Toyota Corolla Cross Hybrid: Seberapa Irit Sih?

Toyota Corolla Cross Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) makin getol memboyong mobil-mobil ramah lingkungan ke Indonesia. Jenama asal Jepang itu menjadi brand yang memiliki line-up mobil hybrid terbanyak. Selain C-HR Hybrid, Civic Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Alphard Hybrid, dan yang terbaru Corolla Cross Hybrid. Seberapa menarik mobil bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) ini?

Ketika hadir Agustus lalu, mobil ini mendapat status sebagai hybrid termurah di Tanah Air. Secara tampilan sebenarnya tak ada yang khusus. Ia sama seperti crossover aka SUV lainnya. Gagah, tinggi, kekar, tentunya diklaim punya kemampuan jelajah dan dapat diandalkan untuk menerabas beragam kondisi jalan.

Nah, menariknya tentu adalah soal statusnya sebagai hybrid. Banyak pertanyaan muncul di kepala kami. Seberapa irit mobil ini? Seberapa besar kontribusi motor elektris mengurangi konsumsi bahan bakar? Bagaimana sensasi berkendara dengan mobil hybrid? Apakah masih sama seperti mobil bermesin pembakaran?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, kami mendapat kesempatan untuk mengujinya. Tak tanggung-tanggung kami membawanya ke salah satu destinasi menarik di wilayah Bogor, Jawa Barat, yaitu Gunung Batu.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Tampilan Agresif

Untuk yang pertama, kita bahas dulu eksteriornya. Desainnya kaku, tegas dan berwajah agresif. Khas mobil-mobil bertema SUV. Tapi sudah ada bahasa desain kekinian. Misal, grille besar seolah ingin mengatakan, di balik kapnya tersembunyi mesin berperforma tinggi yang butuh banyak asupan udara dingin saat melaju kencang.

Ini ditambah lagi oleh sepasang mata sipit LED proyektor yang seperti sedang menatap tajam. Lampu kabut membulat di bagian bawah juga menjamin visbilitas solid di beragam kondisi jalan.

Dari samping mobil ini tampil berotot. Tapi ada ornamen chrome sebagai bingkai bagian atas jendela sekaligus garis atap. Pelindung bodi bagian bawah, berupa cladding berwarna gelap dan roof rail, penanda identitasnya sebagai SUV tulen. Belakangnya minimalis. Tak banyak ornamen dan lekukan. Tapi proporsinya terlihat seksi karena pinggulnya yang besar.

Toyota Corolla Cross Hybrid interior

Interior Mewah

Menariknya, ketika masuk ke kabin, bhasa desain yang dituangkan ke interior sedikit berbeda. Mengemban nama legendaris Corolla, interior mobil ini semewah versi sedannnya. Desain dan layout dasbor dibuat mendekati, meski tak sama persis. Kabinnya minimalis tak banyak tombol berserakan.

Sistem multimedia layar sentuh 9-inci dapat terhubung dengan smartphone secara Miracast. Bahkan head unitnya disiapkan mendukung mobilitas perkotaan. Ada pengingat tanggal hari ini. Cocok buat di Jakarta yang punya aturan Ganjil-Genap.

Ada yang menarik yaitu fitur NFC bisa membaca sisa saldo e-Money untuk bayar tol ataupun parkir. Fitur ini seperti yang ada di smartphone jaman now. Sangat membantu. Kemudian pengaturan audio bisa secara mudah dioperasikan oleh ibu jari saja. Bahkan tersedia fitur perintah suara. Head unitnya ini sekaligus berfungsi sebagai display untuk kamera parkir.

Toyota Corolla Cross Hybrid head unit

Panel indikator AC sudah digital dengan mode auto dan dua zona. Di bawahnya, tersedia konsol penyimpanan dengan penerangan iluminasi. Sedangkan di atap ada moonroof yang bisa dibuka. Fitur pelengkap perjalanan yang menyenangkan, terutama pada SUV petualang.

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup ringkas untuk ukuran SUV. Namun dirancang untuk mengangkut 5-penumpang, jadi ruang kabin yang ditawarkan memadai. Begitupun kursi baris keduanya. Sudah dibekali sandaran tangan, tersedia tiga sandaran kepala pula. Seluruh jok dibalut kulit untuk memberi rasa nyaman. Pun demikian dengan lingkar kemudinya.

Bagasinya menyediakan ruang penyimpanan yang luas. Membuka dan menutup pintu bagasi pun mudah. Semudah memencet tombol dan pintu bagasi terangkat sendiri. Bahkan ada fitur kick sensor. Pokoknya Anda tak akan kecewa mendengar harga mobil ini Rp 497,8 juta.

Toyota Corolla Cross Hybrid speedometer

Performa

Oke, sekarang saatnya mencoba mobil ini dan menjawab pertanyaan di atas. Masuk ke dalam kabin cukup pegang handle pintu, selama kunci di kantung kunci pun terbuka. Cari posisi berkendara yang ideal tidak susah. Karena kemudinya sudah tilt steering dan jok pengemudi dibekali pengaturan elektris. Menyalakan mesin pun cukup pencet tombol.

Sulit bagi kita untuk membedakan apakah mobil sudah benar-benar dalam kondisi siap jalan atau belum. Karena ternyata saat mesin dihidupkan, justru mesin bensin tak menyala. Mobil melaju dalam mode full electric. Hanya baterai yang bekerja.

Sensasi berkendara mobil listrik yang hening tanpa suara dan getaran, bisa dirasakan sepenuhnya. Bahkan Toyota sampai membunyikan suara artificial ke bagian luar kendaraan demi alasan safety. Tujuannya memberi tahu orang di sekitar, kalau ada mobil yang melintas. Ya karena saking heningnya itu.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Jadi sebetulnya, tak perlu naik mobil Full Electric Vehicle untuk bisa merasakan sensasi berkendara mobil listrik. Buktinya, Toyota Corolla Cross Hybrid ini pun juga bisa. Karena mesin baru menyala saat energi baterainya sedikit. Mesin hidup sebagai generator untuk mengisi ulang baterainya atau saat mobil membutuhkan bantuan tenaga mesin untuk menggerakkan roda.

Sengaja destinasi yang kami pilih ini bukan jalanan perkotaan yang mulus dan datar. Tujuannya sekaligus menilai, seberapa hebat performanya, seberapa irit efisiensi bahan bakarnya dan seberapa diandalkannya mobil ini diajak melewati kondisi jalanan yang beragam. Wajib hukumnya bagi Toyota Corolla Cross untuk dipakai bertualang berkelana ke daerah pegunungan di pedesaan, kalau ingin sah disebut crossover.

Menariknya nih, sewaktu mesin bensin bangun dari tidurnya dari dalam kabin hampir tidak terasa perbedaannya. Suara mesin hanya sayup-sayup menyusup ke dalam kabin. Getaran pun minim khas mobil mewah seharga hampir setengah milyar. Tapi waktu saya pindah ke mode berkendara POWER dan injak pedal gas lebih dalam, pertanyaan saya pun terjawab.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Karakter Berbeda

Seolah kepribadian lain dari mobil ini yang tenggelam dibalik persona mobil listrik, berontak. Raungan mesin menelisik ke dalam kabin dan membangkitkan emosi saya untuk mengajaknya menari mengikuti irama jalanan berliku yang sangat sayang untuk dilewati dengan tenang. Lengkingan mesin meninggi seiring semakin dalam pedal gas dipijak, membuat saya lupa sejenak bahwa saya sedang mengemudikan electrified vehicle.

Apalagi karakter penyaluran tenaga mesin bensin yang gradual terasa sangat natural. Intuisi berkendara alamiah yang begitu akrab seperti saat sedang mengendarai mobil umumnya, kembali hadir. Sensasi ini tak akan pernah ditemui kala mengendarai mobil listrik sepenuhnya.

