Penuhi Permintaan Konsumen, Kawasaki Rilis Ninja ZX-25RR 40th Anniversary

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengumumkan peluncuran Ninja ZX-25RR edisi 40th Anniversary pada Kamis (8/8) melalui media sosial. Model ini menambah koleksi Ninja dengan livery khusus, mempertahankan tiga warna ikonik: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Dibuat secara terbatas, motor ini dijual dengan harga Rp138 juta OTR.

“Melihat banyaknya permintaan dari Kawasaki Lovers yang menginginkan seri 40 tahunan di Ninja ZX-25RR untuk hadir di Indonesia, akhirnya kami wujudkan keinginan mereka walaupun kuantitas yang diproduksi hanya limited stock. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada customer Kawasaki yang ikut meramaikan dunia otomotif khususnya sportbike,” ucap Bapak Michael C. Tanadhi selaku Dept. Head Sales & Promotion PT KMI dalam siaran resminya, Kamis (8/8).

Model ini merupakan varian termurah dari seri Ninja 40th Anniversary. Sebelumnya, telah diluncurkan Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR. Seri Ninja Anniversary ke-40 ini khas dengan livery retro, sebuah tema populer di era 90-an yang sering terlihat pada motor superbike. Popularitasnya kembali meningkat setelah Jonathan Rea menggunakannya tiga tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 2021, dalam event balap motor tahunan WSBK di Mandalika.

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Livery seri Ninja Anniversary ke-40 didesain mengikuti pendahulunya, Kawasaki ZXR750, dengan tiga warna khas: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Logo "Kawasaki" yang besar pada fairing samping dan simbol peringatan 40 tahun menjadi ciri khasnya.

Logo 40th Ninja Anniversary terpampang di tangki bensin, mirip dengan stiker kejuaraan yang mengingatkan pada balap tahun 1980-an. Logo Kawasaki berwarna biru dengan latar putih pada fairing samping disusun dengan ukuran dan keseimbangan yang ideal untuk setiap model.

Rangka dan swingarm dicat perak, menggambarkan bagian aluminium yang umum digunakan pada era 1980 dan 1990-an. Untuk ZX-25RR dan ZX-4RR, tabung front fork masih berwarna hitam, berbeda dengan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R yang dicat emas. Namun, semua model dalam seri ini tetap menggunakan warna Lime Green pada roda depan dan belakang.

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Dari segi spesifikasi, ZX-25RR identik dengan ZX-25R, namun terdapat beberapa komponen yang membedakannya. Ninja ZX-25RR dilengkapi dengan suspensi upside down buatan Showa yang sudah termasuk pengaturan preload di sisi kanan. Bagian belakangnya sepenuhnya dapat diatur, dengan pengaturan preload, rebound, dan kompresi yang bisa disesuaikan. Warna ulir per juga dibedakan, dengan ZX-25RR menggunakan warna hijau yang selaras dengan bodi motor. Selain itu, komponen frame slider juga disertakan sebagai proteksi standar pada saat pembelian.

Jantung mekanis ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 249,8 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, dan 16 katup. Mesin tersebut memiliki diameter bore x stroke sebesar 50,0 x 31,8 mm, serta rasio kompresi 11,5:1. Jantung mekanis ini dipadukan dengan transmisi 6 kecepatan.

Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 49,5 Hp pada 15.500 rpm dan torsi puncak 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui gearbox enam percepatan. Menurut klaim produsen, kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 187 km/jam. Dengan komponen ram air, tenaga bisa bertambah hingga 1 PS, yang bekerja optimal ketika motor mencapai kecepatan 100 km/jam.

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Motor ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Lampu LED sudah terpasang di bagian depan dan belakang. Kawasaki Traction Control (KTRC) menawarkan tiga mode berkendara yang dapat diatur off. Ada empat riding mode yang tersedia: Sport, Road, Rain, dan Rider, yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. Dalam Rider mode, power dan KTRC dapat diatur sesuai dengan karakter pengendara dan kondisi jalan. Power dapat diatur pada mode full atau low, dengan mode low mengurangi tenaga motor sekitar 35 persen dari mode full. Selain itu, ada KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang memungkinkan upshifts dan downshifts, berfungsi di atas 2.500 rpm.

