Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    6 Hal Paling Menarik dari All New Honda Scoopy

    All New Scoopy memperkuat lini skutik entry level Honda. Selain desain yang tampak segar, juga mendapat ubahan penting di mesin, rangka dan beragam fitur yang lebih canggih. Tampilannya makin kental dengan nuansa retro dan juga lebih lincah berkat penggunaan teknologi frame baru. Banderol yang ditawarkan mulai dari Rp 19,950 juta OTR Jakarta. Apa yang membuatnya layak dibeli?


    Desain Retro


    Desain bodinya makin menawan dibanding model lama. Namun tetap kental nuansa retronya. Tampilannya kian bulat, dari depan hingga belakang. Bagian fasad masih satu tema dengan versi sebelumnya. Masih bertahan dengan lampu oval, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor. Ini yang menjadi ciri khas Scoopy hingga sekarang, sekaligus menjadi salah satu keunggulan di kelas skutik entry level. Bedanya hanya di bentuk dan penempatan lampu sein. Sekarang terpisah dan wujudnya pun dinamis.


    Di sisi kanan tameng depan diberikan tiga lubang, semacam lubang angin. Memberikan sedikit nuansa sporty. Ditambah model spakbor depan yang selaras dengan bodi. Belakang dapat penyegaran. Bentuk mika stoplamp bulat sempurna. Sama dengan bagian depan, sinyal belok dipisah. Memberikan khas layaknya skuter Eropa. Sementara area samping masih menyerupai Scoopy lama, pakai konsep garis bodi S (shape).


    Rancang bangun Scoopy masih cukup ideal untuk digunakan oleh semua kalangan. Ia memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Beda sedikit dengan sebelumnnya (1.847 x 686 x 1.061 mm). Skutik ini memiliki jarak sumbu roda 1.251 mm serta ground clerance 145 mm. Dimensi segitu menawarkan posisi berkendara sangat nyaman, terlebih bobotnya hanya 95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey).


    Walau ukuran roda sama, desainnya kini berbeda. Terdapat bilah-bilah di setiap palang, membuat tampilan jadi gres. Tiap pelek dibungkus dengan ban berukuran 100/90 depan dan 110/90 belakang. Keunggulannya sekarang pakai kulit bundar berprofile donat. Berpengaruh terhadap handling.


    review honda scoopy


    Sasis eSAF


    Salah satu bentuk pembaruan paling utama pada Scoopy 2020 yaitu pada rangkaian sasis. Kini mengusung teknologi yang disebut Enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF). Frame ini sudah lebih dulu dipakai Genio dan Beat. Pabrikan mengklaim lebih ringan 8 persen dibanding rangka model lama. Efeknya berhasil membuat bobot Scoopy berkurang. Tadinya hampir 100 kg, sekarang tipe standar hanya 95 kg dan yang pakai smart key 94 kg.


    Tidak seperti skutik pada umumnya, frame Scoopy baru memiliki konstruksi mengotak. Sampai bagian belakang sasis pakai pelat yang ditekuk dan dipres, sehingga tidak lagi membulat. Rangka ini dibuat dengan proses produksi press dan laser welding.


    Keunggulan rangka eSAF lebih kuat karena memiliki daya tahan yang baik dibandingkan rangka pipa. Berdasarkan uji internal, sasis lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai. Rangka lebih kaku dan kuat. Karena bentuknya lebih pipih, maka kapasitas tangki dan bagasi jadi meningkat. Ruang penyimpanan di bawah jok sekarang 12 liter. Penampung bensin yang sebelumya 4liter menjadi 4,2 liter.


    mesin baru honda scoopy


    Mesin Baru Lebih Responsif


    Banyak perbedaan dari mesin 110 cc dulu dengan sekarang. Kini ia menggendong mesin generasi baru dan termutakhir. Spesifikasinya, 110 cc 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Ada perbedaan pada bore x stroke, kini dibuat 47,0 x 63,1 mm dan rasio kompresi 10,0:1. Langkah pistonnya dibuat lebih panjang untuk mengejar akselerasi.


    Output tenaga Scoopy anyar ada diangka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm/5.500 rpm. Sesungguhnya, powernya itu berkurang sedikit dibanding Scoopy lama. Walau begitu, Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya irit. Berdasarkan data internal Honda, konsumsi bahan bakar Genio mencapai 59 km/liter (ISS on).


    Fitur Lengkap dan Canggih


    Variabel fiturnya sekarang lebih lengkap dan canggih. Ciri khasnya tentu lampu depan LED yang disajikan dengan proyektor, lengkap dengan DRL. Menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus kala digunakan untuk mengemudi di siang atau malam hari.


    Pengisi daya atau power outlet kini diperbarui. Di dalamnya sekarang sudah berjenis soket USB. Jadi pemilik tidak direpotkan untuk membeli konektor untuk bisa mengisi baterai gawai. Tinggal aplikasikan lewat kabel bawaan ponsel saja.


    Kemudian ia memiliki bagasi seluas 15,4 Liter. Sekarang bisa menyimpan helm, tapi ada kriteria khusus, yakni pelindung kepala yang dijual secara resmi oleh AHM. Selain itu bisa juga untuk menyimpan barang berdimensi kecil macam sarung tangan, kacamata, botol minuman serta jas hujan.


    Panel instrumen kini tampil lebih modern, walau masih kombinasi analog-digital. Format angka, grafis dan bentuknya berubah. Layar di bawah spidometer mencangkup informasi lebih komplet. Scoopy generasi baru sekarang menampilkan konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, membantu pengendara mengetahui perilaku berkendaranya. Ada juga informasi Oil Change, yang memberi tahu kapan saatnya untuk ganti oli dan indikator baterai (khusus tipe tertinggi). Tak lupa juga dengan Indikator ECO yang dapat menjadi panduan untuk mengemudi secara ekonomis.


    Scoopy model anyar diberikan Multi Function Hook. Bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan. Didesain secara praktis karena dapat ditutup bila tidak digunakan. Kemudian pijakan kaki untuk pembonceng kini terintegrasi dengan bodi. Memeberikan nuansa berbeda dan secara estetika jadi lebih baik.


    Tetap memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan. Ia pakai pelek jenis baru, tapi ukuran rodanya masih sama, 12 inci. Dibungkus dengan ban tubeless berprofil lebar, 100/90 depan dan 110/90 belakang. Bikin handling motor jadi stabil.


    Skutik ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis, karena telah didukung oleh teknologi eSP dan PGM-FI. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS). Membuat mesin Scoopy dapat mati secara otomatis ketika berhenti selama lebih dari 3 detik. Anda cukup menarik tuas gas, maka mesin hidup kembali.


    Honda all new scoopy


    Aman


    Selain Answer Back System dan Anti Theft Alarm, kini makin aman dengan hadirnya Smart Key System. Teknologi untuk menghidupkan mesin sebagai pengganti kunci konvensional. Tingkat kemanan makin meningkat, dan bisa meminimalisir pencurian. Cara kerjanya sama seperti dengan yang ada di Honda Vario. Sayangnya untuk fitur canggih ini hanya tersedia di varian tertinggi (Stylish dan Prestige).


    Keamanan lainnya yaitu sistem pengeremannya berteknologi Combi Brake System. Memungkinkan rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Alhasil berkendara lebih aman dan nyaman.


    Varian Beragam


    Model baru Scoopy terbagi dalam empat varian tema. Masing-masing punya karakter berbeda sekaligus dibagi dalam hal kelengkapan fitur. Tipe terbawah diisi dengan Sporty dan Fashion. Keduanya dijual dengan harga Rp 19,950 juta. Untuk Sporty dikemas dengan balutan striping standar, tersedia pilihan warna hitam dan merah. Sedang Fashion diwujudkan dengan tema yang lebih ekspresif, sekaligus paling representatif untuk dikatakan skutik retro. Ada Fashion Blue dan Fashion Cream. Masing-masing diberikan kelir coklat pada bagian jok serta pijakan kaki. Dikombinasikan grafis cerah sesuai dengan konsep.


    Buat tipe tertinggi ada Stylish serta Prestige. Pembeda dengan varian bawah yakni penggunaan sistem smart key. Masing-masing tampil elegan. Stylish dengan pilihan warna coklat dan merah, Prestige menampilkan kelir putih dan hitam. Tiap versi menggunakan pelek berkelir emas, jok dan pijakan kaki warna coklat. Serta tak ada unsur grafis mencolok di bagian bodi, alias satu warna. Keduanya dibanderol Rp 20,750 juta OTR Jakarta. (Bgx/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Jelajahi Honda Scoopy

    Tampak depan serong Honda Scoopy
    Honda Scoopy Rp 19,95 - Rp 20,75 Juta Cicilan Mulai : Rp 455.188
    Lihat Promo