Kenali Beda Paling Signifikan antara Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

beda raize dan rocky

SUV kecil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi meluncur di Indonesia. Produk kelima hasil kolaborasi dua pabrikan raksasa Jepang, diyakini bakal menyedot minat konsumen Tanah Air. Desain eksterior nan atraktif menjadi modal, selain dilengkapi ragam fitur mutakhir. Banderolnya bermain di Rp200 jutaan tapi dilengkapi peranti keselamatan premium.

Kita sudah tahu produk hasil Toyota-Daihatsu tidak ada yang sama persis. Pasti ada pembeda meski mereka keluar dari satu pabrik. Tentu punya ciri desain masing-masing, kelengkapan pun tidak persis semua. Lalu posisi harga juga dibedakan. Biasanya produk Toyota sedikit lebih mahal dari Daihatsu. Diferensiasi semacam itu terus terjadi hingga Raize dan Rocky. Sebelum membahas lebih dalam, pastinya banyak sekali persamaan.

Raize dan Rocky berbasiskan sasis baru Daihatsu New Global Architecture). Platform anyar untuk model-model terbaru kelak, sekaligus juga perkenalan di pasar sini. Menggendong dua mesin baru yang salah satunya benar-benar belum pernah ada. Yaitu mesin 3-silinder 1,2-liter dengan kode WA-VE. Sayang belum keluar. Dijadwalkan semester kedua tahun ini. Sementara baru varian turbo memakai unit 1KR-VET 3-silinder 1,0-liter berdaya 98 PS dan torsi 140 Nm. Pilihan transmisi ada manual maupun CVT.

Dimensi sama persis. Tercatat 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT). Sementara jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm. Banyak fitur serupa juga. Misalnya head unit monitor sebesar 9 inci, digital meter cluster penuh warna dan peranti keselamatan. Fitur standar di semua varian terdiri ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC) plus Hill Start Assist (HSA). Termasuk kehadiran perangkat aktif A.S.A serta Toyota Safety Sense khusus tipe paling atas. Dari sekian banyak persamaan ditemukan juga perbedaan. Berikut kami ulik agar Anda tidak bingung memilih.

Baca Juga: Toyota Raize Resmi Dirilis dengan Harga Mulai Rp219,9 Juta

Toyota Raize GR Sport

Desain

Mulai dari Rocky yang duluan meluncur. Kehadirannya cukup membawa beban karena meneruskan nama offroader ulung era 90an. Jauh sekali dengan Rocky sekarang berbalut SUV mungil perkotaan. Tak masalah, toh karakter tangguh mobil utilitas tinggi tetap terpancar. Fasad menjadi pembeda utama dari Raize. Moncong didominasi grille besar membentuk trapesium. Dilihat sepintas jadi mirip Nissan Magnite

Pihak pabrikan menambah varian gres berhias aksesori ADS. Tak mau tertinggal tampilan sporty Raize GR Sport. Tapi sematan ADS tidak seramai itu. Cukup simpel lewat ornamen kromium di grille, front-rear skid plate, side body moulding, side guard, garnish pintu dan emblem ADS. Persis kebiasaan Daihatsu yang senang nuansa meriah.

Grille Raize dibuat berkebalikan. Bentuk trapezoidal melebar ke bawah hingga menyatu area fog lamp. Sementara bagian atas punya grille sendiri yang menyatukan headlamp. Kental nuansa sama seperti desain wajah Agya dan Yaris facelift. Dan untuk pertama kalinya GR Sport jadi varian teratas model Toyota. Mengenalkan divisi sport selain TRD Sportivo yang sudah akrab. Sama juga, sebatas hiasan semata. Berupa body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR Sport. Tambahan kesan sporty didapat dari laburan kelir hitam di pelek dan two-tone. Suka yang mana? Pilih simpel atau agresif?

Baca Juga: Daihatsu Rocky Meluncur, Varian Turbo Terlebih Dahulu

Daihatsu rocky

Varian dan Harga

Saat seremoni peluncuran, PT Daihatsu Astra Motor menyebut ada total 11 varian Rocky. Itu bila termasuk versi mesin 1.200 cc yang diposisikan di bawah 1.000 cc turbo. Tapi belum dijual, strateginya melempar unit turbo dulu. Jadilah 5 tipe terlebih dahulu dijajakan. Sebenarnya hanya ada satu varian utama, 1,0 R TC. Itu dibagi lagi dalam jenis transmisi, sematan aksesori ADS dan tertinggi lengkap dengan A.S.A. Rincian dan harganya sebagai berikut:

  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T - Rp214,2 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T ADS - Rp222,2 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT - Rp227,4 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS - Rp235,4 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CV A.S.A - Rp236,1 juta

Toyota kompak soal urusan memasarkan enjin 1.200 cc. Rencanakan baru terealisasi semester dua nanti. Pada dasarnya Raize juga cuma varian G. Namun dibagi-bagi lagi menurut opsi mesin, transmisi serta trim GR Sport. Termahal diduduki GR Sport TSS (Toyota Safety Sense). Lengkapnya sebagai berikut dengan catatan untuk warna one-tone saja:

  • Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T - Rp219,9 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT - Rp233,1 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT - Rp244,7 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS - Rp263,7 juta

Fitur

Kelengkapan paling dasar di kedua mobil sudah tergolong banyak. Mulai dari trim bawah, tak perlu lagi anak kunci untuk menyalakan mesin. Panel digital penuh warna begitu memanjakan mata dengan segala empat model visual. Dan pengaturan Auto AC sudah model tombol digital. Belum lagi monitor besar 9 inci terbesar di kelasnya.

Tetap harus ada pembeda utama. Dari segi kenyamanan, Rocky mengoptimalkan sistem audio lewat tambahan active subwoofer 8 inci. Ya, perangkat ini khusus tersedia di trim paket ADS. Dentuman suara bass sudah pasti lebih nendang kalau tanpa subwoofer.

Raize tidak menawarkan itu. Gantinya lebih menunjang sensasi berkendara di tipe GR Sport. Semua kursi dilapisi perpaduan material fabric dan kulit. Sehingga kesan sporty-nya begitu kuat serta tambah elegan Ditambah lagi paddle shift di balik kemudi, di GR Sport juga. Sensasi perpindahan gear manual akan terasa layaknya mobil balap. Pengemudi bisa terus fokus ke jalan tanpa perlu berpindah ke tuas transmisi.

Kelebihan lain Raize GR Sport ada di Toyota Safety Sense (TSS). Selain jumlah airbag berjumlah 6 titik, fitur dalam paket juga lebih banyak dibanding A.S.A. Isinya antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control. Yup, ia punya cruise control yang dapat mengatur kecepatan sendiri mengikuti mobil depan.

Sementara sistem A.S.A lebih sederhana. Jumlah fungsi hanya ada 6, setengahnya dari 12 fungsi A.S.A Daihatsu Rocky domestik Jepang dan Perodua Ativa di Malaysia. Rangkaiannya hanya terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.

Jadi, ketahuan mana yang lebih canggih. Fitur Toyota Raize GR Sport TSS bisa disetarakan SUV papan atas. Nilainya begitu tinggi, bila menilik mobil yang selevel harganya. (Odi)

Baca Juga: Tiap Varian Daihatsu Rocky Punya Fasilitas Menunjang, Begini Detailnya

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky Comparison

Toyota Raize
  • Rp 214,3 - Rp 278,8 Juta
Daihatsu Rocky
  • Rp 178,9 - Rp 236,1 Juta
Toyota Raize vs Daihatsu Rocky

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi