MV Agusta Rilis Brutale 1000 Nürburgring Edition, Paling Ekstrem setelah Diet Ketat

MV Agusta Brutale Nurburgring Edition

MV Agusta Brutale 1000 edisi Nürburgring meluncur dalam jumlah terbatas. Motor ini dirancang untuk mengeksplorasi berapa banyak bobot yang dapat dihemat dari sebuah superbike jalanan. Hasilnya mengagumkan, sanggup memangkas 390 pon (177 Kg). Komponen serat karbon tampak di roda demi diet ketat.

Merupakan Brutale paling ekstrem yang pernah dirancang. Penyusutan berat badan adalah prioritas. Menonjolkan performa berkat intervensi signifikan yang berfokus pada sasis dan teknis. Versi Nürburgring juga mendapat manfaat dari penggunaan serat karbon dan sejumlah peningkatan yang mengambil dari dunia balap.

MV Agusta Brutale Nurburgring Edition

BST atau Black Stone Tek, perusahaan pelek ternama asal Afrika Selatan secara khusus membantu MV Agusta dalam mengembangkan pelek serat karbon. Dalam versi ini, roda belakang dipasang dengan menggunakan billet hub yang diklaim lebih ringan dan kaku dari sebelumnya. Sehingga meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Bobot yang dihemat memiliki nilai ganda karena melibatkan massa yang tidak dilepas. Inersia berkurang, dengan efek yang sangat sensitif saat berakselerasi, dan pengereman. Selain itu, mengubah arah menjadi lebih cepat, lebih responsif, dan menyenangkan.

Versi Nürburgring punya tampilan serupa Brutale 1000 RR. Memiliki bodi proporsional penghasil aerodinamika paling konstan. Fairing kompak, diposisikan di area grup lampu depan. Ini bertujuan untuk meningkatkan muatan di ujung depan dalam kecepatan tinggi, berkontribusi bersama dengan elemen aerodinamika premium lainnya. Selain itu buat mengoptimalkan dinamika berkendara.

Baca Juga: MV Agusta Rush 1000 MY 2021, Hyper Naked Bike Sangar yang Cuma Dibuat 300 Unit

 

MV Agusta Brutale Nurburgring Edition

Meski mirip 1000 RR, edisi spesial ini punya komponen kit yang semuanya menggunakan bahan serat karbon. Mencakup penutup jok pembonceng dan penutup depan baru di atas lampu depan. Bodywork lainnya, termasuk cover airbox, panel samping tangki bahan bakar, dan saluran masuk udara juga menggunakan material ringan yang sama.

Cover di atas lampu depan terdiri dari winglet kompleks. MV Agusta mengatakan bahwa part itu bertujuan untuk meningkatkan downforce dan mendapat dukungan dari winglet samping yang sudah ada di kedua sisi motor. Meskipun seolah-olah hanya satu set suku cadang, daya tarik utama Brutale 1000 Nürburgring adalah perlengkapan balap yang menyertainya.

MV Agusta Brutale Nurburgring Edition

Selain penutup jok pembonceng, ia juga dibekali knalpot Arrow titanium lengkap dengan penutup peredam serat karbon dan ECU pengganti dengan peta baru yang sesuai dengan gas buang. Tanpa catalytic converter, tidak hanya meningkatkan tenaga sebesar 9 hp, tetapi juga memangkas 6 kg.

Tenaganya berasal dari mesin 998 cc dengan konfigurasi inline-four cylinder DOHC. Bore x stroke 79 mm x 50,9 mm, ia mampu menghasilkan 208 Hp pada 13.450 rpm dan torsi 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Transmisi sejumlah 6-percepatan, diklaim mampu melesat hingga 300 km/jam. Apabila komponen balap track-only Nürburgring dipasang, bisa menggelontorkan power sebesar 215 hp pada 13.200 rpm dan torsi 115 Nm pada 11.000 rpm. Untungnya motor ini punya fitur launch control.

MV Agusta Brutale Nurburgring Edition

Sistem pembuangan dari Arrow dirancang istimewa khusus tipe ini. Skema 4-in-1 standar diganti 4-in-2 (silinder kopling 1-2 dan 3-4), menampilkan manifold utama yang lebih panjang untuk torsi besar. Kemudian berlanjut ke manifold tunggal dan peredam tunggal, solusi yang meminimalkan berat keseluruhan dan memastikan tenaga maksimum.

Kaki-kakinya dibekali suspensi upside down lansiran Öhlins tipe Nix EC di bagian depan dan monoshock Öhlins EC TTX yang dapat disetel di belakang. Sistem pengeremannya mengaplikasikan sepasang cakram baja berukuran 320 mm dengan kaliper ganda Brembo Stylema empat piston di depan, dan cakram 220 mm dengan kaliper dua piston Brembo. Masing-masing dipadu dengan fitur ABS Bosch 9 Plus.

Versi 1000 Nürburgring dibanderol €39.900 di Italia (Rp658 jutaan) atau lebih murah €7.600 dari model 1000 RR. Model ini hanya diproduksi sebanyak 150 unit di seluruh dunia. Terdapat nomor individual yang tertera di bodywork. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: MV Agusta Brutale 1000 RR Versi Euro 5 Meluncur, Output Tak Berubah

Jelajahi MV Agusta Brutale 800

  • Tampak depan serong MV Agusta Brutale 800
  • Samping kanan MV Agusta Brutale 800
  • Tampak belakang serong MV Agusta Brutale 800
  • Tangki BBM MV Agusta Brutale 800
  • Navigasi MV Agusta Brutale 800
  • Lampu depan MV Agusta Brutale 800
  • Knalpot MV Agusta Brutale 800
  • Jok MV Agusta Brutale 800
  • Tampak belakang MV Agusta Brutale 800
MV Agusta Brutale 800
Rp 220,66 - Rp 530 Juta Cicilan : Rp 5,03 Juta

Model Motor MV Agusta

Motor MV Agusta
  • MV Agusta Brutale 1090 RR
    MV Agusta Brutale 1090 RR
  • MV Agusta Brutale 800
    MV Agusta Brutale 800
  • MV Agusta Dragster
    MV Agusta Dragster
  • MV Agusta F3
    MV Agusta F3
  • MV Agusta F4
    MV Agusta F4
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor MV Agusta Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang