Sebelum Beli Honda ADV160, Ketahui Dulu Fakta Menariknya

Honda ADV160


Sejak meluncur awal Juli lalu, Honda ADV160 mampu memikat para penggemar motor tualang. Karena membawa pembaruan yang cukup signifikan, baik dari penampilan, fitur, hingga penyematan jantung mekanis baru. Tertarik meminangnya? simak terlebih dahulu fakta menarik Honda ADV160 berikut ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Honda ADV160 tak hanya sekadar mengganti mesin baru

    Ternyata ada banyak perubahan yang meningkatkan kemampuan berkendara menjadi lebih meyakinkan di dua alam
  •  

    Debut Global

    Honda ADV160 Launch

    Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda ADV160 pada 1 Juli 2022. Produk baru ini bisa dikatakan pertama kali dikenalkan di dunia. Sebab dirinya juga bakal mengisi pasar global seperti pendahulunya, Honda ADV150. Ia juga berstatus sebagai skutik adventure pertama Honda di kelas 150-160 cc.

    Dalam peluncurannya, Honda ADV160 mengusung tagline "Explore New Everyday". Membawa sejumlah perubahan dan beberapa penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Mulai dari facelift pada tampilannya, tambahan fitur serta upgrade mesin.

     

    Generasi Kedua

    ADV 160 ABS

    Sejak pertama kali hadir pada 2019, ia menjadi skutik pertama di Indonesia yang mengisi segmen adventure di kelasnya. Sekarang jenama ADV160 menjadi generasi kedua. Peluncurannya model terbaru juga jadi debut global, yang menandakan jika skutik berperawakan tualang ini jadi produk penting bagi bisnis Honda di Indonesia.

    Masih tetap menawarkan dua tipe, CBS dan ABS. Untuk versi rendah dijual Rp36 juta dan varian tertinggi Rp39,250 juta OTR Jakarta. Buat opsi warna yang tersedia, AHM menghadirkan 6 warna untuk skutik penjelajah ini. Rinciannya adalah tiga warna metalik yakni hitam, putih, merah untuk varian CBS serta matte hitam, putih, dan merah untuk varian ABS.

    Baca Juga: Keunggulan New Honda ADV160 Dibanding ADV150

     

    Dapat Ubahan Signifikan

    Honda ADV160

    Dari sisi tampilan, cover bodi yang menempel sebetulnya baru. Hanya saja tidak terlalu kentara. Yang masih identik dengan model lama hanya di headlamp, stoplamp, dan lampu sein. Bagian muka atau lebih tepatnya bodi depan memiliki lekukan lebih tegas. Masih di daerah fascia, windshieldnya kini dibuat lebih tinggi dan ada tambahan lubang sirkulasi udara. Lalu sayap bodi kiri dan kanan kini tampil lebih slim sehingga visualnya lebih sederhana.

    Untuk bagian setang kemudi perubahannya ada di raiser yang dibuat lebih pendek. Buat menyesuaikan posisi berkendaranya yang kini lebih rendah. Begitu pula dengan ketinggian jok. Setelah mendapat revisi kini menjadi 780 mm. Shape jok juga dibuat lebih tirus sehingga tak mengganjal paha saat kaki pengendara turun.

    Area dashboard kini terpasang spidometer baru. Desainnya tidak begitu fresh lantaran mengusung gaya dari Honda ADV350. Namun dari situ terlihat perbedaan dibanding model sebelumnya. Paling mencolok terlihat dari hadirnya takometer setengah lingkaran, lalu informasi kecepatan di tengah, jam digital, juga fuel meter.

    Tampilan informasi ada pada sisi kanan, terdiri dari 3 baris dengan isi informasi berbeda. Paling atas ada suhu udara sekitar dan voltase aki. Yang tengah ada elapsed time A & B, average fuel consumption A & B, juga real time fuel consumption. Paling bawah ada informasi odometer, trip A & B, dan terakhir HSTC (khusus tipe ABS). Tapi informasi tanggal kini sudah dihilangkan.

    Buat meningkatkan kenyaman serta kepraktisan, dermaga isi gawai kini menggunakan model USB Port tipe A. Jadi tak perlu lagi adapter charger untuk mengisi baterai. Posisinya masih sama yakni di kompartemen penyimpanan kiri yang sekaligus bisa menyimpan smartphone dengan aman. Untuk ukuran layar gawai 6 inci bisa masuk dengan sempurna tanpa ada masalah.

    Honda ADV160

    AHM juga mengubah desain bodi samping belakang. Tampilannya punya kemiripan dengan Honda ADV350 yang sudah meluncur di Thailand. Revisi bodi ini juga membuat tampilan ADV160 terlihat lebih membesar.

    Bagian rangkanya memang baru, tapi identik dengan punya PCX 160. Berbeda dari posisi dudukan bodi yang digunakan. Efek dari ubahan itu membuat area pijakan kaki berubah, kini ukurannya jadi lebih lebar sehingga bisa lebih nyaman. Bobotnya turun sebanyak 760 gram dibanding pendahulunya.

    Di lain sisi, karena tak ada lagi rangka yang melintang di bagian bawah bagasi, alhasil kapasitasnya naik 2 liter. Dari sebelumnya 28 liter menjadi 30 liter. Sedangkan tangki bensin dari awalnya 8 liter meningkat sebesar 0,1 liter sehingga menjadi 8,1 liter.

    ADV160 kini ketambahan fitur canggih HSTC (Honda Selectable Torque Control). Peranti ini berfungsi mencegah terjadinya ban selip saat melewati jalan basah atau licin, sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

    Bicara cara kerjanya, fitur ini mendeteksi putaran roda depan dan belakang melalui sensor yang disematkan pada kedua roda tersebut. Bila tak ingin menggunakannya, pengendara bisa mematikan fungsi tersebut pada tombol di depan setang.

    Dan terakhir, Honda ADV160 kini menggendong mesin baru. Jantung pacunya identik dengan kepunyaan Honda PCX dengan isi silinder tepat di 156,9 cc (dibulatkan 160 cc), berkonfigurasi 4 katup, dan sokongan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power plus).

    Racikan enjin meletupkan output yang sama juga dengan PCX 160, di mana memiliki tenaga maksimal hingga 11,8 kW atau 15,8 daya kuda pada 8.500 rpm, dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm. Adapun untuk konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan pengetesan internal AHM menggunakan metode WTMC-Euro 3 didapat angkat 45 kilometer per liter dengan fitur ISS (Idling Stop System) menyala, sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 kilometer dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

     

    Cicilan Cuma Rp1 jutaan

    AHM hanya mengatrol banderol ADV160 mulai Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan. Harga CBS Rp36 juta dan ABS Rp39,250 juta OTR Jakarta. Bila mengacu kalkulasi kredit dari Adira Finance, untuk memboyong varian termurah, konsumen harus menyetorkan 30 persen dari harga tertera atau sebesar Rp10,8 juta. Maka untuk cicilan selama satu tahunnya kena Rp1.297.498/bulan, selama 2 tahun Rp1.668.939, dan 3 tahun di Rp3.011.699 per bulan.

    Sementara untuk pembelian Honda ADV160 ABS maka calon pelanggan wajib menyediakan uang muka atau DP (down payment) sebesar Rp11.775.000. Dengan nominal DP tersebut cicilan satu tahunnya adalah Rp 1.411.302, 2 tahun Rp 1.815.226, dan selama 3 tahun di Rp 3.275.480/bulan.

     

    Target 30 ribu Unit

    Dengan segala pembaruan yang ada di ADV160, AHM menargetkan penjualan dari motor ini sebanyak 30 ribu unit sampai akhir 2022. Itu berarti target jualan dari skutik tualang ini berada di angka 60 ribu unit per tahun.

    Angka target jualan 60 ribu unit sedikit terkoreksi dari target penjualan ketika Honda ADV150 rilis pertama kali di Indonesia. Saat itu pihaknya menargetkan bisa terjual 100 ribu unit per tahunnya. Sementara untuk kontribusi penjualan, Honda ADV disebut menyumbang 10 persen untuk bisnis motor Honda di Indonesia.

     

    Inden Satu Bulan

    ADV160

    Astra Honda Motor (AHM) mengklaim jika pesanan dari Honda ADV160 cukup banyak. Meski enggan merinci secara angka, respons dari skutik tualang tersebut dinilai positif oleh pabrikan. Kendati demikian, demand dari konsumen yang tinggi tak bisa diimbangi dengan aktivitas suplai dari pabrik. Krisis chip semikonduktor jadi biang keladinya, sehingga beberapa produk Honda terkendala pengiriman ke konsumen, termasuk ADV160.

    Namun perusahaan terus berupaya mempercepat proses pemenuhan motor Honda kepada konsumen. Khusus pemesanan ADV160, lama inden diperkirakan tak lebih dari satu bulan. Cepatnya masa tunggu itu juga dikarenakan pihak AHM fokus untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik lebih dulu. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Selisih Rp3,25 Juta, Ini 8 Perbedaan New Honda ADV160 CBS dan ABS

    Jelajahi Honda ADV 160

    • Tampak belakang serong Honda ADV 160
    • Konsol Honda ADV 160
    • Power outlet Honda ADV 160
    • Lampu depan Honda ADV 160
    • Pandangan pengendara Honda ADV 160
    • sandaran jok Honda ADV 160
    • Lampu belakang Honda ADV 160
    • Rem depan Honda ADV 160
    • Ban depan Honda ADV 160
    • Tampak samping ruang bagasi Honda ADV 160
    • Ruang kaki Honda ADV 160
    Honda ADV 160
    Rp 36 - 39.25 Juta Cicilan : Rp 821.392

    Model Motor Honda

    Motor Honda
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Honda ADV 160 dari Oto

    • Berita
    • Road Test