Honda NT1100 Dirilis, Opsi Kalau Gold Wing Kemahalan

2022 Honda NT1100

Honda pernah menghentikan VFR1200F karena pengetatan peraturan emisi 2017 lalu. Satu model sport-tourer pun hilang menyisakan Gold Wing yang punya harga mahal. Namun pabrikan tak tinggal diam dan terus melakukan pengembangan. Hingga akhirnya melahirkan NT1100 2022 sebagai opsi sport-tourer lebih terjangkau. 

Motor ini dibuat untuk mereka yang menginginkan kenyamanan tingkat tinggi, teknologi canggih, dan performa mumpuni dipakai touring serta label harga yang masuk akal. Ya, di Inggris, Honda NT1100 dijual seharga £11.999 MSRP (Rp231 jutaan) buat tipe standar dan £12.999 (Rp250 jutaan) untuk model DCT. Banderol itu lebih murah £ 1.000 dari pada Africa Twin 1100 standar.

2022 Honda NT1100

Kala membahas jantung mekanisnya, sesuai dugaan sejak dirumorkan. Ditenagai oleh mesin kembar paralel 1.084cc SOHC, 8-katup, berpendingin cairan dari Africa Twin. Namun pabrikan merevisi ulang intake dan knalpotnya. Efeknya ada sedikit penurunan torsi tapi akselerasinya jadi lebih halus. Ia dapat menghasilkan power 101 Hp pada 7.250 rpm dan torsi 103 Nm di 6.250 rpm. Sama seperti saudaranya, NT1100 juga hadir dalam trim standar dan DCT. Transmisi semi-otomatis Honda tentu cocok untuk perjalanan jarak jauh.

NT1100 juga membawa rangka baja dan subframe aluminium dari Africa Twin, tetapi suspensi dan tentu saja bodywork mendapat penyesuaian. Peredam kejut mengandalkan upside down SFF-BP dari Showa 43mm dan belakang pakai merek yang sama dengan penyesuaian preload pegas hidrolik. Suspensi depan jauh lebih pendek 150 mm dengan travel 5,9 inci dan menggunakan roda 17 inci, bukan kombinasi 21 dan 18 inci. Hasilnya ketinggian kurs menjadi 820 mm atau lebih rendah satu inci dibanding saudaranya.

Baca Juga: Honda CRF1100L Africa Twin 2022 Bersolek dengan Grafis Baru

 

2022 Honda NT1100

Dengan wheelbase 1.535 mm dan sudut kemudi 26,5 derajat, Honda mengklaim penanganan untuk mengontrol motor jadi lebih mudah dan cepat. Dengan bobot 238 kg, ia sama menyenangkan seperti Africa Twin.

Perangkat deselerasi dibekali cakram ganda 310 mm dengan kaliper empat piston yang diapsang radial di depan. Di bagian belakang punya bekal cakram 256 mm yang dikawinkan piston tunggal, berikan daya henti yang mengesankan. Meski sudah ABS, tidak ada sistem elektronik terhubung dengan pengereman.

Mengingat touring adalah tujuannya, NT dibungkus dengan bodywork yang mengesankan. Gunakan windshield dengan lima pengaturan posisi yang dirancang untuk mengalihkan udara ke atas dan di sekitar pengendara. Walau berupa half fairing, pabrikan mengklaim dapat membelokkan udara di sekitar pengendara. Untuk mendukung kenyamanan touring diberikan pannier, cruise control, standar tengah dan pegangan berpemanas sebagai standar.

2022 Honda NT1100

Peranti elektronik yang dibawa masih serupa Africa Twin. Memiliki alat bantu keselamatan termasuk wheelie control dan traction control tiga tingkat, dan Cornering ABS. Ada juga throttle by wire yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengiriman daya. Terdiri dari Urban, Tour, Rain, dan dua mode custom yang dapat disesuaikan pengguna.

NT1100 juga hadir dengan dua layar bertumpuk, sama seperti Africa Twin. Atasnya layar TFT 6,5 inci yang mencakup Apple CarPlay dan Android Auto serta tiga mode tampilan. Navigasi, music dan konektivitas Bluetooth juga terdapat di situ. Bawahnya ada beberapa indikator dan mengenai kondisi motor.

Sesuai tampilan NT1100 yang tenang, pilihan warna awal terdiri dari matte iridium grey metallic, pearl glare white dan graphite black. Untuk pasar Inggris, ia mulai ada di diler pada awal Januari, dengan pengiriman ke pelanggan diperkirakan menyusul pada Februari atau Maret 2021. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Honda CB1100 Series Edisi Salam Perpisahan Diproduksi Terbatas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • United E-Motor Berikan Diskon Menarik di JFK 2025
    United E-Motor Berikan Diskon Menarik di JFK 2025
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Cari Skuter Classic, WMoto Velora 150 Dijual Lebih Murah dari Vespa
    Cari Skuter Classic, WMoto Velora 150 Dijual Lebih Murah dari Vespa
    Anjar Leksana . 02 Jul, 2025
  • Fazzio Modifest Bali 2025: Gen Z Tunjukkan Kreativitas Modifikasi Skuter di Bawah Rp1 Juta
    Fazzio Modifest Bali 2025: Gen Z Tunjukkan Kreativitas Modifikasi Skuter di Bawah Rp1 Juta
    Zenuar Yoga . 01 Jul, 2025
  • MotoGP Belanda 2025: Marc Marquez Mendominasi di Assen, Alex Marquez Alami Nasib Buruk
    MotoGP Belanda 2025: Marc Marquez Mendominasi di Assen, Alex Marquez Alami Nasib Buruk
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Oli Baru Yamalube Power XP Matic Rilis di Jakarta Fair 2025, Cek Keunggulannya
    Oli Baru Yamalube Power XP Matic Rilis di Jakarta Fair 2025, Cek Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 29 Jun, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025