7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Pakai Sepeda Motor

mudik motor

 

Jika mudik menggunakan sepeda motor. Banyak hal yang harus diperhatikan, pasalnya lebih riskan terjadinya laka lantas. Betul, harus ekstra hati-hati terutama menyangkut faktor keamanan. Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Agar perjalanan aman, nyaman dan lancar. Jangan lupa siapkan tujuh hal seperti kelengkapan surat-surat, hingga kondisi kendaraan. Berikut kiat yang dapat diperhatikan oleh pengendara sepeda motor.

 

Kelengkapan SIM dan STNK

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku. Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan. Juga, merupakan bukti kalau Anda telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

 

Gunakan Helm SNI

Pengendara juga harus memastikan bahwa helm yang digunakan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan di Indonesia. Bisa dipastikan dari tulisan/logo SNI yang ada di helm. Kemudian cek, tali pengikat helm berikut sistem penguncinya berfungsi. Kaca helm juga harus bersih dan jernih agar visual berkendara baik.

 

Jas Hujan dan Alat-alat Motor

Belakangan ini cuaca sangat tidak bisa ditebak. Maka dari itu Anda wajib membawa jas hujan sebagai persiapan menghadapi hujan. Terus tool kit motor juga harus dibawa terus ke manapun Anda pergi. Seperti obeng, kunci busi, kunci pas dan perlengkapan lain.

 

Rute Perjalanan

Ada baiknya Anda mempelajari rute mana yang akan digunakan. Hal ini untuk menghindari kemacetan hingga salah arah yang bisa mengakibatkan waktu tempuh menjadi terukur. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, dan dapat membuat kondisi pengendara menjadi lelah.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Motor yang Jarang Dipakai Tetap Sehat

 

tips mudik motor

Periksakan Sepeda Motor ke Bengkel Resmi

Melakukan pemeriksaan sebelum mudik menjadi hal wajib untuk dilakukan. Hal ini untuk memastikan kendaraan diperiksa oleh tenaga ahli. Tujuannya mengurangi kerusakan saat digunakan. Apabila ada suku cadang yang rusak maka akan diganti dengan barang orisinal dan pemasangannya sesuai prosedur.

 

Perhatikan Muatan

Nah, perjalanan jauh seperti mudik sangat memerlukan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perhatikan muatan kendaraan. Jangan membawa muatan yang berlebihan, baik penumpang maupun barang bawaan. Hal ini karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan membahayakan pengendara. Stabilitas motor pun terganggu.

 

Jangan Memaksakan Diri

Yang tidak kalah penting lainnya adalah jangan memaksakan diri dalam berkendara. Seperti fisik pengendara saat sudah kelelahan atau mengantuk. Jangan mengebut dan beristirahatlah di tempat yang layak, serta maksimal berkendara setiap 3 jam sekali agar kondisi badan selalu prima dalam berkendara.

“Untuk menemani perjalanan mudik para pemotor. Kami telah menyiapkan 15 Bengkel Siaga Suzuki yang ada di sepanjang jalur mudik Jawa. Konsumen Suzuki dapat memanfaatkan fasilitas ini jika mengalami kendala teknis saat di perjalanan. Kami harap fasilitas dan pelayanan yang ada di Bengkel Siaga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik,” tutup Hariadi. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Cara Mengurangi Risiko Cedera saat Terjatuh dari Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang