KTM 1290 Super Duke RR Gendong Rasio Power to Weight Dahsyat

KTM 1290 Super Duke

KTM 1290 Super Duke RR merupakan pengembangan dari 1290 Super Duke R. Ada yang istimewa dari model ini. Nilai PWR (Power to Weight Ratio) tercipta sungguh ajaib. Sebesar 1:1 atau 1 tenaga kuda per kilogram. Produksinya tergolong sedikit dan eksklusif. Hanya 500 unit yang disebar ke seluruh negara.

Insinyur KTM tidak hanya membongkar katalog Power Part, mereka juga merampingkan bobot motor. Dari pembedahan yang dilakukan, kuda besi ini mampu menghilangkan ‘lemak’ sampai 9 kg dari tipe R. Bobot keringnya tercatat 180 kg. Ya, dengan klaim 1:1 punya kekuatan 180 hp dan torsi 140 Nm. Angka tergolong besar untuk paket moge dengan bobot ringan. Namun hasil itu belum siap dikendarai, lantaran belum dihitung dari berat bahan bakar dan pelumas. Bila diisi penuh, bisa mencapai 200 kg. Tanpa mengesampingkan detail itu, Super Duke RR tetap bisa memenuhi citra 'Beast' yang telah dirancang KTM.

Diet yang diterima sebagian besar berasal dari bodywork. Seluruh bodinya terbuat dari serat karbon yang terkenal kuat dan ringan. Termasuk buntut belakang, cover tangki dan sepatbor depan. Ada pula di saluran pendingin kaliper rem depan.

Baca Juga: KTM Rilis Duke 890 untuk Menggantikan Duke 790

KTM 1290 super duke

Gaya RR pada dasarnya tidak banyak berubah dari Super Duke R normal. Tetapi ada beberapa bagian yang membuatnya lebih eksklusif. Ia tidak memiliki kursi pembonceng. Hasilnya, ujung belakang tampak jauh lebih tajam. Bahkan penempatan dan bentuk lampu LED-nya juga berbeda. Kursinya juga lebih tinggi 12 mm dari model reguler yang 847 mm. Meski begitu, ia dapat diturunkan menjadi 837 mm untuk menyesuaikan guncangan.

Bentuk tangki bahan bakar, meski terlihat sama ada sedikit yang diubah. Itu untuk memberi dukungan lebih bagi pengendara saat melakukan pengereman keras. Footpeg dibuat presisi dengan bahan CNC dan menawarkan 12 posisi yang dapat disesuaikan pengendara. Semua tuas, baik tangan dan kaki, juga dapat diselaraskan, dan ada opsi pola perpindahan gigi terbalik.

KTM 1290 super duke

Komponen suspensi tetap mengandalkan lansiran WP. Tapi untuk si Double R dengan spesifikasi sangat tinggi termasuk garpu kartrid tertutup Apex Pro 7548 di depan dan shock Apex Pro 7746 belakang. Keduanya merupakan unit baru yang khusus dibuat buat Super Duke RR. Masing-masing juga menawarkan banyak penyesuaian termasuk ketinggian untuk mengubah geometri sepeda motor.

Untuk mengurangi berat, KTM mengganti pelek standar dengan bahan aluminium tempa yang menghemat sekitar 3 pon atau 1,5 kg. KTM mengatakan bahwa roda yang lebih ringan telah dicoba selama pengujian, tetapi penasihat perusahaan - mantan pembalap MotoGP, Jeremy McWilliams - menemukan bahwa tidak cukup kaku untuk memberikan tingkat umpan balik yang tepat. Padahal kedua rodanya sudah dibungkus dengan ban Power Cup 2 radial milik Michelin yang dikenal lengket di aspal.

Peredam knalpot Akrapovič, terbuat dari titanium dengan tutup ujung karbon, langsung dari katalog KTM Power Parts. Ada juga opsi sistem knalpot titanium penuh untuk menghemat lebih banyak bobot. Namun, salah satu penghematan berat tunggal terbesar berasal dari baterai sederhana. Diganti dengan paket lithium-ion yang beratnya 2,5 kg lebih ringan dari unit timbal-asam normal.

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

KTM 1290

Di departemen elektronik, ada mode Track dan Performance baru. Memberi pengendara apa yang disebut KTM sebagai "penyesuaian tak terbatas". Ada rear-wheel slip, throttle response, launch control, dan Motor Slip Regulation (MSR). Pada dasarnya, jaring pengaman elektronik itu bisa dimatikan atau dibatasi.

Menariknya, RR menggunakan throttle twistgrip baru dengan sudut bukaan 65 derajat. Tidak seperti versi standar yang pakai 72 derajat. KTM mengatakan itu meningkatkan respons throttle dan ergonomis saat berkendara dengannya.

Dari segi teknologi, Super Duke R sebetulnya sudah cukup komplet. Tetapi RR diberikan beberapa tambahan lagi. Seperti pengaturan berkendara 'Performance Mode' dan 'Track Mode'. Mode Performa diposisikan di atas pengaturan 'Sport' normal, memungkinkan penyesuaian pengaturan kontrol traksi dan opsi untuk mematikan anti-wheelie. Track Mode menawarkan tingkat penyesuaian yang serupa tetapi mengubah pembacaan layar TFT untuk tampilan yang lebih berorientasi sirkuit.

KTM 1290 Super Duke RR mulai dijual untuk pelanggan Eropa pada 8 April 2021 pukul 10:00 CET. Jika memeriksa tautan KTM sebelumnya, Anda dapat melihat jam hitung mundur. Pihaknya menyarankan, bila ingin mencari tahu tentang ketersediaan di luar Eropa, baiknya menghubungi diler resmi di setiap negara. Belum ada kabar mengenai harganya, tapi spekulasi menyebutkan kalau dirinya berada di kisaran £21.499 atau setara Rp371 jutaan. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Cycle World

Baca Juga: KTM Rilis 1290 Super Adventure R Sajikan Pengalaman Off-road Lebih Powerful

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan