Daya Pikat Toyota Corolla Cross yang Membuatnya Menarik untuk Dipertimbangkan

Toyota Corolla Cross Hybrid

Hanya segelintir mobil yang mampu bertahan selama puluhan tahun. Bahkan bisa tetap laris hingga sekarang. Salah satunya Toyota Corolla, siapa yang tak mengenal nama itu. Eksistensi puluhan tahun tak pernah menyurutkan popularitasnya. Jika dihitung sejak kelahirannya pada November 1966, maka hingga kini ia sudah berusia 55 tahun. Usia yang sangat dewasa jika kita mengibaratkan sebagai manusia.

Ia juga masuk dalam daftar salah satu mobil paling laris di dunia. Saking populernya, dulu di Indonesia sebutan untuk mobil sedan adalah Corolla. Apapun mereknya, banyak orang yang menyebut sedan itu sebagai Corolla. Sebegitu identiknya.

Dari awal kelahiran, racikan desain serta performa bak mantra magis. Menyihir kalangan yang dulu meremehkan kehebatan Jepang di dalam memproduksi mobil, dan mematahkan anggapan merendahkan dari pabrikan Eropa. Setelah dua tahun mendebut, pada 1968, ia kemudian masuk pasar Amerika Serikat. Awalnya publik Uncle Sam memandang sebelah mata, tapi justru dalam 10 tahun terakhir Toyota Corolla menobatkan diri sebagai salah satu model paling laris di sana.

Berkat nama yang mendunia, Toyota melakukan pengembangan yang mengeluarkan Corolla dari pakem. Maksudnya, pabrikan yang bermarkas di Toyota City itu sudah melahirkan Corolla dalam bentuk layout sedan, liftback, hatchback maupun wagon. Sampai akhirnya Corolla dirilis dalam bentuk SUV untuk merangkul pasar yang lebih masif lagi.

Toyota Corolla Cross akhirnya manggung untuk memikat pecinta SUV/crossover. Berdiri kokoh di atas platform Toyota New Global Architecture C-Segment (TNGA-C), hadir dengan tampilan yang gagah tetapi juga memiliki nilai fungsionalitas yang tinggi.

 

Corolla dengan DNA SUV

Toyota Corolla Cross Hybrid

Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota Motor Corporation dalam presentasinya kala peluncuran di Thailand menyebutkan; "Konsep mobil ini adalah 'Corolla Meets SUV’. Yap, mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, Corolla Cross menggabungkan dua dunia antara DNA Corolla dengan sebuah SUV Urban.

Desain eksteriornya dibuat dengan bodi yang tebal, kokoh serta sarat akan lekukan garis aerodinamika. Juga dibekali grille honeycomb yang mengapit lampu depan LED yang menyipit demi memberikan kesan 3 dimensi di fascia depan. Selain itu, terdapat sentuhan aksen biru di beberapa panelnya yang menegaskan jati diri Corolla Cross sebagai sebuah SUV bertenaga elektrifikasi lewat kehadiran versi hybrid.

Bagian buritan secara jelas menonjolkan kesan SUV dengan profil bodi yang solid dan desain bumper belakang dengan aksen diffuser di bawahnya. Toyota Corolla Cross menggunakan velg alloy 18 inci yang menyumbang kesan elegan. Didukung oleh ground clearance 165 mm, membuatnya terlihat jangkung dan memudahkannya mengarungi medan jalan tak rata.

 

Fitur dan Kenyamanan Kelas Atas

Toyota Corolla Cross Hybrid interior

Kesan mewah terlihat dari desain dashboard, yang memang mirip dengan versi sedan. Tapi mendapatkan sentuhan sporty untuk memperkuat aura SUV/crossover. Agar pandangan dari area kokpit bertambah luas, kaca depan dibuat dengan penampang yang luas. Hampir semua bagian kabin dari mulai jok sampai trim pintu terbungkus material kulit. Tak lupa juga lingkar kemudi.

Di balik setir terdapat layar MID 4,2 inci yang menampilkan informasi kendaraan secara digital dan mudah dibaca. Pada layanan hiburan, dimanjakan layar sentuh berukuran 9 inci dengan dukungan fitur seperti Bluetooth, Voice Command, Miracast, dan NFC. Fitur menarik lain yang terdapat di seluruh Toyota Corolla Cross adalah lampu iluminasi yang menghiasi beberapa sudut kabin demi memberikan nuansa mewah dan nyaman.

Penumpang juga mendapatkan kemudahan dalam mengakses lantai bagasi yang rendah lewat aplikasi fitur Power Back Door dilengkapi kick sensor di model HEV.

Corolla Cross terang-terangan membawa nuansa sang sedan dalam kabin. Dapat dilihat rancangan dasbor identik, menyuarakan kesan berkelas dari perpaduan nuansa hitam bersama detail aksen silver. Bahan kulit sintetis bermotif polos campur perforated lantas membungkus jok. Ditemukan pula beberapa titik pembungkus leather misal pada shift knob dan lingkar kemudi.

Sebagai SUV perkotaan, Toyota ingin memastikan penghuni kabin Corolla Cross dimanjakan oleh beragam fitur kenyamanan terkini. Seperti steering switch untuk mengendalikan audio, cruise control, dan MID. AC digital dual zone memastikan penghuni kabin merasakan kesejukan optimal. Tersedia head unit 9 inchi IPS display dilengkapi radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command. Plus smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci. Untuk menikmati suasana malam hari atau siang hari, terdapat moonroof yang bisa dibuka dan ditutup otomatis.

Di luar, terdapat rain sensor untuk mengaktifkan wiper, auto fold mirror untuk menekuk spion samping otomatis sehingga bisa parkir di area sempit tanpa khawatir, shark fin antenna dengan desain elegan dan modern di atap, dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi. Bersama pengatur jok pengemudi elektrik, yang terdapat di model HEV.

 

Dua Pilihan Mesin Ekonomis

Toyota Corolla Cross Hybrid mesin

Toyota Corolla Cross menyediakan dua pilihan mesin yakni 2ZR-FE 4-silinder berkapasitas 1.789 cc VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 138 hp (140 PS). Tendangan torsinya mencapai 171 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan melalui transmisi otomatis CVT dengan mode manual 7 percepatan.

Sementara itu pada varian Corolla Cross Hybrid tersedia mesin 2ZR-FXE 1.8 liter yang disandingkan dengan motor elektrik. Keduanya beroperasi secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan daya pada baterai.

Dengan kapasitas 1.798 cc, 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS dibarengi torsi puncak 142 Nm. Disokong pula dorongan motor listrik sekuat 72 PS plus torsi 163 Nm. Hasil itu ditorehkan dari baterai nickel-metal hydride 28 modules 168 cells di atas papan konstruksi TNGA.

 

Keselamatan Tingkat Tinggi

tes tabrak corolla cross

Di samping sajian performa dari balik mesinnya, Toyota Corolla Cross juga masih menghadirkan beberapa fitur pendukung keselamatan. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags. Ada juga Start Assist Control (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signals (EBS), serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Belum lagi sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm untuk menjaga keamanan ketika parkir. Dengan begitu, pengemudi dapat mencurahkan segala kemampuan Toyota Corolla Cross dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi pendatang baru paling serius dengan tampilan yang mengesankan. Didukung oleh nama besar Toyota dan mesin hibrida bertenaga. Kehadirannya menjadi alarm bahaya bagi pesaingnya di segmen SUV kompak Tanah Air. (ADV)

Jelajahi Toyota Corolla Cross

  • Tampak Depan Bawah Toyota Corolla Cross
  • Tampak samping Corolla Cross
  • Tampak Depan Toyota Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Fog lamp depan Corolla Cross
  • Pelek Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Toyota Corolla Cross Front Side View
  • Tampak belakang tengah Corolla Cross
  • Tampak belakang sisi tengah Corolla Cross
  • Tampak depan medum angle Corolla Cross
Toyota Corolla Cross
Rp 463,51 - Rp 518,48 Juta Cicilan : Rp 10,58 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi