Percaya Diri Taklukkan Beragam Medan dengan Modal Mesin Blue Core 155 VVA

Yamaha Nmax touring

Touring OTO x Yamaha ExploRIDEtion Oase Pasundan menempuh jarak tak kurang dari 250 km. Dari Jakarta menuju Pantai Selatan Cianjur, rombongan yang terdiri dari 3 motor Maxi Yamaha harus melewati beragam medan khas dataran tinggi Selatan Jawa Barat.

Mulai dari jalanan perkotaan yang padat dan penuh dengan kemacetan. Rute lintas kota yang panjang dan diwarnai banyak tikungan. Hingga medan dengan elevasi beragam yang menuntut tak cuma kepiawaian rider dalam mengendarai motor, namun juga performa maksimal dari sang motor itu sendiri.

Atas alasan itulah kami memilih tiga motor yang kami kendarai dari kelas Maxi Yamaha, yaitu All New NMax Connected/ABS dan All New Aerox Connected/ABS. Baik All New Nmax maupun All New Aerox, punya keunggulan yang tak dimiliki kompetitornya, yakni mesin 1-silinder 155 cc berteknologi Blue Core yang sudah dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA). Pada perjalanan jarak jauh dengan ritme kecepatan yang beragam, teknologi VVA jadi sangat bermanfaat.

Yamaha nmax touring

Sistem ini bekerja mengatur bukaan katup (valve) dalam dua tingkatan berbeda sesuai dengan putaran mesin (rendah dan tinggi). Caranya dengan menyediakan profil kem berbeda dalam satu batang kem yang sama. Mekanisme pergeseran kem diatur oleh actuator yang bekerja sesuai putaran mesin.

Adanya bukaan katup yang berbeda akan memberikan asupan bahan bakar maksimal pada beragam situasi pengendaraan. Saat RPM rendah, yang biasanya terjadi di momen stop and go kemacetan, torsi maksimal tetap bisa didapat dan momentum gerak pun tak sulit diraih. Begitupun saat harus cruising di RPM tinggi, ia tetap punya tenaga yang bisa diandalkan.

Saat harus bermacet ria di kepadatan Jakarta maupun Cianjur pusat, kedua skutik tersebut selalu sigap diajak bergerak dan andal mengolah bahan bakar. Bahkan, meski salah satu All New Nmax harus menopang bobot rider yang mencapai 120 kg, ia tetap lincah bermanuver di tengah kepadatan.

Baca Juga: Kontrol Maksimal Yamaha All New NMax dengan Dual Channel ABS di Touring Oase Pasundan

 

Yamaha Maxi Touring

Ketika harus melahap lintasan luar kota yang menuntut kecepatan tinggi, mesin pun tetap siaga memberikan respon yang baik tanpa harus kehabisan nafas. Grafik tenaganya terasa padat begitu harus menyalip kendaraan yang lebih lambat. Kecepatan kami saat sedang cruising bisa mencapai 50-60 kpj. Bayangkan jika harus menyalip, maka kami butuh kecepatan lebih tinggi secara singkat. Menariknya itu semua dapat dengan mudah dilakukan berkat kehadiran VVA yang terbenam pada mesin motor.

Manfaat positif lain dari teknologi VVA adalah efisiensi. Berkat torsi maksimal yang merata di setiap putaran, All New Nmax bisa efektif mengolah bahan bakar yang diasupkan ke mesinnya. Hal ini tentu jadi poin plus ketika ia harus menemani kami di perjalanan jarak jauh.

 

Tentang VVA di Motor Yamaha

yamaha VVA engine

Yamaha merupakan pabrikan pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi VVA di motornya. Nmax, adalah pelopor atau produk pertama yang diasupkan fitur pengatur klep variabel ini. Setelah Nmax, teknologi serupa diadopsi juga ke beragam skutik lainnya, seperti Aerox dan Lexi. (ADV)

 

Spesifikasi Mesin Yamaha All New NMax Connected/ABS

Mesin : 155 cc, 4 katup
Tenaga : 15,3 HP / 8.000 RPM
Torsi : 13,9 Nm / 6.500 RPM
Diameter x Langkah : 58,0 mm x 58,7 mm
Rasio kompresi : 11,6 : 1
Pendinginan : Liquid Cooled
Kapasitas tangki bensin : 7,1 liter
Konsumsi BBM: 38-39 km per liter (MID)

 

Spesifikasi Mesin Yamaha All New Aerox Connected/ABS

Mesin : 155 cc, 4 katup
Tenaga : 15,3 HP / 8.000 RPM
Torsi : 13,9 Nm / 6.500 RPM
Diameter x Langkah : 58,0 mm x 58,7 mm
Rasio kompresi : 11,6 : 1
Pendinginan : Liquid Cooled
Kapasitas tangki bensin : 5,5 liter
Konsumsi BBM: 38 km per liter (Full to Full)

 

Baca Juga: Melaju Tanpa Ragu Berkat Kontrol Traksi Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS

Jelajahi Yamaha Nmax Connected

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha R15
    Yamaha R15
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang