Sebelum Beli, Pahami Dulu Seluruh Varian Toyota Kijang Innova Baru

Melalui siaran virtual, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya melepas Kijang Innova baru ke pasar. Ada kenaikan harga di setiap varian. Namun fasilitas hiburan dan fitur keselamatan makin kaya, serta wujudnya berubah. Trim levelnya pun bertambah makin variatif. Sebab itu, pahami dulu tiap varian sebelum membeli.


Innova 2.0 G


Trim paling bawah masih diwakili seri 2.0 G bensin. Alias menggendong mesin 1TR-FE 2.0-liter Dual VVT-i. Tak ada ubahan di sektor teknis, tenaga maksimalnya masih di angka 139 PS di 5.600 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm. Untuk transmisi manual, nilai jualnya kini Rp 337,6 juta OTR Jakarta, sementara yang otomatis Rp 357,5 juta OTR Jakarta. Tenang, kenaikan itu bakal terbayar dari serangkai fitur keamanan yang sudah cukup lengkap.


Seperti Vehicle Stability Control (VSC). Sistem komputasi elektronik ini menjaga mobil tetap stabil, terutama ketika menikung tajam. Gejala oversteer dan understeer bakal dikoreksi secara langsung, meminimalisir mobil keluar jalur.


Hill Start Assist (HSA) pun begitu. Masuk dalam paket trim terendah, membantu pengemudi saat hendak melaju dari posisi diam di tanjakan. Karena itu tak perlu khawatir muncul gejala merosot ke belakang. Sebab sistem elektronik bakal mengakali risiko itu.


Untuk airbag, difokuskan pada pengemudi dan penumpang depan. Tipenya kantong udara Dual SRS, serta ada tambahan knee airbag di bawah kolom kemud. Dan di sektor deselerasi, ABS dan EBD tersedia pula baik di transmisi manual maupun otomatis.


Di dalam kabin tipe G belum pakai hiasan panel kayu dan jok kulit. Sama seperti sebelumnya, aksen panel dashboard berkelir silver ala aluminium. Bungkusan tempat duduk juga material fabric dengan corak khusus. Lantas head unit pakai model 8 inci dengan pemutar radio, koneksi Bluetooth, USB, serta mirroring. Kabar baiknya, kamera mundur tersedia di segala varian.


Kalau dari segi wujud, fasadnya seragam dengan seri lain. Yakni memakai grille trapesium dengan garis bertingkat. Serta diwarnai abu-abu tua dan beberapa list kromium. Pelek alloy two tone 16 inci pun baru, lebih terlihat sporty dari sebelumnya.


Kijang Innova Captain Seat


Innova 2.0 G Luxury


Nah, inilah trim terbaru dari Innova 2020. Embel-embel Luxury membedakan nuansa mobil lebih mewah, serta ada tambahan fasilitas kenyamanan. Sama, dibagi dalam dua opsi: Transmisi manual seharga Rp 343,8 juta OTR Jakarta dan tipe otomatis Rp 363,7 juta OTR Jakarta.


Paling kentara terletak di dalam kabin. Format kursi baris tengah captain seat, alias hanya untuk dua penumpang. Sebelumnya Innova hanya menyediakan konfigurasi jok begini di tipe Q serta Venturer. Kini Anda bisa mendapatkannya pada basis trim G, hanya saja eksklusif untuk mesin bensin.


Selain format, bungkusan jok punya motif berbeda. Warna dasarnya gelap berbahan fabric, sementara tiap bagian dalam kursi coraknya asimetris. Sementara dashboard juga diberi aksen panel kayu. Supaya nuansanya elegan.


Bagian tak kalah penting, Toyota memasang Integrated Air Purifier atau jamak dikenal sebagai Car Ionizer. Fungsinya, untuk meningkatkan kualitas udara dalam kabin. Dan bekerja secara otomatis. Lantas sisanya, persis komponen dasar varian G non Luxury.


Innova V cabin


Innova 2.0 V


Innova 2.0 V lebih mahal dari kedua varian tadi. Mulai Rp 386,3 juta – Rp 405,8 juta OTR jakarta, dibedakan lewat pilihan transmisi. Selisih harga diterjemahkan dalam kelengkapan fasilitas hiburan, estetika kabin dan eksterior, kenyamanan, serta sistem pencahayaan advance.


