Jadi Motor Paling Laris, Ini Alasan Honda BeAT Layak Dibeli

Hona BeAT

JAKARTA -- Di jajaran line-up Honda, ada 10 model matik. Dari semua Honda BeAT menjadi model yang paling diminati? Ia bahkan menjadi motor paling laris di Indonesia saat ini. Pertanyaannya, kenapa? Padahal bodinya kecil dan kapasitas mesinnya hanya 110 cc -- bersama Honda Genio dan Scoopy. Apa yang membuat model ini sangat diminati?

Honda menyediakan 4 tipe mulai dari BeAT CBS, CBS-ISS, Deluxe dan BeAT Street. Pilihan warnanya pun beragam. Untuk versi CBS ada Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp 16,450 juta. Model CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna; Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black yang dijual Rp 17,150 juta.

Kemudian seri BeAT paling mewah atau Deluxe (CBS-ISS) yang dilego dengan harga Rp 17,250 juta. Perbedaan paling mencolok yaitu terdapat embel 3D yang menempel di tiap sisi bodi. Cat yang ditawarkan ada Deluxe Black dan Deluxe Silver.

Selanjutnya BeAT Street yang punya tampilan berbeda dibanding saudaranya. Ciri khasnya terdapat pada bagian setang yang terbuka tanpa cover. Spidometer full digital juga membuat dirinya beda dari yang lain. Bodinya dibalut grafis bertema urban, sangat mencerminkan gaya anak muda yang ingin tampil beda. Saat ini dia dibanderol Rp 17,150 juta on the road Jakarta.

Hona BeAT

Desain BeAT

Banyak upgrade yang dilakukan Honda. Desain bodi BeAT lebih sporty dibanding versi lama. Konsep tubuhnya merupakan gabungan dari karakter-karakter aura sport, modern, dan lekukan garis tegas. Tampangnya boleh dibilang mengingatkan kita dengan Vario Series. Terlihat pada bentuk lampu utama yang pesek dan sekujur badannya banyak lekukan tajam. Agar lebih modern, sektor pencahayaan bagian depan telah dibekali dengan teknologi LED. Dibanding skutik sekelas, ia lebih sporty.

Tubuh BeAT baru juga tambah besar. Dimensinya kini 1.877 x 669 x 1.074 mm (PxLxT). Lebih besar sedikit dari pendahulunya (1.856 x 666 x 1.068 mm). Berkat penerapan teknologi rangka ESAF seperti yang digunakan pada Genio, ruang kaki jadi lebih lapang. Ground clearance naik 1 mm, tapi jarak joknya dari tanah masih sama dengan model sebelumnya, 740 mm. Selain itu, karena bentuknya pipih maka kapasitas tangki jadi meningkat. Kalau sebelumnya 4 liter kini menjadi 4,2 liter.

Frame yang diaplikasi ke BeAT baru ini punya bobot ringan dan fleksibel. Jadi beratnya cuma 11 kg, atau lebih ringan 8 kg dari rangka sebelumnya yang mencapai 19 kg. Dibuat pakai pelat baja bukan dari pipa besi. Efek penggunaan rangka model ini mampu mempengaruhi handling jadi lebih baik. Dan memberikan kemampuan manuver yang optimal dan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Hona BeAT

Praktis

Selaras dengan bodinya yang mungil, dipasangkan ban depan ukuran 80/90 dan belakang 90/90 dengan lingkar 14 inci. Kenyamanan makin terasa dengan ban tipe tubeless. Pengendara tidak perlu khawatir ban bocor. Desain palang peleknya mirip yang dipakai oleh Genio. Paling menarik, ia dirancang oleh tangan-tangan kreatif putra bangsa, walau tetap dalam pengawasan insinyur dari Honda Jepang.

Mungkin kepraktisan menjadi salah satu poin yang membuat BeAT sukses. BeAT sangat praktis. Ruang penyimpanannya sekarang 12 liter, bisa menaruh barang lebih banyak. Jika masih kurang ada dua rak kecil lagi di bawah stang.

Tapi untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe, bagian kanannya ada power charger 12 W (12V 1A). Sangat berguna untuk pengendara saat kehabisan daya baterai gawai. Dapat tertutup rapi dan lebih aman. Kemudian ada rumah kunci yang dibekali dengan tombol pembuka jok.

Hona BeAT

Mesin

BeAT menggunakan mesin 110 cc SOHC generasi terbaru. Klaimnya lebih responsif, karena diameter piston 47 mm dan panjang langkah 63,1 mm. Kompresinya juga meningkat menjadi 10:1. Jantung mekanisnya dibuat mirip dengan saudaranya, Genio. Tujuannya untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.

Berkat pembaruan itu, ia mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi tertinggi di 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Masih dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

Pabrikan mengklaim lebih irit dan ramah lingkungan karena sudah Euro 3. Dengan fitur ISS dinyalakan, 1 liter bensin mampu membawanya hingga 60,6 km. Karena kapasitas tangkinya berubah menjadi 4,2 liter, ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Honda BeAT

Fitur Berlimpah

BeAT termasuk skutik yang memiliki fitur lengkap. Cahaya utamanya kini sudah pakai teknologi LED dengan 3 titik, 2 untuk lampu dekat dan 1 untuk lampu jauh. Memberikan kesan modern dan lebih hemat energi. Cukup membantu saat berkendara malam hari, lebih terang dan fokus.

Panel meternya tampil lebih mewah meski masih kombinasi digital dan analog. Saat ini ia punya warna latar biru, lebih enak dilihat. Tak lupa juga indikator ECO pada instrumen clusternya. Sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Untuk sektor keamanan motor, sekarang kunci kontak disematkan fitur secure key shutter. Beda dari versi sebelumnya yang hanya memakai pengaman kunci magnetik. Kemudian Combi Brake System (CBS) yang memberi kemudahan dalam hal penghentian laju kendaraan. Menurut pabrikan, terapan ini bisa menghasilkan pengereman yang optimal. Lebih praktis, serta nyaman di semua kondisi jalan.

Ada pula Side Stand Switch, mesin motor mati secara otomatis saat standar samping diturunkan. Hal ini ditujukan agar mengurangi risiko pengendara lupa menaikkan standar samping. Serta Parking Brake Lock yang menjadi piranti wajib di Honda Beat generasi baru.

Unggulannya ada teknologi Idling Stop System (ISS). Dapat mati-nyalakan mesin ketika berhenti lebih dari 3 detik. Dikombinasikan dengan teknologi ACG Starter yang bikin suara mesin menjadi lebih halus ketika di starter. Fitur ini tidak ada di varian terbawah.

Itulah beberapa alasan bagi banyak orang memilih Honda BeAT sebagai tunggangan sehari-hari. Bodinya yang ramping juga membuatnya lincah dan mudah digunakan. Tak hanya itu, desain yang ditawarkan juga sangat cocok digunakan oleh siapa saja. Bagaimana dengan Anda? (Bgx)

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Honda Beat dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Honda Rilis Beat dan Click 125 50th Anniversary Limited Edition di Filipina
    Honda Rilis Beat dan Click 125 50th Anniversary Limited Edition di Filipina
    Anjar Leksana . 03 Okt, 2023
  • Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
    Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
    Anjar Leksana . 08 Sep, 2023
  • AHM Rilis Warna Baru New Honda Beat Series 2023, Harga Naik Rp100 ribu
    AHM Rilis Warna Baru New Honda Beat Series 2023, Harga Naik Rp100 ribu
    Zenuar Yoga . 01 Feb, 2023
  • Modifikasi Honda Beat Jadi Hybrid Siapkan Modal Minimal Rp15 Juta
    Modifikasi Honda Beat Jadi Hybrid Siapkan Modal Minimal Rp15 Juta
    Zenuar Yoga . 03 Okt, 2022
  • All New Honda Beat, 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya
    All New Honda Beat, 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya
    Zenuar Yoga . 07 Sep, 2021
  • Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Suzuki Nex II Elegant
    Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Suzuki Nex II Elegant
    Zenuar Yoga . 02 Agu, 2021
  • Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Yamaha Gear 125 S Version
    Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Yamaha Gear 125 S Version
    Zenuar Yoga . 27 Jul, 2021
  • Pilih Honda Scoopy atau BeAT? Segini Harga dan Selisih Nilai Angsurannya
    Pilih Honda Scoopy atau BeAT? Segini Harga dan Selisih Nilai Angsurannya
    Helmi Alfriandi . 29 Apr, 2021
  • Seleksi Dua Skutik Kelas Pemula, Pilih Honda Beat atau Suzuki Nex II?
    Seleksi Dua Skutik Kelas Pemula, Pilih Honda Beat atau Suzuki Nex II?
    Helmi Alfriandi . 21 Mei, 2020