First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara

test ride Burgman Street 125EX

Suzuki Burgman Street 125EX merupakan produk anyar PT SIS. Unit meluncur pada Oktober 2023. Beberapa bulan berselang, barulah OTO Media Group berkesempatan menjajal langsung di proving ground mereka di kawasan Deltamas Cikarang. Kondisi track lurus, terdapat simulasi untuk zig-zag dan menikung. Lumayan bisa digunakan menggali karakter & pengendaraan sepeda motor ini. Yang spesial, turut ditemani pula oleh Matsuzaka Shuji, sang desainer. Sehingga bisa berinteraksi dan bertanya langsung. 

Baca Juga: Desainer Sepeda Motor Suzuki Datang ke Indonesia, Bawa Misi Apa?

Respons Enjin

Engine Suzuki Burgman Street 125EX  

Oke, lanjut mengenai performa. Suzuki Burgman Street mengusung enjin 124,3 cc, silinder tunggal, SOHC, 2-valve. Berdasar data pabrikan, ledakan piston memberi torsi puncak 10,2 Nm pada 5.000 rpm dan dorongan tenaga maksimal 8,5 PS di 7.000 rpm. Kalau model lawas pakai karburator. Kini motor menggunakan sistem pengabutan injeksi. Penyaluran daya ke roda belakang via CVT. Melihat spek pabrikan global, catatan konsumsi BBM mencapai 56,8 km/liter berdasarkan metode pengetesan World Motorcycle Test Cycle (WMTC).

Ia juga dilengkapi teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α). Sepeda motor ini menjadi produk pertama PT SIS yang disematkan teknologi SEP-α di Indonesia. Tak ketinggalan Burgman turut berbekal Engine Auto Stop-Start (EASS). Bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar sekaligus membuat pengoperasian mesin lebih senyap.

Kalau dilihat dari data di atas, besaran daya Burgman Street 125EX tergolong moderat. Untuk berakselerasi cukup. Tidak lemot juga tak terlalu tangkas. Hal ini menurut Suzuki, karena skutik ini lebih ditekankan terhadap penggunaan bahan agar efisien. Kalau menurut penguji, kapabilitas ini pas buat membelah kemacetan dan belantara beton ibu kota. Mungkin kalau Anda ingin respons lebih beringas. Gunakan per CVT 1.500 rpm dan roller ringan, 15 gram.

Namun yang jelas penyaluran tenaga lewat CVT terasa mulus. Dari putaran bawah hingga menengah cenderung terisi. Melesat di atas proving ground beton di pabrik Suzuki Cikarang hingga 80 km/jam dirasa stabil. Kemudian suara mesin tidak terdengar kasar. Walau kondisi langsam (idle), bodi tak terlalu bergetar.  

Baca Juga: Penantang Honda CBR250RR, Suzuki Rilis New GSX250R 2023 Dua Silinder

Posisi dan Dimensi

Dimensi Suzuki Burgman Street 125EX

Tinggi penguji 173 cm. Duduk di atas pelana Suzuki Burgman Street 125EX gampang dijangkau. Posisi kaki tidak terlalu jinjit dan ukurannya terbilang ringkas. Ia memiliki panjang 1.875 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.140 mm. Jarak bodi ke tanah 160 mm, wheelbase 1.290 mm, tinggi jok 780 mm. Sang skutik memiliki berat total 112 kg. Posisi setang dan tangan relaks, sehingga kalau dipakai jarak jauh tidak gampang lelah. 

Bagasi Suzuki Burgman Street 125EX

Yang menyenangkan lagi. Dek bawah sangat luas, tidak ada konsol pemisah. Kaki juga bisa sedikit diselonjorkan ke depan, dekat sayap. Nah, dengan format macam ini, Anda bisa membawa barang belanjaan lebih banyak. Sedangkan volume bagasi 21,5 liter muat untuk membawa helm half face. Terus kompartemen depan cukup dalam. Bisa digunakan buat menyimpan botol. Satunya lagi terdapat soket USB dapat mengecas gawai atau perangkat elektronik ringan. Lantas apakah nyaman?

Pengendalian

Burgman Street 125EX menggunakan suspensi depan teleskopik atas dan monoshock di bagian kiri. Bantingan per terasa empuk. Misal saat digunakan melindas di jalan tidak rata dan speed bump. Melesat lurus juga tak jadi problem. Kemudian saat sepeda motor masuki simulasi jalan zig-zag pada kecepatan 30-40 km/jam, bodi mudah dikendalikan. Cuman kalau untuk manuver ekstrem pasti terasa kurang. Tapi toh, penggunaanya bukan dipakai kebut-kebutan. Memang sewajarnya skutik urban ya seperti ini. 

Suzuki Burgman Street 125EX

Dulu bagian roda belakang berukuran 10 inci. Namun kini diseragamkan memakai pelek 12 inci semua. Profil ban 90/90 di depan dan 100/80 jadi opsi ukuran di belakang. Jujur, dengan bodi sebesar itu, kaki-kaki terasa kekecilan. Sehingga kalau Anda lihat dari samping, proporsi tubuh kayak ada yang kurang. Mungkin salah satu solusi paling gampang ialah mengganti ukuran jadi lebih tebal. Misalnya, 100/90 mm-12 untuk ban depan 110/90 mm-12 buat ban belakang. Profil macam ini bisa menambah daya cengkram dan dapat meningkatkan handling. 

Kelengkapan dan Inferensi

Nah, Suzuki Burgman Street 125 EX merupakan skutik modern buat menunjang mobilitas keseharian. Fitur tambahan berupa Silent Start System. Bikin skutik lebih halus dan senyap ketika dinyalakan. Pendar cahaya depan gunakan LED headlight dan rear light, serta panel instrumen full-digital. Kemudian kapasitas tangki mencapai 5,5 liter. Lebih dari cukup untuk mobilitas perkotaan. Bahkan nyaman diajak touring ke luar kota. Lalu pengereman depan tipe cakram dan belakang tromol. Semoga ke depan pabrikan menawarkan versi ABS. 

ISS Suzuki Burgman Street 125EX

Harga Rp24,7 juta (OTR Jakarta) layak dibeli? Kalau menurut penguji, Suzuki Burgman Street 125EX tetap pantas masuk dalam daftar pembelian. Apalagi kalau buat harian. Bila Anda bosan dengan produk yang banyak beredar di pasar. Maka ia bisa menjadi pilihan baru. Kendaraan roda dua mereka juga terkenal memiliki durabilitas. Lagi-lagi kalau berbincang desain. Itu kembali ke selera personal. Menurut desainernya. Ia dirancang agar memiliki nilai elegan dan kemewahan ala Eropa. Bagaimana, setuju? (Alx)

Baca Juga: Suzuki GS150 Gaya Thunder Jadul Ini Dijual Rp18 Jutaan

Jelajahi Suzuki Burgman Street 125 EX

Model Motor Suzuki

Motor Suzuki
  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki Avenis
    Suzuki Avenis
  • Suzuki Burgman Street 125 EX
    Suzuki Burgman Street 125 EX
Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Suzuki Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Suzuki Burgman Street 125 EX dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Anjar Leksana . 13 Feb, 2024
  • Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Anjar Leksana . 02 Feb, 2024
  • Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2023
  • Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Anjar Leksana . 02 Nov, 2023
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024