Dari luar, diferensiasi dapat dilihat dari pancaran sinar. Lampu utama memakai LED Projector Headlamp. Yang tentu memiliki sorot cahaya lebih fokus, terang, sekaligus hemat daya. Area bagasi diberi aksen garnish hitam sekaligus rumah plat nomor berbentuk hexagonal, juga dilabur sewarna garnish.


Masuk ke interior, ada perubahan sistem pengaturan AC. Tanpa perlu mengatur manual, secara otomatis blower dan kecepatan fan bakal menyesuaikan udara di luar. Head unitnya pun berbeda. Berukuran 9 inci dengan tambahan konektivitas gawai, bahkan NFC untuk membaca saldo kartu elektronik (e-Money, Flazz). Row kedua pun dapat monitor tambahan, dipasang tepat pada ujung belakang konsol tengah. Penutupnya, ruang kabin didramatisasi lewat hadirnya lampu iluminasi.


New Kijang innova V


Innova 2.0 V Luxury


Varian 2.0 V Luxury persepsinya sama persis dengan Luxury di tipe G. Dapat air purifier, captain seat, wood panel, serta bungkusan jok fabric gelap. Hanya saja fasilitas dasarnya dibawa dari tipe V standar, lebih lengkap. Untuk harga, tipe manual dibanderol Rp 392,5 juta dan otomatis Rp 412 juta OTR jakarta. Tak ada tambahan lain, diferensiasi kentara difokuskan ke seri Venturer.


Innova 2.4 G dan V Diesel


Bagi pecinta mesin diesel, sayangnya belum bisa berkesempatan menikmati format captain seat. Toyota tak mengisi line up ini dengan embel-embel luxury. Masih sama seperti dulu, trim dipilah jadi varian G dan V. Rentangnya mulai Rp 368,7 juta – Rp 440,9 juta, tergantung pilihan level dan transmisi.


Soal kelengkapan fasilitas hiburan dan safety, diadopsi penuh dari Innova bensin. Tinggal berkaca saja apa yang dimiliki tipe G standar, begitupun V standar. Satu-satunya pembeda, sumber tenaga diprakarsai mesin 2GD-FTV VNT 2.4-liter, memacu tenaga maksimum 149 PS di 3.400 rpm dan momen puntir 342 Nm/1.200 – 2.800 rpm untuk manual, yang otomatis torsinya 360 Nm/1.200 – 2.600 rpm.


Innova Venturer 2020


Innova Venturer


Seperti biasa, Venturer merupakan paket paling lengkap dari segala Innova. Tampilan lebih sporty dan maskulin, kabinnya mewah, bahkan fitur keselamatan bertambah. Pembagiannya juga lengkap, dari mesin bensin bertransmisi manual dan otomatis (Rp 435,5 juta – Rp 455,5 juta). Plus mesin diesel dengan opsi transmisi serupa, Rp 474,3 juta – Rp 495,7 juta OTR Jakarta.


Di samping kinerja VSC, HSA, ABS dan EBD, Venturer memaksimalisasi perlindungan penumpang di dalam kabin. Total, termasuk Dual SRS Airbag dan kantong udara lutut di depan, ada tambahan empat airbag lagi. Dua terletak di sisi pengemudi dan penumpang, sementara sisanya curtain shield airbag.


Soal kenyamanan, Venturer memberikan sentuhan mewah di dalam kabin. Selain format captain seat, pelapis joknya serba kulit. Juga berwarna gelap mengikuti karakter maskulin eksterior. Panel kayu tengah dashboard finishingnya juga lebih gelap dari seri lain.


Wujud depan dan belakang dapat dikenali lewat pengenaan bumper hitam dan lebih berkarakter. Serta hadirnya sleek rear spoiler di atas kaca buritan. Peleknya pun besar, 17 inci yang model palangnya simetris dua warna. Sisanya, dapat dilihat dari seri V Luxury. Persis. (Hlm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Toyota Kijang Innova

Tampak Depan Bawah Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang Innova Rp 326,05 - Rp 428,75 Juta Cicilan Mulai : Rp 7,44 Juta
Lihat Promo