Market otomotif nasional cenderung mengalami kenaikan. Pasalnya, penjualan retail kendaraan roda empat di Indonesia pada September lebih besar dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) hanya mengantongi 7.011 unit. Lalu pangsa pasar 8,1 persen. Padahal sepanjang Agustus tembus 7.669 unit serta market share 9,3 persen. Meski begitu, Xpander series dominasi total perolehan bulanan.
“Setiap bulan menjadi tantangan baru dan adventure tersendiri bagi kami. Kami terus memonitor kondisi pasar untuk mempertahankan performa kami. Capaian tiap bulan selalu kami jadikan tolak ukur dalam menentukan langkah kami ke depannya. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia. Dan kami sangat berterima kasih terhadap penerimaan dukungan masyarakat Indonesia terhadap brand dan produk kami. Jadi, kami terus mendapatkan angka penjualan retail yang cukup tinggi. Bahkan lebih besar dari angka wholesales kami,” ucap Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.
Perincian angka penjualan retail pada September 2022 dapat dilihat di tabel berikut ini:
No. |
Model |
Capaian |
1 |
Xpander & Xpander Cross |
Model ini berhasil menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sebesar 17,6 persen atau terjual sebanyak 3.342 unit. |
2 |
Pajero Sport |
Pangsa pasar Pajero Sport di segmen medium SUV 2.500 cc (4x2 dan 4x4) adalah 38,9 persen. Total penjualan ke konsumen mencapai 1.367 unit. |
3 |
L300 |
L300 terus mempertahankan posisinya di segmen small pick-up 4x2 dengan pangsa pasar 54,5 persen. Ia laku hingga 1.571 unit. |
4 |
Triton |
Di segmen pick-up 4x4, model Mitsubishi Triton terus mempertahankan posisinya dengan pangsa pasar 40,6 persen atau telah terjual sebanyak 714 unit. |
Baca Juga: Sebelum Beli Mitsubishi Xpander Cross 2022, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya
Bila dilihat dari lingkup perusahaan. MMKSI berhasil mencatat penjualan retail untuk kendaraan penumpang di angka 4.710 unit. Lalu hasil pemasaran ke konsumen kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors tercatat 2.301 unit. Xpander dan Xpander Cross masih mendominasi penjualan pabrikan hingga 47 persen. Selain itu, model Pajero Sport juga memberikan kontribusinya yang mencapai 19%. Di segmen LCV, L300 berkontribusi 22 persen terhadap penjualan retail selama September 2022.
“Kami juga meyakini capaian ini didorong dengan komitmen kuat kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan brand value kami di Indonesia. Kami senantiasa fokus dalam menemani setiap langkah petualangan hidup para konsumen kami,” imbuh Tetsuhiro Tsuchida, dalam laporan bulanan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Xpander Series Sumbang Penjualan 50 Persen Mitsubishi Selama Agustus 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.