Upgrade Komponen Ini, Honda ADV 150 Makin Enak Diajak Touring

Honda ADV150

Tarikan putaran bawah Honda ADV 150 banyak dikeluhkan kurang responsif. Bahkan ada yang merasa masuk taraf mengganggu, terutama akan terasa ketika dibawa jalan jauh. Jangan khawatir, kini sudah ada solusinya. Sekarang makin banyak spare part untuk mendongkrak performa sang skutik tualang. Setidaknya harus upgrade beberapa komponen ini.

Seperti kita tahu, mesin ADV 150 mengadopsi kepunyaan Honda PCX 150. Kendati begitu, keluaran torsi serta tenaganya jelas berbeda. Skutik elegan punya tenaga 14,4 Hp di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm. Sedangkan ADV 150 sebesar 14,3 Hp dan 13,8 Nm di putaran mesin yang sama. Bila kurang puas, hal yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen CVT (Continuously Variable Transmission).

Langkah awal bisa mengganti rumah pulley diimbangi dengan ubahan mangkok dan upgrade kampas ganda. Buat pulley cari produk aftermarket yang punya sudut kemiringan berbeda dengan pabrikan. Untuk bagian mangkok usahakan cari yang memiliki lubang banyak atau besar. Tujuannya membantu pendinginan dan membuang gerang-gerang sisa kampas kopling yang tersangkut. Putaran kampas kopling ganda jadi lebih leluasa dan mencengkram ke mangkok. Sedang kampas ganda bisa cari produk aftermarket atau hasil dari pantekan yang punya serat lebih kasar.

Baca Juga: Panduan Membeli Honda ADV 150, Lebih Baik Baru atau Bekas?

 

Honda adv 150

Kemudian mengganti roller standar dengan yang lebih ringan. Bila bawaan pabrik 20 gram, ubah menjadi 14 gram. Sementara per CVT pakai punya Beat atau produk lain yang memiliki karakter 1.000 rpm. Usahakan merombak semua komponen dalam satu paket. Tarikan bawah jadi jauh lebih padat. Atasnya juga jadi lebih enak dibanding kondisi standar. Riding dalam kota yang cenderung stop and go atau kala dipakai touring jadi menyenangkan.

Bila masih kurang, ubah filter udara. Paling banyak merek K&N dan Ferrox. Terakhir kami sarankan untuk melakukan porting & polish. Buat memaksimalkan lubang isap dan gas buangnya. Bila punya kepentingan untuk mengejar top speed. Baiknya menggunakan ECU after market. Dengan ECU stand alone, limiter bisa digeser sesuai peak power mesin. Kemudian dimapping, sehingga tarikan mesin lebih mantap. Namun tetap safety untuk daily use.

Semua komponen yang telah disebutkan tentu lebih mudah dibanding harus melakukan bore up. Untuk waktu pengerjaan tergantung bengkel yang Anda pilih. Tapi untuk pengerjaan porting & polish biasanya memakan waktu 2-3 hari. (Bgx/Odi)

Estimasi Harga Komponen:

  • Mangkok ganda Rp500.000
  • Kampas ganda Rp500.000
  • Pulley set Rp550.000
  • Per CVT Rp150.000
  • Roller Rp150.000
  • Filter udara Rp600.000
  • Porting & polish Rp1,5 juta
  • ECU + mapping Rp1,5 juta

 

Baca Juga: Astra Honda Motor Berikan Warna Baru Motor Penggaruk Tanah CRF150L

Jelajahi Honda ADV 150

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda ADV 150 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Bedah Secara Lengkap Spesifikasi Fitur dan Harga New Honda ADV160
    Bedah Secara Lengkap Spesifikasi Fitur dan Harga New Honda ADV160
    Bangkit Jaya Putra . 01 Jul, 2022
  • Cuma Naik Mulai Rp300 Ribuan, New Honda ADV160 Dapat 8 Ubahan Penting
    Cuma Naik Mulai Rp300 Ribuan, New Honda ADV160 Dapat 8 Ubahan Penting
    Bangkit Jaya Putra . 01 Jul, 2022
  • Debut di Indonesia, New Honda ADV160 Dijual Mulai Rp36 Juta
    Debut di Indonesia, New Honda ADV160 Dijual Mulai Rp36 Juta
    Ardiantomi . 01 Jul, 2022
  • Prediksi Ubahan di Honda ADV 160, Tampang Mirip ADV 350 dan Dilengkapi Fitur Moge
    Prediksi Ubahan di Honda ADV 160, Tampang Mirip ADV 350 dan Dilengkapi Fitur Moge
    Bangkit Jaya Putra . 30 Jun, 2022
  • AHM Bakal Rilis Motor Matik Adventure Baru 1 Juli 2022, Peluang Besar Lahirkan Honda ADV 160
    AHM Bakal Rilis Motor Matik Adventure Baru 1 Juli 2022, Peluang Besar Lahirkan Honda ADV 160
    Bangkit Jaya Putra . 22 Jun, 2022
  • Harga Lebih Mahal dari PCX 160, Apakah Honda ADV 150 Masih Layak Jadi Pilihan?
    Harga Lebih Mahal dari PCX 160, Apakah Honda ADV 150 Masih Layak Jadi Pilihan?
    Ardiantomi . 28 Mei, 2021
  • Ini Hal Menarik dari Yamaha Aerox Dibandingkan Honda ADV150
    Ini Hal Menarik dari Yamaha Aerox Dibandingkan Honda ADV150
    Helmi Alfriandi . 30 Apr, 2021
  • Untung Beli Honda ADV150 Baru atau Bekas? Cek Hal-Hal Ini
    Untung Beli Honda ADV150 Baru atau Bekas? Cek Hal-Hal Ini
    Helmi Alfriandi . 03 Feb, 2021
  • Adu Kelengkapan Fitur Yamaha All New Aerox Vs Honda ADV150
    Adu Kelengkapan Fitur Yamaha All New Aerox Vs Honda ADV150
    Helmi Alfriandi . 03 Nov, 2020
  • Road Test (Part-2): Melihat Realita Honda ADV150
    Road Test (Part-2): Melihat Realita Honda ADV150
    Ivan Hermawan . 19 Agu, 2019
  • Road Test (Part-1): Mengulik Pesona Magis Honda ADV150 di Pulau Dewata
    Road Test (Part-1): Mengulik Pesona Magis Honda ADV150 di Pulau Dewata
    Ivan Hermawan . 14 Agu, 2019
  • First Ride Honda ADV150: Bodi Kekar Tapi Lincah
    First Ride Honda ADV150: Bodi Kekar Tapi Lincah
    Ary Dwinoviansyah . 19 Jul, 2019