin 2022 Bersolek dengan Grafis Baru

 

2022 Honda NT1100

Dengan wheelbase 1.535 mm dan sudut kemudi 26,5 derajat, Honda mengklaim penanganan untuk mengontrol motor jadi lebih mudah dan cepat. Dengan bobot 238 kg, ia sama menyenangkan seperti Africa Twin.

Perangkat deselerasi dibekali cakram ganda 310 mm dengan kaliper empat piston yang diapsang radial di depan. Di bagian belakang punya bekal cakram 256 mm yang dikawinkan piston tunggal, berikan daya henti yang mengesankan. Meski sudah ABS, tidak ada sistem elektronik terhubung dengan pengereman.

Mengingat touring adalah tujuannya, NT dibungkus dengan bodywork yang mengesankan. Gunakan windshield dengan lima pengaturan posisi yang dirancang untuk mengalihkan udara ke atas dan di sekitar pengendara. Walau berupa half fairing, pabrikan mengklaim dapat membelokkan udara di sekitar pengendara. Untuk mendukung kenyamanan touring diberikan pannier, cruise control, standar tengah dan pegangan berpemanas sebagai standar.

2022 Honda NT1100

Peranti elektronik yang dibawa masih serupa Africa Twin. Memiliki alat bantu keselamatan termasuk wheelie control dan traction control tiga tingkat, dan Cornering ABS. Ada juga throttle by wire yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengiriman daya. Terdiri dari Urban, Tour, Rain, dan dua mode custom yang dapat disesuaikan pengguna.

NT1100 juga hadir dengan dua layar bertumpuk, sama seperti Africa Twin. Atasnya layar TFT 6,5 inci yang mencakup Apple CarPlay dan Android Auto serta tiga mode tampilan. Navigasi, music dan konektivitas Bluetooth juga terdapat di situ. Bawahnya ada beberapa indikator dan mengenai kondisi motor.

Sesuai tampilan NT1100 yang tenang, pilihan warna awal terdiri dari matte iridium grey metallic, pearl glare white dan graphite black. Untuk pasar Inggris, ia mulai ada di diler pada awal Januari, dengan pengiriman ke pelanggan diperkirakan menyusul pada Februari atau Maret 2021. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Honda CB1100 Series Edisi Salam Perpisahan Diproduksi Terbatas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023