TFT meter dengan Circuit mode dan Rideology The App memungkinkan pengendara terhubung dengan motor secara nirkabel. Seri New Ninja ZX-25R menjadi motor sport full fairing 250 cc pertama di Indonesia yang memiliki fitur konektivitas.

Berbagai fungsi instrumen kini dapat diakses melalui smartphone. Informasi kendaraan seperti odometer, pengukur bahan bakar, dan jadwal perawatan bisa dilihat melalui aplikasi Rideology The App. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat catatan pengendaraan, yang mencakup rute GPS, posisi gigi, rpm, dan informasi lainnya. Ketika smartphone terhubung, pemberitahuan telepon seperti panggilan dan pesan akan ditampilkan di panel instrumen. Pengendara juga bisa mengatur tampilan instrumen, termasuk unit pilihan serta pengaturan waktu dan tanggal, langsung dari smartphone.

Kawasaki Ninja ZX-25R 40th anniversary

Selain itu, terdapat Electronic Throttle Valves (ETV) yang terintegrasi dengan ECU berkapasitas tinggi. Komponen ini mengatur volume bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin melalui fuel injector dan throttle valves, memberikan respon mesin yang lebih halus dan memudahkan pengendara dalam menggunakan fitur-fitur yang ada.

Motor ini juga dilengkapi dengan Immobilizer sebagai fitur keamanan standar. Meskipun masih menggunakan anak kunci, terdapat chip yang tertanam di dalamnya, sehingga motor tidak akan menyala jika dicoba dengan kunci lain, menambah tingkat keamanan.

Untuk rangka, digunakan tralis dan lengan ayun model banana yang terbuat dari high-tensile steel. Pengereman depan menggunakan cakram berdiameter besar dengan kaliper monoblock radial-mount, sedangkan disc belakang yang lebar menjamin pengereman yang efektif.

Motor sport 250 cc 4-silinder ini dilengkapi dengan ban radial GPR300 dari Dunlop untuk grip yang optimal di aspal. Ban ini memberikan efek ringan pada kendaraan, membuat handling lebih lincah. Ukuran ban yang digunakan adalah 110/70 untuk bagian depan dan 150/60 untuk bagian belakang. (Bgx)

Baca Juga: Kawasaki W175 Sekarang Punya Versi Mesin Injeksi

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25RR

Model Motor Kawasaki

Motor Kawasaki
  • Kawasaki Ninja ZX-25R
    Kawasaki Ninja ZX-25R
  • Kawasaki D-Tracker
    Kawasaki D-Tracker
  • Kawasaki Ninja 250
    Kawasaki Ninja 250
  • Kawasaki Ninja H2
    Kawasaki Ninja H2
  • Kawasaki W175
    Kawasaki W175
  • Kawasaki Ninja ZX10-R
    Kawasaki Ninja ZX10-R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Kawasaki Ninja ZX-25RR dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pilihan Motor Premium Seharga Mobil di GIIAS 2025
    Pilihan Motor Premium Seharga Mobil di GIIAS 2025
    Zenuar Yoga . 01 Agu, 2025
  • Pilihan Motor Listrik di GIIAS 2025, dari Termurah Hingga Premium
    Pilihan Motor Listrik di GIIAS 2025, dari Termurah Hingga Premium
    Zenuar Yoga . 30 Jul, 2025
  • New CRF 150L Tampil Lebih Tangguh di GIIAS 2025 dengan Warna dan Striping Baru
    New CRF 150L Tampil Lebih Tangguh di GIIAS 2025 dengan Warna dan Striping Baru
    Zenuar Yoga . 30 Jul, 2025
  • Astra Otoparts Rilis Ban Aspira Sportivo 2 dan Kenalkan Merek Ulti X
    Astra Otoparts Rilis Ban Aspira Sportivo 2 dan Kenalkan Merek Ulti X
    Bangkit Jaya Putra . 29 Jul, 2025
  • Teknisi Asal Medan Sabet Gelar Juara ITGP 2025 dan Melaju ke World Technician Grand Prix
    Teknisi Asal Medan Sabet Gelar Juara ITGP 2025 dan Melaju ke World Technician Grand Prix
    Zenuar Yoga . 29 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025