Yamaha Mio Sporty 115 cc Karburator Masih Diproduksi dan Dijual, Harga Rp19 Jutaan

Yamaha Mio 115 cc

Ternyata Yamaha Mio Sporty bermesin 115 cc karburator masih diproduksi dan dijual resmi. Namun itu terjadi di Filipina. Perusahaan memberi banderol P67,900.00 atau setara Rp19 jutaan. Sedangkan kalau di Indonesia sudah berganti ke generasi anyar yakni Mio S dan M3 125 cc. Motor dipasarkan mulai Rp16 jutaan. Setiap pabrikan pasti menyesuaikan produk dengan pasar domestik. Makanya generasi lawas tetap eksis di sana, sebagai skuter matik penunjang moda harian.

Yang menarik, Yamaha Mio Sporty 115 cc senantiasa berbentuk mungil mirip dengan generasi kedua di Indonesia. Hanya saja wujud lampu ekor beda, selebihnya bagian lain sama. Seluruh pencahayaan mengandalkan lampu halogen, belum LED. Bicara soal konstruksi rancang bangun, sasis menggunakan uderbone, suspensi depan teleskopik standar. Kemudian di belakang pakai unit swing. Penggunaan pelek hitam lima palang (cast wheel) masih sama dari Mio Smile berukuran 14 inci. Ukuran ban 70/90 dan 80/90. Lantas pengereman mengandalkan single disc hydraulic berikut teromol.

Baca Juga: Yamaha Indonesia Siapkan Motor Baru Bernilai Jual Rp12,2 Juta, Jenis Apakah Itu?

 

Yamaha Mio Sporty 115 cc

Adapun dimensi Mio Sporty 115 cc yakni 1.820 mm x 675 mm x 1.050 mm, tinggi jok dari tanah 745 mm. Lanjut jarak sumbu roda 1.240 mm, minimum ground clearance 125 mm, bobot total 94 kg serta kapasitas tangki 4,1 liter. Perlengkapan lain tak ada yang istimewa. Masih seperti skutik jadul, speedo meter maupun indikator bensin semua pakai jenis analog. Untuk menghidupkan mesin, tersedia electric plus kick starter.

Kemudian mesin 115 cc mengantongi sertifikasi Euro 3. Unit berjenis air cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve, masih cukup menopang performa Mio Sporty. Dengan ukuran diameter langkah 50 mm x 57,9 mm dan rasio kompresi 8,8:1. Pukulan piston memberi daya 5,7 Km (7,7 PS) di 8.500 rpm. Kemudian torsi puncak diraih 7,2 Nm pada 5.500 rpm. Perlu diingat, pengapian motor menggunakan CDI (Capacitor Discharge Ignition). Lantas penyemprotan bahan bakar pakai karburator, belum injeksi. Sedangkan penyaluran tenaga melalui V-belt automatic.

Walau tidak ada teknologi baru yang tersedia di Mio Sporty Filipina, ia masih tetap menarik. Sebab di Indonesia saja banyak khalayak sengaja merestorasi Mio generasi pertama dan Mio Smile (gen-2). Usai diubah seperti baru, motor bisa dijual kembali sekitar belasan juta hingga puluhan juta. Nah, versi di sana tersedia dalam empat pilihan warna: matte black, matte blue, cyan dan magenta. Dan kalau misal Anda punya unit lawas mau dimodif atau dirombak ulang. Pewarnaan bodi versi sana bisa menjadi inspirasi. (Alx)

 

Baca Juga: Yamaha Rilis Aerox 155 World GP 60th Anniversary, Harga Beda Rp500 Ribu

Jelajahi Yamaha Mio M3 125

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Mio S dari Oto

  • Berita
  • Road Test
  • Dibanderol Rp 16 Jutaan, Ini Hal Menarik dari Yamaha Mio S 125
    Dibanderol Rp 16 Jutaan, Ini Hal Menarik dari Yamaha Mio S 125
    Ary Dwinoviansyah . 26 Agu, 2020
  • Pilih Yamaha Mio S atau Honda Beat Street?
    Pilih Yamaha Mio S atau Honda Beat Street?
    Zenuar Yoga . 03 Sep, 2019
  • Skutik Harga Terjangkau, Honda Genio atau Yamaha Mio S?
    Skutik Harga Terjangkau, Honda Genio atau Yamaha Mio S?
    Helmi Alfriandi . 20 Agu, 2019
  • Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Mio S?
    Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Mio S?
    Baghendra Lodra . 25 Mei, 2018
  • Polling Yamaha Mio S di Bandung, Warna Ini Paling Favorit
    Polling Yamaha Mio S di Bandung, Warna Ini Paling Favorit
    Ivan Hermawan . 03 Jan, 2018
  • Test Ride Yamaha Mio S: Siapa Pantas Menungganginya? (Part 2)
    Test Ride Yamaha Mio S: Siapa Pantas Menungganginya? (Part 2)
    Baghendra Lodra . 08 Jun, 2018
  • Test Ride Yamaha Mio S: Salah Kaprah (Part 1)
    Test Ride Yamaha Mio S: Salah Kaprah (Part 1)
    Baghendra Lodra . 08 Jun, 2018