Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect

Yamaha Nmax

Yamaha Motorcycle Connect, atau Y-Connect, merupakan aplikasi smartphone yang memungkinkan koneksi dengan sepeda motor Yamaha melalui Communication Control Unit (CCU) yang terintegrasi pada kendaraan.

Melalui Bluetooth, Y-Connect memberikan kemampuan bagi pengendara untuk menghubungkan smartphone mereka dengan sepeda motor dan menerima informasi penting secara real-time.

Aplikasi ini dapat menunjukkan notifikasi panggilan dan pesan dari smartphone pada panel instrumen motor, memberikan pengingat untuk servis berkala, memberikan peringatan jika ada kerusakan atau masalah, melacak lokasi parkir terakhir, memeriksa kondisi baterai dan oli, serta merekam dan menganalisis pola berkendara.

Fitur Y-Connect telah tersedia sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 di All New Nmax, dan kini juga terdapat pada motor sport dan skuter matik kecil dengan harga mulai dari Rp23 jutaan. Inilah beberapa pilihannya.

New Xmax 250

Xmax

Selain fitur Y-Connect, New Xmax 250 juga dilengkapi dengan teknologi canggih lainnya. Motor ini memiliki sistem pencahayaan LED untuk lampu depan dan belakang, yang juga termasuk hazard lamp dan daytime running light (DRL). Fitur Smart Key System dengan Immobilizer meningkatkan keamanan, sementara Answer Back System memudahkan pencarian motor di tempat parkir. Tidak ketinggalan, terdapat Electric Power Socket untuk pengisian daya smartphone.

Yang menarik adalah panel meter TFT (Thin Film Transistor) dua tingkat yang bisa berfungsi sebagai navigasi dengan aplikasi Garmin Street Cross. Motor ini juga memiliki ruang bagasi yang luas.

Performa motor ini berasal dari mesin Blue Core 249,8 cc, 4-tak, SOHC, 4-katup, dengan pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Mesin ini menghasilkan tenaga 22,5 Hp pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 24,3 Nm pada 6.500 rpm. Motor ini juga menggunakan teknologi one-piece forged crankshaft yang meningkatkan rigidity dan mengurangi berat, sehingga meningkatkan tenaga.

Fitur Traction Control System (TCS) membantu mencegah slip pada ban belakang saat akselerasi di jalan licin. Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan cakram ganda.

Untuk kestabilan berkendara, Xmax menggunakan ban tubeless lebar, dengan ukuran 127/70-15 di depan dan 140/70-14 di belakang. Suspensi depan bergaya motorsport dengan tabung besar (33mm) memberikan kestabilan maksimal dan mendukung manuver.

Dua varian yang tersedia adalah Xmax 250 Connected dan Xmax 250 Tech Max, dijual dengan harga Rp66,450 juta dan Rp71,750 juta OTR DKI Jakarta, berbeda dalam warna dan beberapa komponen spesial.

All New Nmax

Yamaha NMax

Y-Connect merupakan teknologi pionir di Indonesia, dengan pengembangan fitur yang berawal dari produk ini. Fitur terbaru adalah Rank, yang memberikan hiburan bagi konsumen saat berkendara karena memungkinkan mereka untuk berkompetisi dengan pengguna CCU model lain (motor Yamaha dengan fitur Y-Connect) dalam jarak tempuh dan poin eco riding.

Informasi kondisi motor dapat dilihat pada panel instrumen full digital yang dilengkapi dengan Multi Information Display (MID), yang informatif untuk memudahkan pemahaman kondisi motor oleh pengendara.

Motor ini juga memiliki fitur unggulan lain, seperti headlamp dan stoplamp LED, Smart Key System dengan Immobilizer dan Answer Back System yang memudahkan pencarian posisi parkir, Electric Power Socket untuk pengisian daya baterai smartphone, serta Handle Bar Switch Control yang memudahkan pemilihan informasi dan pengaturan pada speedometer (tombol pengatur terletak di handle sebelah kiri). Motor ini juga memiliki bagasi di bawah jok yang luas.

All New NMax 155 dilengkapi dengan mesin 155 cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi utamanya adalah Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA), yang tidak hanya lebih bertenaga dan hemat bahan bakar, tetapi juga menyediakan torsi yang merata di setiap putaran mesin. Yamaha Nmax terbaru ini memiliki tenaga maksimal 15,1 hp pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Teknologi Smart Motor Generator (SMG) membuat starter mesin lebih halus, dan Stop & Start System (SSS) mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor berhenti.

Untuk varian tertinggi, sudah tersedia Dual Channel ABS dan Traction Control System yang mengurangi risiko ban belakang selip saat akselerasi di berbagai kondisi permukaan jalan.

Tersedia tiga varian: All New NMax 155 Connected ABS seharga Rp36,3 juta, S version (Standard Upgrade) Rp33,175 juta, dan versi standar Rp32,175 juta OTR DKI Jakarta.

Lexi LX155

Yamaha Lexi LX 155

Lexi LX 155 kini memiliki kapasitas mesin yang setara dengan All New Nmax dan Aerox 155. Namun, produsen menyatakan bahwa mesin pada skuter matik terbaru ini lebih unggul dari saudara-saudaranya di kelas Maxi, dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terkini.

Fitur konektivitas telah terintegrasi melalui aplikasi Y-connect, dan varian paling mahal dilengkapi dengan sistem stop & start (SSS), kunci tanpa anak kunci (smart key) yang termasuk Answer Back System, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) satu saluran, dan Handlebar Switch Control yang sama dengan seri Maxi lainnya.

Fitur lainnya termasuk speedometer digital lengkap dengan tampilan negatif (negative display), lampu depan dan belakang yang sudah menggunakan teknologi LED, soket listrik untuk mengisi daya smartphone, serta lampu hazard untuk situasi darurat saat berhenti di pinggir jalan.

Performa dihasilkan oleh mesin satu silinder SOHC, 4-langkah, 4-klep, dengan pendingin cairan dan dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA). Dimensi bore x stroke adalah 58 x 58,7 mm, memberikan kapasitas 155,09 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Output daya tersebut lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari. Tidak ketinggalan, Smart Motor Generator (SMG) disematkan untuk memastikan suara mesin lebih halus saat dihidupkan.

Berbeda dengan seri Maxi lainnya, kenyamanan Lexi LX terasa dari ruang pijakan kaki yang luas dan datar, yang dapat dimanfaatkan untuk membawa barang tambahan. Suspensi belakang subtank tersedia untuk model tertinggi, ditambah dengan jok yang panjang dan lebar. Volume bagasi tidak terlalu besar, namun cukup untuk menyimpan barang-barang keperluan berkendara, ditambah dengan laci kecil di bagian depan.

Lexi LX155 tersedia dalam tiga varian: tipe standar, S version, dan Connected/ABS, masing-masing dengan fitur yang berbeda. Saat ini, mereka dijual dengan harga Rp25,650 juta, Rp27,150 juta, dan Rp30,2 juta OTR DKI Jakarta.

Fazzio

Yamaha Mio Fazzio

Selain keluarga Maxi, fitur Y-Connect turut disematkan pada kategori Classy, termasuk Fazzio. Fitur ini meliputi teknologi konektivitas dan headlight LED. Panel meternya digital sepenuhnya.

Untuk keamanan, tersedia Answer Back System dan smart key tanpa kunci. Fitur lain meliputi Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp. Fazzio juga dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter dan bagasi 17,8 liter.

Fazzio mengusung teknologi hybrid yang meningkatkan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar. Untuk efisiensi maksimal, dilengkapi dengan Stop Start System (SSS).

Dari segi mekanis, Fazzio ditenagai mesin 125 cc, 1-silinder, SOHC, dengan pendingin udara dan injeksi. Tenaga maksimum 8,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm, dengan sistem starter elektrik dan kapasitas pelumasan mesin 0,80 liter.

Tersedia dalam varian Neo berwarna glossy dan Lux Connected dengan cat matte, dijual dengan harga Rp22,7 juta dan Rp23,350 juta OTR Jakarta.

Grand Filano

Yamaha Grand Filano

Produk ini adalah yang kedua dalam seri Classy Yamaha, dilengkapi dengan fitur Y-Connect. Dari segi tampilan, harga, dan fitur, produk ini lebih unggul dari Fazzio.

Grand Filano tidak hanya memiliki fitur Y-Connect, tetapi juga fitur modern lainnya. Semua sistem pencahayaan telah menggunakan teknologi LED dan dilengkapi dengan TFT Sub Display. Ada speedometer digital berwarna, animasi Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, dan Power Assist Indicator. Juga terdapat Electric Power Socket, dan Smart Key System (tanpa kunci) yang memiliki Answer Back System dan lampu Hazard.

Untuk kepraktisan, tersedia bagasi 27 liter dengan lampu LED di dalamnya, Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Desainnya mencakup floor dek yang rata dan luas. Footpeg untuk pembonceng dapat dilipat untuk estetika yang lebih baik dan rapi. Joknya dirancang menyatu dengan desain premium dan tekstur bordir yang unik untuk varian Lux.

Motor ini ditenagai oleh mesin 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, 1-silinder, dengan pendingin udara dan sistem injeksi Blue Core. Mesin ini dirancang untuk menghasilkan tenaga maksimal 8,2 Hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Selain itu, mesin ini juga dipadukan dengan teknologi hybrid ringan dan dilengkapi dengan sistem One Push Start serta Stop & Start System.

Grand Filano tersedia dalam dua varian, Neo dengan tampilan warna glossy dan Lux Connected dengan warna matte. Harga masing-masing adalah Rp27,050 juta dan Rp27,8 juta OTR DKI Jakarta.

FreeGo

Yamaha FreeG0 2024

Ini adalah skuter matik (skutik) kecil berkapasitas 125 cc yang dilengkapi dengan fitur Y-Connect. Skutik compact utility unggulan dari Yamaha ini tampil dengan desain baru yang lebih sporty.

Varian tertinggi telah dilengkapi dengan panel instrumen digital terbaru. Multi information display (MID) yang ditawarkan sangat lengkap dan informatif. Meski displaynya monokrom, informasi yang disajikan sangat komprehensif, termasuk speedometer, odometer, tripmeter, fuel meter, dan voltase baterai. Fitur Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) juga telah terintegrasi, mirip dengan varian Maxi Yamaha.

Selain fitur konektivitas, yang menarik adalah sistem pengisian bahan bakar dari depan (Smart Front Fuel), yang lebih praktis karena pengendara tidak perlu membuka jok. Terdapat juga Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Model ini dilengkapi dengan sistem kunci pintar atau keyless dan fitur Answer Back System yang memudahkan pengendara menemukan posisi parkir motor mereka. Selain itu, ada Start Stop System (SSS) yang berkontribusi pada efisiensi bahan bakar.

Untuk kemudahan membawa barang, skutik ini memiliki bagasi berkapasitas 25 liter dan hook di bagian tengah. Lampu hazard juga tersedia untuk situasi darurat.

Ada tambahan ruang penyimpanan yang luas di bagian depan (Spacious Front Pocket), yang bisa digunakan untuk menyimpan botol atau ponsel saat sedang di-charge.

Dapur pacu menggunakan mesin 125 cc SOHC 4-tak, 2 katup, berpendingin udara, dengan sistem injeksi bahan bakar, yang mampu menghasilkan tenaga 9,5 hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Fitur Smart Motor Generator (SMG) yang digunakan membuat motor ini sunyi saat dinyalakan.

Yamaha FreeGo 125 Standard Version ditawarkan dengan harga Rp21,7 juta.

All New R15

Yamaha R15 Connected

satu-satunya motor sport full fairing Yamaha Indonesia yang menggunakan fitur Y-Connect. Mengadopsi konsep “The True Supersport 155cc Engine” dan memiliki desain agresif. Dibekali banyak fitur canggih. Buat versi tertinggi bahkan punya kelengkapan lebih komplet.

Khusus trim termahal mendapat lebih banyak fitur dan komponen layaknya moge (motor gede). Ada Traction Control System, Assist & Slipper Clutch, Quick Shifter Up, Dual ABS Channel, Big Bike Engine Switch Off, Triple Clamp & Blue Fork Caps yang terinspirasi dari YZR-M1, jok dilapisi dengan kulit bermotif carbon look serta fork caps warna biru lengkap dengan logo R15M.

Panel instrumen sudah full digital dan memberikan informasi lengkap terkait speedometer. Menariknya ia memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode. Kemudian dilengkapi LED proyektor serta dilengkapi dengan twin eyes DRL (Daytime Running Light).

Ia menggendong mesin berkapasitas 155cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, liquid-cooled dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Berkat teknologi andalannya itu, torsinya merata di setiap putaran mesin. Jantung pacunya mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 19,3 Hp di 10.000 rpm dan torsi mencapai 14,7 Nm di putaran 8.500 rpm. Dayanya disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

Sektor kaki-kaki juga terbilang mumpuni. Suspensi depan sudah upside down dan diameternya cukup besar yaitu 37 mm. Belakangnya pakai swing arm alumunium model banana dan dikombinasikan dengan monoshock sistem link.

Didukung dengan ban lebar, depan pakai 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Kulit bundar itu dipasang pada pelek dengan tapak 2.50 di depan, dan 4.00 belakang.

Untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju, dipasangkan rem cakram depan maupun belakang. Depannya pakai Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm dengan kaliper 2 piston, dan belakang 220 mm yang dijepit 1 kaliper piston.

Tersedia versi standar Connected (Rp40,175 juta), R15M Connected/ABS (Rp44,825 juta), dan R15M ABS World GP 60th Anniversary Livery (Rp44,995 juta). Semuanya dijual berstatus OTR DKI Jakarta. (Bgx)

Baca Juga: Pilihan Skuter Matik 125 cc Terjangkau Rp20 Jutaan

Jelajahi Yamaha Nmax Connected

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax Connected dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Yamaha Nmax "Turbo" 2024 Resmi Mengaspal, Performa Naik Signifikan
    Yamaha Nmax "Turbo" 2024 Resmi Mengaspal, Performa Naik Signifikan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Prediksi Perubahan All New Yamaha Nmax 2024 Berdasarkan Bocoran
    Prediksi Perubahan All New Yamaha Nmax 2024 Berdasarkan Bocoran
    Anjar Leksana . 10 Jun, 2024
  • Yamaha Indonesia Rilis New Nmax 155 Facelift pada 12 Juni 2024?
    Yamaha Indonesia Rilis New Nmax 155 Facelift pada 12 Juni 2024?
    Anjar Leksana . 05 Jun, 2024
  • Yamaha Indonesia Luncurkan Motor Baru 12 Januari 2024, Lexi 155 cc?
    Yamaha Indonesia Luncurkan Motor Baru 12 Januari 2024, Lexi 155 cc?
    Anjar Leksana . 11 Jan, 2024
  • Puluhan Bikers Nmax dan Anggota Podkesmas Gelar Satmori Keliling Jakarta
    Puluhan Bikers Nmax dan Anggota Podkesmas Gelar Satmori Keliling Jakarta
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2023
  • Seberapa Hebat Amunisi All New Honda PCX160 Melawan Yamaha Nmax?
    Seberapa Hebat Amunisi All New Honda PCX160 Melawan Yamaha Nmax?
    Helmi Alfriandi . 05 Feb, 2021