Loncin Motor Ltd., pabrikan sepeda motor asal Tiongkok, kembali menarik perhatian pasar global lewat sub-brand mereka, Voge. Salah satu model yang kini dijajakan secara internasional adalah Voge SR4Max, skuter bongsor yang tak bisa dipandang sebelah mata. Di Eropa, unit ini ditawarkan mulai €5.787 atau sekitar Rp110 jutaan.
Yang membuatnya menarik, Voge SR4Max lahir dari pabrik yang sama dengan BMW C 400 GT. Kedua model berbagi platform, termasuk mesin dan komponen utama. Perbedaan hanya terletak pada desain bodi dan positioning brand.
BMW Motorrad telah menjalin kerja sama dengan Loncin sejak 2005 untuk memproduksi beberapa model skuter mereka, termasuk BMW C 400 GT. Produksi dilakukan sepenuhnya di fasilitas Loncin di Chongqing, Tiongkok. Selain BMW, Loncin juga dipercaya memproduksi komponen dan sepeda motor untuk merek ternama seperti Honda dan MV Agusta.
Voge SR4Max mengusung mesin 349,8 cc satu silinder, 4-tak, SOHC, berpendingin cairan. Tenaga maksimum mencapai 34 PS pada 7.500 rpm, dengan torsi puncak 35 Nm di 6.600 rpm. Penyaluran tenaga dilakukan melalui transmisi CVT belt, menghasilkan akselerasi tangkas dan respons halus—ideal untuk mobilitas dalam kota maupun touring ringan.
Format mesin ini identik dengan BMW C 400 GT. Keduanya menggunakan diameter x langkah 80 mm x 69,6 mm, rasio kompresi 11,5:1, dan sistem manajemen mesin digital BMS-E2. Sistem emisi menggunakan closed-loop 3-way catalytic converter yang memenuhi regulasi emisi global.
Komponen | Spesifikasi / Fitur |
---|---|
Suspensi Depan | KYB 35 mm telescopic fork |
Suspensi Belakang | Dual KYB shock absorbers with preload adjustment |
Rem Depan | Cakram 265 mm dengan Bosch ABS |
Rem Belakang | Cakram 265 mm dengan Bosch ABS |
Sistem Rem | Dual-channel Bosch ABS |
Velg | Alloy wheels (Depan: 15”, Belakang: 14”) |
Ukuran Ban | Depan: 120/70-15; Belakang: 160/60-14 |
Tuas Rem | Adjustable hand levers untuk kenyamanan optimal |
Voge SR4Max tampil dengan garis bodi halus dan siluet dinamis yang mengadopsi estetika motor Eropa. Seluruh pencahayaan menggunakan LED. Posisi jok lebih rendah dari setang, memberikan ergonomi berkendara yang relaks dan nyaman. Ruang kaki lebar, sandaran punggung memanjang, dan desain sadel mendukung kenyamanan perjalanan jauh.
Dimensi bodi cukup besar: panjang 2.185 mm, lebar 805 mm, tinggi 1.390 mm, dengan jarak sumbu roda 1.565 mm. Tinggi jok 761 mm cocok untuk pengendara Asia maupun Eropa. Fitur tambahan berupa layar TFT 7 inci meningkatkan kemudahan dan keamanan berkendara.
BMW C 400 GT, di sisi lain, menawarkan tampilan lebih sporty dan agresif. Fairing ramping, garis bodi dinamis, dan windshield tinggi memberikan proteksi maksimal terhadap angin. Finishing bodi lebih premium, dengan kaliper rem radial J.Juan dan opsi aksesori eksklusif. BMW Motorrad Indonesia masih menjual model ini, namun dengan sistem price by order. (Alx)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.