Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Sepeda Motor Ditinggal Liburan Nataru

standar tengah

Libur akhir tahun dan natal biasanya berlangsung lama. Misal Anda yang punya mobil untuk pulang kampung atau transportasi umum. Kerap meninggalkan motor di rumah. Sebelum melakukan hal itu, ada baiknya ikuti sejumlah langkah. Sehingga kendaraan bisa lebih aman dan mengurangi macam-macam risiko. Mulai dari memastikan kebersihan, posisi meletakkan aman, cek kondisi bahan bakar hingga penguncian tambahan.

 

Cuci Motor

Sangat dianjurkan motor dicuci bersih terlebih dahulu sebelum menghabiskan libur natal dan akhir tahun. Bisa dilakukan sendiri atau di lokasi pencucian langganan. Hal ini bertujuan demi mencegah korosi akibat kotoran yang menempel pada bodi atau rangka motor. Usai dibersihkan, pastikan kondisi kering pada semua bagian. Jangan sampai ada air yang menggenang di area kelistrikan. Untuk motor berantai, beri pelumas khusus, agar kondisinya tidak kering.

 

Gunakan Penyangga Tengah

Ini yang mungkin jarang diketahui publik. Gunakan standar atau penyangga tengah saat ditinggal pergi lama. Beri alas di bawah bagian ban yang menempel langsung pada lantai, agar tekanan angin tidak cepat berkurang atau mudah kempis. Standar samping baiknya digunakan saat berhenti sebentar saja. Bila pengendara pakai standar samping, lama-lama ada perubahan pada rangka. Ini juga bisa berpengaruh pada engine mounting. Jadi standar tengah ialah langkah antisipasi.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Motor yang Jarang Dipakai Tetap Sehat

 

Perhatikan Bahan Bakar

Karena sepeda motor bakal ditinggalkan dalam waktu cukup lama, sebaiknya isi penuh bahan bakar. Atau kalau bisa kosongkan dengan menguras hingga habis. Opsi pertama lebih mudah untuk Anda lakukan. Tujuannya menghindari karat lantaran proses penguapan ketika motor ditinggal. Tangki bisa berembun jika seal tidak maksimal dan ada ruang udara.

 

Lepas Kabel Aki

Jika motor ditinggal lebih dari satu minggu, cabut kabel yang terhubung dengan aki. Tujuan utama, agar tak terjadi hubungan arus pendek. Yang kedua, agar tidak ada arus listrik yang terbuang sia-sia. Kalau bisa, lepaskan dan simpan aki di tempat yang aman.

 

Pengaman Tambahan

Untuk menghindari tindak kejahatan, sebaiknya pakai kunci tambahan. Minimal diberi gembok. Atau bisa pakai grip lock, yang dipasang pada bagian tuas gas, kopling atau rem. Pokoknya yang berkaitan dengan stang. Model semacam itu berdiameter grip 27 mm sampai 38 mm. Hampir semua jenis motor bisa dipasangkan. Banderol gembok bervariasi, mulai dari Rp50 ribuan hingga ratusan ribu.

 

Simpan Motor di Dalam Rumah

Meski Anda punya lahan parkir di luar, sebaiknya simpan motor di dalam rumah. Yang jelas faktor keamanan. Motor yang terpapar matahari dalam jangka waktu lama juga berisiko. Memarkirkan motor di rumah pun meminimalisasi gangguan binatang pengerat. Selain dijadikan sarang, mereka kerap sekali memutus kabel dalam motor. Jangan lupa menutup motor dengan cover yang dijual sekitar Rp100 ribuan. Selain aman dari debu, ini menghindari motor bila terkena bocoran hujan tak terduga. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Cara Mengurangi Risiko Cedera saat Terjatuh dari Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang