Paten Bebek Trail Honda XRM 125 Terdaftar, Akankah Dijual?

Honda XRM 125

Baru-baru ini terpantau sebuah paten motor bebek unik. Mengutip Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (Kemenkumham) Indonesia sebuah motor bebek bergaya trail didaftarkan dengan nomor permohonan A00202102019. Dijelaskan pula jika tanggal perlindungan dimulai sejak 21 Agustus 2021. bebek trail XRM 125 ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (Kemenkumham) Indonesia.

Sementara desain industri dipegang langsung oleh Honda Motor Co LTD yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Perancangnya tertulis Chalermpol Thepprapan dan Sorawit Maliphan berkebangsaan Thailand. Kalau mengamati lebih detail, identik Honda XRM 125 yang sudah beredar di Filipina. Apakah mau masuk sini?

 

Desain dan Spesifikasi Honda XRM 125

Honda XRM 125

Menelisik desain Honda XRM 125, motor ini bisa dibilang perpaduan antara motor Ayam Jago (ajago) dan trail. Dari depan pakai setang model tinggi melebar, penggunaan spakbor trail, dan cover headlamp yang memiliki kemiripan dengan CRF150L. Namun ketika melihat dari samping dan belakang, desainnya kental dengan tampilan dari motor yang kita kenal di Indonesia. Coba lihat saja, tarikan garisnya sekilas mirip Honda Sonic 150. Aura trail didapat dari suspensi travel tinggi di haluan depan. Sementara di belakang menggunakan model ganda yang memang umum dipakai di motor bebek.

Untuk dimensinya motor ini juga terbilang kompak, panjangnya hanya berkisar 1.933 mm, lebar 833 mm, dan tinggi 1.049 mm. Sementara untuk wheelbase bermain di 1.239 mm yang dipadukan dengan ground clearance 143 mm. Selebihnya untuk tinggi bangku dari XRM 125 adalah 774 mm dan berat kering dari motor ini hanya 97 kilogram. Rasanya akan cukup mudah dikendalikan pemotor dengan postur orang Asia.

 

Baca Juga: Honda Monkey di Indonesia Dapat Ubahan Mesin dan Transmisi

Dari laman resmi Honda Motor Filipina, XRM 125 tersedia dalam 3 pilihan berbeda. Pertama ada tipe DS yang diposisikan sebagai varian paling murah, tipe DSX mengisi posisi varian tengah, dan tipe Motard sebagai trim tertinggi. Terkait harganya, XRM 125 DS dijual 68.900 peso atau Rp19,6 juta, XRM 125 DSX diniagakan 71.900 peso atau Rp20,5 juta dan XRM 125 Motard diego 73.900 peso atau Rp21 jutaan.

Pembeda ketiganya ada di bagian kaki-kaki dan aksesori. Misalnya tipe DX alias paling murah dibekali dengan velg jari-jari dan ban dual purpose. Sementara tipe Motard tampil lebih sporty dengan pengguna cast wheel dan ban on road.

Honda XRM 125 dibekali mesin 125 cc, 4-tak, SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi PGM-Fi dengan standarisasi Euro 3. Di atas kertas motor ini memiliki tenaga maksimal 9,5 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,5 Nm di puntiran mesin 6.500 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi manual 4-percepatan.

Klaim pabrikan, Honda XRM 125 memiliki catatan konsumsi bahan bakar apik. Seliter bensin bisa berkendara sampai 65,4 kilometer. Adapun untuk volume tangki BBM bisa menenggak sampai 3,9 liter bensin.

 

Apa Kata AHM?

XRM125 Motard

Sinyal ini setidaknya memberikan angin segar untuk menstimulasi penjualan. Apalagi jenis motor bebek lagi lesu beberapa tahun belakangan. Saat dikonfirmasi, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin sayangnya tak mau berkomentar banyak. Menurutnya model itu belum masuk proyeksi produk yang akan diluncurkan di pasar domestik. "Sejauh ini bukan sinyal (paten di PDKI), karena memang tidak ada rencana meluncurkan di Indonesia. Soal yang mendaftarkan Honda Jepang, saya tidak berhak untuk memberikan penjelasan terkait itu," katanya, (1/9).

Kendati demikian, peluang terealisasi tetap ada. Namun kembali lagi, semua itu pasti berdasarkan analisa dan riset pasar internal AHM, cocok atau tidak untuk konsumen. Kita tunggu saja kabar baiknya. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Sudah Beredar di India, Akankah Honda CB200X Masuk Sini?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
    AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
    Anjar Leksana . 17 Jun, 2025
  • AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
    AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
    Anjar Leksana . 17 Jun, 2025
  • AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
    AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2025
  • Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Anjar Leksana . 05 Jun, 2025
  • Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024