Kesenangan mengemudi ini disuplai mesin 1.8 liter naturally aspirated yang bertenaga 98 PS dengan torsi puncak 142 Nm. Ditambah dorongan tenaga 72 PS dan torsi 162 Nm dari motor elektris. Rute pegunungan yang menantang, bak arena bermain yang ideal bagi Toyota Corolla Cross Hybrid.

Toyota Corolla Cross Hybrid driving mode

Handling

Stabilitas berkendara mobil ini sangat memenuhi ekspektasi. Struktur rangka TNGA dengan low center of gravity menjamin kelincahannya saat dipacu di tikungan. Ditambah bidang pandang yang sangat luas. Pillar-A ramping dan diletakkan pas. Tak merusak pemandangan di tikungan tajam sekalipun.

Pergerakan mobil yang minim body roll, sukses bikin pergerakan kemudinya terasa begitu intuitif. Mungkin dibantu juga dengan fitur kontrol stabilitas. Memang tak bisa dibilang sempurna. Bobot kemudinya terlalu ringan menurut saya dan feedback dari roda ke setir tak begitu dapat dirasakan. Sedikit mengurangi kesenangan mengemudi. Tapi saya sadar, ini SUV.

Konsekuensi paling signifikan harus diterima penumpang di kursi belakang. Peredaman suspensinya terasa agak sedikit keras. Saya jadi terbayang, bagaimana jadinya kalau suspensi belakang Toyota Corolla Cross memakai double wishbone seperti yang dipakai oleh Toyota Camry, Corolla sedan ataupun C-HR. Mungkin bisa sedikit lebih meredam bantingannya, tanpa mengurangi karakter sport mobil ini.

Toyota Corolla Cross Hybrid mesin

Konsumsi BBM

Perjalanan yang kami lakukan memang singkat. Tapi setidaknya berhasil menjawab pertanyaan saya. Sekaligus menasbihkan Toyota Corolla Cross Hybrid sebagai SUV yang bisa dipakai berkelana ke melintasi jalan khas pegunungan di daerah pedesaan tanpa kendala. Tanpa perlu repot kehabisan energi baterai, karena masih mengonsumsi bensin sebagai sumber energi utamanya.

Lalu berapa konsumsi BBMnya? Jangan kaget, konsumsi BBM kombinasi dalam kota dan tol terbaik yang bisa kami catatkan sejauh kurang lebih 100 km, 22,6 kpl. Anda tahu, berapa konsumsi BBM saat menuruni bukit sejauh kurang lebih 20 km, 66,9 kpl. Percaya atau tidak, saat menuruni bukit hampir 90% perjalanan, mesin bensin tidak hidup. Energi baterai terus terisi secara regeneratif.

Toyota Corolla Cross Hybrid

Jangan lupa, pindahkan tuas transmisi ke posisi B di turunan tajam. Tujuannya selain berfungsi mengisi daya baterai lebih optimal, juga sebagai penghambat laju, semacam engine brake di mobil bermesin pembakaran konvensional.

Singkatnya, Toyota tidak bohong waktu Toyota memilih kalimat "Two Sides of The Finest" sebagai slogan untuk mobil ini. Anda bisa merasakan sensasi mengendari mobil listrik sepenuhnya, tapi di sisi lain, mampu membangkitkan kesenangan mengemudi saat mesin bensin hidup. (RS/Raju)

Jelajahi Toyota Corolla Cross

  • Tampak Depan Bawah Toyota Corolla Cross
  • Tampak samping Corolla Cross
  • Tampak Depan Toyota Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Fog lamp depan Corolla Cross
  • Pelek Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Toyota Corolla Cross Front Side View
  • Tampak belakang tengah Corolla Cross
  • Tampak belakang sisi tengah Corolla Cross
  • Tampak depan medum angle Corolla Cross
Toyota Corolla Cross
Rp 568,2 - 608,4 Juta Cicilan : Rp 12,96 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Corolla Cross dari Carvaganza

  • IIMS 2023: Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport, Menarik Sebagai SUV Hybrid
    IIMS 2023: Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport, Menarik Sebagai SUV Hybrid
    Muhammad Hafid . 23 Feb, 2023
  • IIMS 2023: Toyota Corolla Cross GR Sport Meluncur, Segini Harganya
    IIMS 2023: Toyota Corolla Cross GR Sport Meluncur, Segini Harganya
    Wahyu Hariantono . 16 Feb, 2023
  • Toyota Corolla Cross GR Sport Bakal Muncul di IIMS 2023? Intip Dulu Spesifikasinya
    Toyota Corolla Cross GR Sport Bakal Muncul di IIMS 2023? Intip Dulu Spesifikasinya
    Setyo Adi . 07 Feb, 2023
  • TOKYO AUTO SALON 2023: Toyota RAVCross, Ketika Corolla Cross dan RAV4 Kawin Silang
    TOKYO AUTO SALON 2023: Toyota RAVCross, Ketika Corolla Cross dan RAV4 Kawin Silang
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2023
  • Test Drive Toyota Corolla Cross Hybrid Di Pameran Autovaganza QBig Mall
    Test Drive Toyota Corolla Cross Hybrid Di Pameran Autovaganza QBig Mall
    Eka Zulkarnain H . 05 Jun, 2022

Artikel Mobil Toyota Corolla Cross dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Detail Spesifikasi dan Kelengkapan Toyota Corolla Cross GR Sport
    Detail Spesifikasi dan Kelengkapan Toyota Corolla Cross GR Sport
    Muhammad Hafid . 23 Feb, 2023
  • Skema Cicilan Toyota Corolla Cross GR Sport, Angsuran Rp12 Jutaan per Bulan
    Skema Cicilan Toyota Corolla Cross GR Sport, Angsuran Rp12 Jutaan per Bulan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2023
  • IIMS 2023: Toyota Corolla Cross GR Sport Menambah Jajaran Lini Sporty
    IIMS 2023: Toyota Corolla Cross GR Sport Menambah Jajaran Lini Sporty
    Wahyu Hariantono . 16 Feb, 2023
  • Toyota Corolla Cross GR Sport Bakal Hadir di IIMS 2023, Intip Spesifikasinya
    Toyota Corolla Cross GR Sport Bakal Hadir di IIMS 2023, Intip Spesifikasinya
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2023
  • Perbandingan Performa Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Corolla Cross Hybrid
    Perbandingan Performa Wuling Almaz Hybrid dan Toyota Corolla Cross Hybrid
    Anjar Leksana . 08 Nov, 2022
  • Duel SUV Dua Mesin, Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Duel SUV Dua Mesin, Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 09 Nov, 2022
  • Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid yang Membuatnya Menarik untuk Dipertimbangkan
    Keunggulan Toyota Corolla Cross Hybrid yang Membuatnya Menarik untuk Dipertimbangkan
    Ahmad Karim . 26 Jan, 2021
  • Komparasi Crossover Kompak 1,8 liter: Toyota Corolla Cross vs Honda HR-V Prestige
    Komparasi Crossover Kompak 1,8 liter: Toyota Corolla Cross vs Honda HR-V Prestige
    Ahmad Karim . 05 Okt, 2020
  • Toyota Corolla Cross vs Mazda CX-30, Pilih yang Ekonomis atau Canggih?
    Toyota Corolla Cross vs Mazda CX-30, Pilih yang Ekonomis atau Canggih?
    Ahmad Karim . 22 Sep, 2020
  • Adu Canggih Dua SUV Hybrid: Nissan Kicks e-Power vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Adu Canggih Dua SUV Hybrid: Nissan Kicks e-Power vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Ahmad Karim . 03 Sep, 2020
  • Road Test Toyota Corolla Cross Hybrid: Seberapa Irit Saat Dipakai Bertualang?
    Road Test Toyota Corolla Cross Hybrid: Seberapa Irit Saat Dipakai Bertualang?
    Rizki Satria . 14 Sep, 2020