Cara Ampuh Atasi Gredek atau CVT Getar Honda Vario 125 dan Ketahui Penyebabnya

Honda vario 125 gredek

Salah satu kendala skuter matik yaitu bunyi kasar hingga gredek di bagian CVT. Hal itu kerap terjadi di Honda Vario 125 atau bahkan model lain. Getar muncul ketika pengguna skutik menekan gas dari posisi pelan dan berusaha akselerasi kencang. Kalau kendala masih ringan, hanya terasa di awal-awal saja kemudian tidak lagi bergejala. Yang jadi masalah, hal itu sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Sebelum temukan solusinya, simak dulu apa penyebab serta faktor pendukung kerusakan.

 

Penyebab

Faktor pertama penyebab terjadi gredek di skutik karena terdapatnya kotoran pada Continuously Variable Transmission (CVT) di dalam motor. Kotoran muncul karena disebabkan banyak hal. Mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur. Bisa juga karena kampas ganda mulai menipis dan bermasalah.

Penyebab kedua, yakni terletak pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mengeras. Jika sudah begitu, maka kampas ganda menjadi goyang karena tidak ada penyangganya. Dan karena kampas ganda goyang, maka terjadi benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada. Getar bisa sangat terasa di skutik Anda.

Lalu penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau makin menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda juga mudah bergoyang. Atau hal lain yang bikin transmisi getar ialah terjadi kerusakan pada roller weight atau roller CVT. Serta fan belt sudah mulai aus.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Motor yang Jarang Dipakai Tetap Sehat

 

Cara Atasi

Nah, solusi paling enak memang melakukan servis di tempat terpercaya atau bengkel resmi seperti AHASS terdekat. Namun apabila ingin memperbaiki sendiri. Maka hal yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan mangkuk rumah kopling. Setelah itu, pemilik juga dapat menghilangkan kotoran menempel di fan belt serta di bagian roller.

Tahapan selanjutnya, Anda harus memeriksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda. Namun apabila setelah membersihkan bagian-bagian ini dan skutik masih berbunyi serta terasa gredek-gredek. Maka Anda harus mengganti perangkat orisinal yang dijual di bengkel resmi. Tapi kalau sudah ganti baru, lantas tak lama kemudian terjadi kasus serupa. Mungkin bisa mencoba alternatif lain. Misal dengan beli paket CVT full spek garapan Astro, cocok untuk Vario 125, Vario 150, ADV 150 dan PCX 150 yang isinya:

  • Pulley rumah roller & Kipas pulley Astro 13,8 High Quality Japan Performance
  • Mangkuk anti-gredek Astro (ori AHM) yang dilubangi
  • Satu set per centi Honda Beat Karbu (Honda zoomer)
  • Per CVT PCX Thailand / per CVT CLD 1.500 rpm
  • Ring pulley Mio J
  • Roller 9,10,11,12,13,14,15 (sesuai pesanan)

Dalam paketan lengkap, mereka menawarkan harga Rp820 ribu di e-commerce. Part bisa dipasang di bengkel motor terdekat. Ongkos jasa sekitar Rp35 ribu sampai Rp50 ribuan. Kalau mau lebih murah, Anda bisa mengganti mangkuk anti-gredek Rp300 ribu saja. Sejauh ini dalam pemakaian sekitar 5.000 km, relatif aman dan belum muncul gredek parah. Tapi yang jelas, cara membawa skutik memiliki andil besar dalam mempercepat keausan perangkat CVT. (Alx/Odi)

 

Sumber: Wahana Honda

Baca Juga: Tips Menjaga Panel Bodi Plasti Agar Tak Cepat Kusam

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang