Volta Bawa Tiga Kendaraan Listrik Baru di IIMS Motobike Hybrid Show, Mulai Rp 5 jutaan

Volta

Merek kendaraan listrik anak bangsa tak ketinggalan berlenggok di panggung IIMS Motobike Hybrid Show 2020. Adalah Volta, jenama asal Semarang, Jawa Tengah, ikut berkiprah dalam meramaikan pasar skuter niremisi. Ada tiga produk baru diboyong. Mulai dari motor listrik, serta dua sepeda elektrik teranyar dilego mulai Rp 5 jutaan.

“Di IIMS ini kita bawa tiga jenis baru. Sebetulnya bakal resmi launching di 11 Desember nanti, lewat siaran virtual. Tiga kendaraan itu adalah sepeda listrik dengan tipe 102, All New tipe 100 versi keempat, dan 401 merupakan murni motor listrik, buka sepeda. Yang sepeda maksimal 25-30 kpj sesuai undang-undang. Kalau yang motor 55 kpj,” ungkap Jovan, Sales Area Jabodetabek Volta, di MotoVillage.

Paling murah bisa didapat, seri 100 dengan konsep sepeda. Alias masih ada pedal kayuh layaknya produk electric bicycle merek lain. Karena tak butuh izin dan surat-menyurat, harganya cuma Rp 5,2 juta untuk pilihan baterai 48 V. Bahkan, jika mau memilih opsi baterai 36 V, banderolnya hanya Rp 4,8 juta.

volta

Baca Juga: Spyshot Suzuki Burgman Elektrik, Segera Gebrak Segmen Skutik Niremisi?

Tentu saja, hal ini memengaruhi jarak tempuh. Untuk model cell kecil tempuhan jarak terbatas di 35 km, dengan kecepatan maksimal 30 kpj. Dan seri 48 V, sanggup melaju lebih jauh sampai 55 km. Kalau soal kekuatan laju, sama saja dibatasi kisaran 30 kpj karena terdapat regulasi harus dipatuhi.

Sementara seri 102 – juga mengusung konsep sepeda – harga mulai Rp 5,6 juta – Rp 5,7 juta. Dari segi wujud tampak lebih proporsional, terutama atas penggunaan cover headlight, sekaligus dipasang lampu LED persegi layaknya motor biasa. Bukan terondol seperti seri 100. Sedangkan keluaran daya tak ada beda dengan sang adik yang pakai baterai 48 V.

Dan paling menarik tentunya Volta 401. Ia bukan lagi hibridia antara sepeda dan motor. Konsep dan fungsinya benar-benar murni mengikuti roda dua konvensional. Karena itu, 401 dibanderol Rp 18 juta lengkap dengan surat dan plat nomor. Tentu, dengan kemampuan laju lebih mumpuni.

Volta 401

“Alasan kami baru launching sekarang - meski sudah produksi dari awal tahun ini – sebab semua surat baru selesai baru-baru ini. Kini STCK sudah keluar, bahkan sebelum perhelatan IIMS. Jadi konsumen sudah bisa memakai langsung setelah beli nanti,” katanya.

Berbekal baterai 60V20AH Lithium-Ion, serta motor listrik model hub (Menyatu roda belakang) 1.500 W. Alhasil kecepatan maksimal menyentuh angka 55 kpj, alias cukup dalam persepsi motor harian. Dan jarak tempuh maksimalnya juga 55 km sekali isi.

Slot di bagasi bisa saja menampung langsung dua baterai. Sudah disediakan soket dan bracketnya. Namun, tidak masuk dalam harga pembelian. Kalau mau menambah lagi perlu menyiapkan Rp 6 jutaan. Dan secara otomatis jarak tempuh Anda bisa bertambah dua kali lipat. Lantas untuk mengisi ulang, memerlukan waktu 6-8 jam sampai penuh.

Volta 401

Baca Juga: IIMS Motobike Show 2020 Dibuka, Banyak Program Menarik Online dan Offline

“Motor ini butuh sekitar 100 – 120 Watt ketika dicharge, mirip seperti ponsel. Konsumsinya itu sekitar 2 kWh atau kalau dikonversi ke nilai uang, Rp 2 ribu. Namun memang belum support fast charging. Jadi membutuhkan waktu 6-8 jam sampai terisi. Dan sebagai informasi, klaim PLN telah menyediakan ribuan SPLU di wilayah Jabodetabek,” sambung Jovan.

Mengenai ketahanan baterai, menurutnya bisa berlangsung lama jika diperlakukan dengan benar. Semisal tidak menyisakan daya hingga nol persen, alias habis. Atau paling tidak saat sisa 20 persen sudah langsung mengisi kembali. Kalau mengikuti prosedur, harusnya bisa tahan 4-5 tahun.

Di samping teknologi niremisi, Volta 401 cukup memiliki daya tarik. Bentuknya proporsional seperti skutik entry level kebanyakan. Pakai lampu LED depan dan belakang, serta punya layar instrumen full digital. Sajian informasinya pun cukup lengkap. Apalagi ia punya fitur reverse untuk mundur, dioperasikan melalui tombol saklar.

Volta 401

Karena ia motor listrik, dengan mudah bisa dipasang sistem mode berkendara. Total ada tiga, yang pertama menahan hingga 25an kpj, kedua 35an kpj, baru yang paling kencang bisa sampai batas 55 kpj. Sementara sistem pengereman cakram depan belakang dan pakai suspensi teleskopik serta dual shock breaker belakang.

Ada lima opsi kelir ditawarkan. Dari mulai matte red, matte blue, serta white red. Ketiga warna bodi tadi dipadu bungkusan jok hitam. Sementara yang matte black dan pearl white, dibalut jok coklat. Secara keseluruhan, motor desain lokal ini sebetulnya lumayan menarik. Sayangnya beberapa finishing tampak belum rapi.

Walaupun baru, Volta sudah punya tiga diler di Ibu Kota dan sekitarnya. Untuk yang tinggal di Jakarta Selatan bisa mengunjungi diler Jati Padang, Pasar Minggu. Sementara daerah tengah dipersilakan datang ke Roxy. Dan penghuni Tanggerang Selatan, mereka juga buka gerai di BSD. Untuk informasi lebih lanjut, sila kunjungi pameran virtual IIMS Motobike Hybrid Show 2020 melalui website, atau datang langsung ke MotoVillage Kemang, Jakarta Selatan. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Beli Gesits G1 Selama IIMS Motobike Hybrid Show Diskon Rp 750 ribu, Bisa Kostumisasi Warna

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang