Honda Luncurkan Motor Baru pada 2 Februari 2022, Vario 160 cc?

new honda vario 150

Siap-siap, Astra Honda Motor luncurkan produk baru pada 2 Februari 2022. Dalam undangan resmi, mereka bakal mengenalkan di AHM Safety Riding & Training Center di kawasan GICC, Kota Deltamas, Jawa Barat. Tidak disebutkan jenis apa, namun sejumlah informasi dan indikasi kuat mengarah ke Vario 160 cc. Ini yang menarik, ia dikabarkan berbagi mesin bareng skuter matik seperti PCX. Jadi semakin bertenaga dan semoga pabrikan memberi banderol terjangkau.

Enjin terbaru memiliki kapasitas pembakaran 160 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan. Ukuran diameter piston 60 mm dan stroke 55,5 mm. Berkat formulasi anyar – seperti di PCX – motor mampu mengurangi gesekan maupun getaran. Olah piston tunggal menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW (16 PS) di 8.500 rpm plus torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Tapi buncahan daya belum tentu sama dari si skutik premium itu. Boleh jadi buat Vario sedikit dikurangi, sebagai pembeda.

Mari kita bandingkan dengan jantung pacu Vario 150 cc berteknologi eSP. Embusan daya mencapai 11,1 PS di 8.500 rpm dan torsi puncak 10,8 Nm sejak 5.000 rpm. Motor ini mampu mencatat waktu 11,9 detik untuk jarak 0-200 meter. Lalu top speed 102 km/jam. Selain bertenaga, model eksis memiliki konsumsi BBM teririt di kelasnya, sebesar 52,9 km/liter. Efisiensi ini pula yang harus dipertahankan sebagai nilai jual di Vario 160.

Baca Juga: Masih Jadi Andalan, Honda Revo 2022 Mendapat Perubahan

 

Honda vario 150

Lalu ekspektasi fitur tersedia di model anyar berupa Answer Back System (remote), lampu depan LED, PGM-FI, Combi Brake System plus ISS (Idling Stop System). Sistem pengereman ABS pun bisa jadi opsi di varian tertinggi. Urusan akomodasi, Honda Vario 160 ditengarai memiliki kelengkapan cukup memadai. Misal bagasi luas. Cocok untuk membawa jas hujan, sepatu bahkan helm pun bisa masuk.

Vario 160 cc niscaya tetap mempertahankan konstruksi rangka underbone. Sedangkan tarikan gaya bodi dibuat tajam, hingga alur sayap depan meruncing ke bawah. Pendaran cahaya depan maupun belakang menggunakan permainan LED. Lalu jenis speedometer diyakini memakai full digital. Tak ketinggalan, ia wajib memiliki dua kantung di bagian depan kiri maupun kanan. Sehingga Anda bisa menaruh sarung tangan dan barang bawaan ringan. Kemudian deknya dibikin rata, yang berarti bisa membawa barang tinggi. Atau dapat digunakan menaruh tas kerja.

Nah, indikasi kedatangan Vario 160 sebetulnya sudah tertera di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021. Tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Sekarang tinggal menunggu waktu saja dan melihat AHM dalam meracik harga on the road, agar ia tetap kompetitif di kelas baru. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Sebelum Membeli Honda Vario 150, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Dulu

Jelajahi Honda Vario 150

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan